LED tv Toshiba 29PB201EJ mati total

Para pembaca setia blog Flyin DVB terutama bagi para teknisi elektronik yang selalu memantau update terbaru dari artikel elektronik yang disajikan disini, kali ini saya akan berbagi pengalaman memperbaiki LED tv toshiba 29PB201EJ dengan gejala kerusakan mati total, yang penyebabnya adalah konsleting karena cicak.

Entah cuma pengalaman saya atau memang sobat teknisi juga sering mengalaminya, khusus tv led toshiba yang sering saya tangani, kerusakannya selalu diakibatkan oleh cicak, walau kerusakan yang ditimbulkan bervariatif, ada yang rusak bagian primer regulatornya saja, ada yang rusak bagian primer dan skunder regulatornya, ada juga yang rusak sampai merembet ke bagian motherboardnya.

Untuk kasus yang saya hadapi kali ini adalah rusak hanya bagian regulatornya.

LED tv Toshiba 29PB201EJ mati total

Cara memperbaiki regulator led tv yang rusak akibat cicak


Sebenarnya kasus rusaknya regulator yang konslet karena cicak, bisa dibilang lebih parah dibanding yang terkena percikan petir, karena badan cicak tersebut bisa menempel langsung antara bagian primer dan sekunder. Makanya dalam memperbaikinya harus benar-benar seksama.

Berikut langkah-langkah dalam memeriksa regulator led tv akibat cicak


Pertama: pastikan kabel soket yang menghubungkan regulator dengan motherboard harus dilepas dulu, untuk menghindari terjadinya over tegangan akibat kerusakan di sirkuit regulator.

Kedua: Periksa dulu bagian elko regulator utama apakah masih tersisa tegangan atau tidak? kalau masih ada sisa tegangan berarti kemungkinan besar yang rusak hanya bagian fuse nya saja.

Ketiga: Kalau tidak ada tegangan yang tersisa, kemungkinan kerusakan terjadi akibat beberapa hal

  • Konslet FET regulator
  • Konslet dioda penyearah
  • Konslet keduannya, yaitu dioda dan FETnya
  • Rusak ic driver regulator yang menyebabkan tegangan kesedot tapi tidak menghasilkan tegangan keluar karena basis FET tidak mendapat tegangan input
  • Terjadi konslet dibagian output regulator, atau skunder regulator sampai ke bagian motherboard. Jelas bisa mengakibatkan tv mati total juga.

Berikut langkah-langkah untuk memperbaikinya.


Kalau tegangan masih tersisa

Buang dulu tegangan yang tersisa bisa menggunakan resistor 47 ohm 15 watt, bisa juga membuang tegangan menggunakan ujung colokan solder yang dikonsletkan ke kaki elko regulator.

Cabut dulu FET regulator lalu colokan kabel input ac ke sumber listrik, ukur tegangang elko regulalator harus ada sekitar 300 volt, untuk ukuran listrik normal 200 volt.

Ukur basis FET harus menujukan tegangan berdenyut sekitar 0.5-1 volt, kalau tidak ada kemungkinan ic driver regulatornya yang rusak, dan kalau tidak memungkinkan untuk mencari penggantinya, bisa ambil alternatif mengganti regulator dengan gacun.

Kalau tidak tersisa tegangan dan ada yang konslet.

Cabut dulu FET lalu ukur, kalau sudah tidak terjadi hubungan singkat ketika di ukur, maka coba colokan ke sumber listrik, kalau sudah keluar tegangan dan input basis FET nya juga keluar, langsung saja ganti FET.

Kalau dicabut FET masih terukur hubungan singkat, maka yang konslet kemungkinan dioda penyearahnya akibat cicak, coba ukur FET nya siapa tau masih bagus.

Ganti dioda lalu colokan ke sumber listrik, kalau sudah ada tegangan di kaki elko dan input basis untuk FET sudah keluar, silahkan pasang lagi FET nya, kemungkinan tegangan regulator dibagian output akan langsung normal, atau paling tidak akan keluar tegangan dibagia output regulator.

Tinggal kita tentukan apakah tegangan yang keluar itu sudah pas atau tidak kurang dan tidak lebih, kalau tegangan kurang atau lebih, kerusakan ada di bagian optocouplernya, antara ic 431 atau 817 nya.

Kalau regulator sudah normal tapi ketika dipasang kabel penghungung antara regulator dengan motherboard terjadi drop tegangan, kemungkinan ada bagian yang konslet dibagian motherboard, yang diakibatkan oleh badan cicak yang menempel antara tegangan 300 volt primer regulator ke bagian skunder regulator.

Dan kebetulan kasus yang saya alami hanya konslet FET dan putus fuse regulator nya saja, setelah saya ganti FET dan fuse, tv bisa menyala dengan sempurna.

LED tv Toshiba 29PB201EJ mati total

Kesimpulan:


Dalam memperbaiki kerusakan regulator, baik regulator tv tabung, lcd atau led, entah itu yang rusak karena cicak, percikan petir atau rusak oleh hal lain. Dalam memperbaikinya, pastikan memeriksa dulu seluruh bagian yang ada dibagian regulator, juga yang ada dibagian luar regulator, sebelum memutuskan mengganti komponen yang rusaknya.

Itulah pengalaman saya dalam memeriksa tv LED Toshiba 29PB201EJ yang rusak mati total akibat cicak, dan langkah-langkah cara memperbaikinya. Semoga bermanfaat.

Silahkan berkomentar dengan sopan dan tidak meninggalkan link aktip.

Terima Kasih.

EmoticonEmoticon