Oprek Template Bisa Jadi Penyebab Rank Alexa Turun

Mungkin diantara sobat blogger ada yang memperhatikan kalau akhir-akhir ini saya sering sekali mengganti template, bahkan hampir tiap hari, dan pernah sekali ganti template, selama satu minggu visitor blog saya turun drastis sampai 85%. Setelah saya ganti lagi template, visitor kembali normal, bahkan ada sedikit peningkatan, namun masalah yang timbul sekarang alexa rank blog saya jadi terus turun. sebelum saya mengganti-ganti template, alexa rank blog ini untuk global sekitar 350.000, dan untuk indonesia sekitar 7.000. Sekarang setelah hampir satu bulan saya terus-terusan oprek template, alexa rank blog saya untuk global turun sampai diatas 500.000 dan untuk indonesia turun sampai 25.000. Ternyata oprek-oprek template bisa jadi penyebab alexa rank menjadi turun, walau setiap hari visitor terus bertambah.

Oprek Template Bisa Jadi Penyebab Rank Alexa Turun

Pasti diantara anda ada yang bertanya-tanya, kenapa saya terus-terusan menganti template atau merubah navigasi template dari mulai warna widget, halaman posting dan laian-lain? Hal tersebut saya lakukan karena semata-mata untuk ,meningkatkan penghasilan google adsense blog saya ini. Berdasarkan saran dari google adsense, kalau penghasilan blog saya bisa ditingkatkan kalau saya memperbaiki beberapa struktur blog saya diantaranya:
  • Meningkatkan kecepatan blog ketika diakses lewat perangkat seluler
  • Memaksimalkan iklan agar lebih tampak kalau diakses lewat perangkat selular
Dan akhirnya saya putuskan untuk merubah hampir keseluruhan semua struktur blog saya agar sesuai dengan petunjuk dari google. Walau resiko yang saya terima adalah alexa rank saya terus-terusan menurun.

Apa hubungannya alexa rank dengan SERP?
Menurut pengamatan saya sangat tidak ada hubungannya dengan SERP,  dan tidak ada dampaknya sama sekali, entah bagaimana cara alexa menilai sebuah blog, atau hanya karena blog saya menggunakan alexa gratis (FREE). Yang jelas setiap hari pengunjung blog ini bertambah tapi alexa rank malah makin turun. Akhirnya saya putuskan untuk menghapus kode verifikasi alexa gratisan itu dari template blog saya.

Apa keuntungan dan kerugian yang didapat dari rank alexa?
Tidak dipungkiri kalau alexa rank memiliki peran besar terhadap sebuah blog, terutama dalam hal bisnis online, dengan rank alexa yang semakin ramping maka memancing para pengiklan non adword atau pengiklan pribadi untuk beriklan diblog kita, karena menurut mereka, semakin ramping alexa rank, maka pengunjung blog tersebut pasti banyak. Padahal realitanya kalau menurut saya tidak seperti itu, karena saya punya alasan kuat dengan mengambil contoh dari salah satu blog saya yang pengunjungnya 2 kali lipat dari blog ini, tapi sampai saat ini alexa ranknya tidak mau mengalahkan blog ini.

Kesimpulan:

Buat para sobat sesama blogger, jangan terlalu mempermasalahkan soal alexa rank, kecuali kalau anda mau membeli layanan premium, sudah pasti ada nilai lebih yang diberikan oleh alexa terhadap blog yang menggunakan layanan premium tersebut. Alexa sama sekali tidak ada hubungannya dengan SERP, kalaupun ada itu hanya sekian persen saja.

Jadi kalau diantara sobat ada yang bertanya, kenapa alexa rank bisa menurun, salah satu faktor penyebabnya adalah dengan terlalu sering merubah-rubah template.

6 komentar

Terima kasih masukkannya mas. Bermanfaat

itu memnag pengalaman saya mas, selama hampir 2 bulan rank alexa tidak menentu gara-gara oprek terus template, jadi penyebab alexa rank turun itu bisa jadi karena oprek-oprek template

iya mas, oprek template akan berimbas ke alexa, tp kalau artikel kita udah rata2 seo tunggu 1 bulan pasti normal lg, tergantung template yg dipakai sekarang lebih jos atau malah jalan ditempat hehe

hmmm makasih infonya mas,gw baru belajar2 seo ini,walau pun agak melenceng bukan seo blog saja hehehehe

makasih infonya mas, blog saya juga alexanya menurun karena sering ganti-ganti template hehe

sangat bermanfaat infonya mas ,masukannnya sangat bagus tentang rupanya template dapat menyebabkan rank turun thanks ya

Silahkan berkomentar dengan sopan dan tidak meninggalkan link aktip.

Terima Kasih.

EmoticonEmoticon