Kamis, Desember 29, 2016

Mesin Cuci Sharp ES-F800B Pembuangan Air Tidak Berfungsi

Halo pembaca setia Flyin DVB. Kali ini saya akan berbagi pengalaman, memperbaiki mesin cuci digital Sharp ES-F800B dengan gejala kerusakan pembuangan air tidak berfungsi, akibat mesin pembuangan air tidak berfungsi akibatnya berpengaruh juga terhadap mesin pengering yang ikut tidak berfungsi, karena mesin pengering tidak mendapat perintah dari mesin pendeteksi air.

Mesin Cuci Sharp ES-F800B Pembuangan Air Tidak Berfungsi

Penyebab pembuangan air tidak berfungsi bisa di akibatkan beberapa hal, diantaranya:
  • Kontrol program rusak
  • Kabel putus akibat digigit tikus
  • Motor penarik kran air rusak
  • Saluran air tersumbat

Nah untuk kasus yang saya tangani kali ini penyebabnya adalah motor yang berfungsi sebagai penarik kran air pembuangan tidak bekerja.

Setelah diselidiki ternyata penyebabnya resistor untuk penghasil tegangan 5 volt untuk relay yang menarik pengunci gigi motor putus.

Mesin Cuci Sharp ES-F800B Pembuangan Air Tidak Berfungsi

Resistor tersebut berukuran 12 K Ohm 2 watt, yang salah satu ujung kakinya masuk ke dioda penyearah dan diteruskan ke elko yang mengkopel relay 5 volt. Dan setelah resistor tersebut diganti, mesin cuci sudah kembali normal seperti sediakala.

Itulah pengalaman saya dalam memperbaiki mesin cuci sharp ES-F800B, dengan gejala kerusakan motor pembuangan air tidak berfungsi. Semoga bermanfaat.

2 comments

Terima kasih dah mampir, ya beginilah cara saya menulis artikel, terkadang hanya menulis hasil pengalaman saya ketika sedang melakukan kegiatan servis aja

Silahkan berkomentar dengan sopan dan tidak meninggalkan link aktip.

Terima Kasih.

EmoticonEmoticon