Senin, Desember 26, 2016

LED TV Sharp aquos remot tidak berfungsi

Sobat Flyin DVB, beberapa hari kebelakang saya dapat servisan yaitu memperbaiki led tv sharp aquos dengan gejala beberapa gambar tidak keluar warna, ditambah lagi remot tv nya tidak berfungsi. Setelah dilihat ternyata memang benar, dengan menggunakan tombol manual saya periksa satu persatu channelnya, ada beberapa channel yang tidak keluar warna, dikarenakan remotnya tidak berfungsi, jadi tidak diketahui kerusakan tersebut apakah ada dimesin atau hanya salah seting PAL dan NTSC dari remotnya saja.

LED TV Sharp aquos remot tidak berfungsi

Memperbaiki led tv sharp aquos yang remotnya tidak berfungsi


Tanpa pikir panjang, langsung saya bongkar itu televis led sharp aquos untuk memeriksa kerusakan yang mengakibatkan remot tidak berfungsi itu darimana masalahnya, karena menurut pemeriksaan untuk remotnya sendiri tidak ada masalah. Setelah diteliti ternyata tegangan 3.3 volt untuk sensor remot tidak ada, dan peneyebabnya adalah kapasitor kecil yang sering disebut kapasitor tahu nya mengalami konslet. Lalu saya tanya sama pemilik tv tentang umurnya sudah berapa lama, yang punya televisi menjawab, baru saja 3 minggu. Hmmm ternyata umur 3 minggu sudah ada masalah.

Selanjutnya saya copot kapasitor yang mengakibatkan tegangan 3.3 volt umtuk sensor remot tidak masuk, dan tanpa harus mengganti atau memasang komponen sebagai penganti, langsung saja saya cek dengan menyalakan televisi sambil mengukur tegangan 3.3 volt untuk sensor remot tersebut, hasilnya tegangan 3.3 volt sudah masuk, dan saya coba arahkan remot sambil menekan beberapa tombol secara bergantian, remot sudah berfungsi dengan sempurna. Langsung saya seting menu untuk merubah sistem PAL dirubah ke AUTO , dan warna dari beberapa siaran yang tidak ada tadi sekarang sudah normal.

Kesimpulan dari artikel ini, walaupun televisi masih baru atau masih sangat baru, kerusakan hal yang tidak disangka pun ternyata bisa saja terjadi untuk rangkaian elektronik modern sekarang, jadi kalau diatara sobat adayang menemukan gejala remoot tidak berfungsi, baik untuk tv led sahrp aquos, atau televisi merk lain, jangan dulu merambah sampai ke motherboardnya, tapi periksa semua kapasitor tahu yang ukurannya paling besar bisa dibandingkan dengan kapasitor-kapasitor lain, sering ditemukan kapasitor yang konslet walaupun televisi tersebut masih baru.

11 comments

iya betul banget sering banget remot tv di rumah rusak

Hehe di lembiru pak, terima kasih sudah berkunjung pak

Terima kasih banyak. Artikel Anda sangat berguna bagi tukang serviceTV saya. Ternyata yang bermasalah kapasitor yang koslet Untung saja kapasitor di TV saya ada 2 jadi sekarang tinggal satu deh kapasitor TV saya. Dan remotenya sudah bisa digunakan tanpa menggunakan manual.yang saya mau tanyakan apakah tidak masalah TV kapasitor saya tinggal satu mohon bantuannya lagi terima kasih.tv sharp aquos

Tidak masalah, kapasitor tersebut hanya berfungsi sebagai perata arus saja, kalau mau silahkan pasang kapasitor kramik atau mika dengan ukuran antara 22 nano sampai 100 nano. Terima kasih sudah berkomentar.

TV saya sharp Aquos dengan no seri LC32DX888IWHY remote tidak berfungsi bahkan setelah diganti dengan remote baru,tetap tidak bisa... bgmn cara perbaikinya dan apa penyebabnya?
Terima kasih

kemungkinan kerusakan seperti yang saya sebutkan diatas, yaitu hilang atau kurangnya tegangan untuk IR

Cara mencopot kapasitor nya bagaimana? Letaknya dimana?

Letaknya ada di dekat sensor remot IR, mengkopel tegangan positif dan negatifnya

Numpang tanya karena remote TV nggak mungkin ngak pernah jatuh tapikarena keseringan sekarang beberapa tombol tidak berfungsi dan respon sangat lambat misal pindah channel hampir menunggu satu menit setelah ditekan apakah komponen elektronik banyak yang rusak ? terimakasih

Pengalaman saya itu kerusakan ada di TV nya, tegangan untuk IR kurang dari semestinya. Untuk memastikan remot bekerja dengan normal, silahkan arahkan lampu sensor remot ke kamera HP lalu tekan semua tombol, kalau ada bagian tombol yang ketika ditekan tidak menyala, berarti kerusakan ada di remot.

Terimakasih banyak, sudah saya lakukan instruksi memang tidak ada lampu remot menyala terlihat di layar kamera setelah menekan semua tombol di remot GA865WJSA(made in Malaysia, setelah dibandingkan dengan remote yang normal semua tombol menyala saat ditekan, kesimpulan remot rusak akibat sering jatuh? pojok casing sampe pecah, memang saat beli remot penjual bilang remot sering jatuh jadi tidak normal dan tak berfungsi?

Silahkan berkomentar dengan sopan dan tidak meninggalkan link aktip.

Terima Kasih.

EmoticonEmoticon