LED TV LG gambar ada titik putih dibalik panel

Jumpa lagi sobat teknisi, kali ini saya akan berbagi pengalaman cara memperbaiki LED TV merk LG, dengan gejala kerusakan terlihat ada titik putih dibalik atau dibelakang panel. Titik putihnya akan tampak jelas kalau televisi dalam keadaan menampilkan cahaya gelap. Sebenarnya kasus kerusakan seperti itu bukan terjadi pada tv merk LG saja, tapi hampir semua LED TV beresiko mengalami kerusakan yang sama, seperti pada TV LED Sharp, Polytron, dan Samsung, itu yang paling sering.

LED TV LG gambar ada titik putih dibalik panel

Kerusakan dengan gejala ada titik putih dibelakang panel LED itu di akibatkan oleh lepasnya kancing kristal penutup lampu LED nya. dan cara memperbaikinya adalah dengan membongkar panel untuk memeriksa bagian dalamnya. Tapi jarang ada teknisi yang berani karena resiko yang ditimbulkan kalau salah bisa berakibat fatal.

Memang untuk menangani kasus kerusakan pada tv model LED harus extra hati-hati, jangan sampai karena kecerobohan, malah bisa menimbulkan kerusakan yang lebih parah lagi.

Berikut cara memperbaiki kerusakan LED TV dengan gejala gambar ada titik putih dibelakang panel


Seperti yang saya sebutkan diatas, kerusakan dengan gejala muncul titik putih dibelakang panel itu disebabkan oleh lepasnya kancing penutup lampu LED. Untuk memperbaikinya ikuti langkah-langkah berikut ini.

Pertama buka dulu casing tv dengan hati-hati, periksa kabel panel yang berbentuk seperti plastik tipis berwarna coklat kehitam-hitaman apakah kondisinya masih bagus atau sudah berjamur, kalau sudah berjamur, sebaiknya jelaskan dulu kepada pemilik tv nya, kalau pekerjaan yang kita lakukan bisa menyebabkan tv rusak total bagian panelnya.

Setelah casing terbuka, lanjut ke membongkar panelnya, biasanya ada bingkai logam yang mengunci panel LED.

Cara membuka penutup panel LED TV

Lakukan dengan sangat hati-hati, jangan sampai pingiran panel retak. jangan lupa membuka kabel dari motherboard menuju tcon

Cara melepas kabel penghubung motherboard dan panel tcon

Setelah semua pengunci panel terlepas, silahkan lepas panel dan simpan di tempat aman jauh dari debu, lalu buka plastik lapisan perata cahayanya, biasanya terdiri dari beberapa lembar.

Setelah terbuka, maka anda akan melihat kancing penutup lampu LED terlepas beberapa biji, bahkan kalau sudah seperti itu, semua kancing yang belum lepas pun akan mudah lepas.

Kancing penutup lampu LED TV lepas

Kalau sudah pada lepas seperti pada gambar diatas, maka yang harus kita pikirkan adalah bagaimana cara memasangkannya kembali agar tidak mudah lepas.

Cara memasang kancing penutup lampu LED TV yang lepas


Anda pasti berpikir untuk menempelkannya kembali dengan menggunakan lem atau perekat. Tapi sebaiknya anda pikirkan dulu resikonya, kalau panas apakah bisa menjamin lem yang anda gunakan tidak akan lepas?

Saya tidak bisa menjamin, karena pada awalnya kancing-kancing kristal tersebut terpasang dengan sangat kuat, dan sekalipun dipaksa dibuka, malah bisa menyebabkan lampu LED nya ikut terbongkar. Karena telah terkena panas dalam jangka waktu yang cukup lama, maka kancing-kancing tersebut bisa lepas.

Agar kancing-kancing tersebut tidak lepas lagi bagaimana caranya? disini kita gunakan sedikit otak cerdik kita, berarti harus di lem dan di ikat. Cara mengikatnya bagaimana?

Cara memasang kancing penutup lampu LED agar tidak lepas lagi


Pertama kerik dulu bagian kanan dan kiri lempengan PCB tempat lampu LED terpasang.

Cara agar kancing penutup lampu LED TV tidak mudah lepas

Tujuannya untuk menanam kawat pengikat menggunakan timah panas. Pastikan ukuran nya pas atau tidak kurang dengan besarnya lingkaran kancing penutup lampu LED.

Lalu tanam kawat disebelah kanan dan kirinya, untuk kawat bisa menggunakan kaki kompinen seperti kaki elko atau kaki resistor, usahakan kawatnya yang kuat.

Cara memasang kawat untuk pengikat kancing kristal

Lalu pasang kancing menggunakan lem yang bagus, setelah terpasang silahkan jepit dengan kawat pengikat yang tadi sudah ditanam, tapi awas jangan sampai ujung kawat bersentuhan, karena tempat menempelkan kawat jadi adalah jalur anoda dan katoda lampu LED nya. Kalau terhubung bisa menyebabkan lampu LED tersebut tidak menyala.

Cara memasang kancing kristal penutup lampu LED yang benar

Perhatikan baik-baik gambar diatas, dengan menggunakan teknik pengikat seperti itu, maka sekalipun lemnya kering dan lepas, kancing penutup lampu LED tidak akan lepas lagi karena sudah terkunci dengan baik. Lakukan cara tersebut untuk semua kancing kristal yang lepas, yang belum lepas pun sebaiknya dibuka dulu, agar tidak ikut-ikutan lepas dikemudian hari.

Setelah semua lampu tertutup kancing kristal, silahkan coba hidupkan tv untuk melihat apakah pekerjaan kita mengunci kancing penutup lampu LED yang kita lakukan tidak mengganggu lampu yang menyebabkan lampu putus.

Mengecek lampu LED TV

Kalau sudah nyala semua, silahkan kita coba pasang panelnya, dan kalau sudah menujukan hasil gambar yang sempurna, berarti pekerjaan kita memperbaiki LED TV yang muncul titik putih dibelakang panel, sudah hampir selesai.

Tampilan menu TV LED LG

Langkah selanjutnya adalah memasangkan semua bagian yang kita buka tadi dengan hati-hati, jangan sampai sudah susah payah memasang kancing sampai hasilnya sempurna, harus berakhir dengan putus nya kabel penghubung antara tcon dengan panel.

Itulah cara memperbaiki kerusakan tv LED LG dengan gejala gambar muncul ada titik putih dibelakang panel. Semoga pengalaman yang saya bagikan kali ini, ada manfaatnya buat teman-teman semua.

Related Post:

17 komentar

Artikelnya sangat bermanfaat sekali. Nanti kalau ada kerusakan barang elektroniku blog ini bisa jadi rujukan utk mengatasinya..he

Pernah juga dulu pada tv samsung ada titik putih seperti itu. Karena tidak mengetahui komponen elektronika maka diserahkan saja pada ahlinya yaitu tukang service.

Hehe siiip, manggil saya juga boleh,... terima kasih sudah berkunjung.

Terima kasih mas kalau artikel cara memperbaiki lampu led yang kancing penutupnya lepas ini bisa bermanfaat.

terima kasih atas artikelnya.

saya uda coba perbaiki sendiri dan sukses.

Wah mantap, kasihan tukang servis gak dapat job dong, hehe.. terima kasih sudah berkunjung, dan ikuti terus update-update terbaru artikel seputar kerusakan tv dan elektronik lainnya

TV saya juga begitu problemnya,, tapi masih bingung benerin dimana tukang servis tv yg sanggup,, agan ini di daerah mana ya?

Dengan adanya tali kawat sudah dipastikan tidak ada pengaruh pada pencahayaannya ya pak? Saya masih ragu apa hasilnya bisa 100% bagus tanpa ada gannguan gelap terangnya? Mohon pencerahannya....

Sering saya melakukan hal ini, dan tidak ernah ada masalah, penting diperhatikan, ketika kancing jatuh, cahaya menjadi terlalu terang dan mempengaruhi ke mika perata cahaya, jadi sedikit cacat, cara mengatasinya rubah2 posisi mika, diputar saja sebagian.

Halo om bisa bantu servis tv saya dengan problem yang sama seperti ini.
Klo boleh bisa pm melalui email.

Posisi saya di tuban jawa timur sekarang mas

Kirain sekitar jakarta om, led lg saya kena begituan

Waduh jauh mas,,, saya di bekasi

LED LG saya juga kena. Kirain faktor sering mati listrik. Biasa kerusakan ini terjadi karena TV terlalu panas? Padahal april ini baru mau 3 tahun. Bad quality atau lagi apes ya. :(

trima kasih sarannya mas,utung blm saya bongkar.e....gak taunya besar banget resikonya.....

ilmu yg luar biasa..tpi mas bayak tukang service mengatakan itu harus ganti lampu LED ya,itu gak ngerti apa cuman isu biar jadi mahal klo benerin problem seperti itu...???jdi untuk harga perbaikan tersebut berfariasi,jdi bingung ambil keputusan....

Kalau setiap kerusakan walau cuma masalah kecil main ganti, itu pekerjaan servis center, karena kalau seorang teknisi, dalam hal ini tukang servis, harus punya seribu cara untuk meringankan beban konsumen..

Silahkan berkomentar dengan sopan dan tidak meninggalkan link aktip.

Terima Kasih.

EmoticonEmoticon