Iklan adsense jarang dapat klik dan BPK kecil? Yuk cari solusinya

Tags
Masalah umum yang hampir dihadapi dan dirasakan oleh setiap publisher Adsense, adalah, pengunjung blog banyak tapi jarang sekali dapat klik iklan, dan sekalipun mendapatkan klik, BPK yang didapat sangatlah kecil, tentu saja hal ini menjadi persoalan yang sangat serius, karena hasil yang di dapat tidak sebanding dengan perjuangan yang dilakukan untuk mendapatkan akun AdSense. Jangankan untuk bisa menabung demi bekal hari tua, untuk memenuhi biaya operasional blog bulanan saja dari penghasilan adsense ini tidaklah cukup.

Pertanyaannya: Kenapa minat klik dari pengunjung sangatlah kurang? dan kenapa sekalipun mendapatkan klik dari pengunjung BPK adsense nya sangat kecil? Untuk menjawab pertanyaan itu, marilah kita sama-sama pelajari, apa sebenarnya yang menyebabkan iklan di blog jarang mendapat minat klik dari pengunjung, dan apa yang menyebabkan nilai BPK Adsense kecil.

penyebab Iklan adsense jarang dapat klik dan BPK adsense kecil

Iklan di blog jarang mendapat klik

Sebelumnya pernah saya jelaskan tentang penyebab iklan di blog jarang dapat klik, tapi disini akan saya jelaskan lagi secara rinci, berdasarkan pengamatan saya selama beberapa pekan tentang karakter pengunjung, dan minat terhadap klik iklan yang tampil di blog. Menurut pengamatan saya yang saya lakukan terhadap beberapa blog saya, blog yang kontennya membahas seputar tutorial, hanya 5% saja mampu mengundang minat klik dari pengunjung, itupun mungkin hanya sebatas dari rasa solideritas pengunjung saja terhadap pemilik blog, karena merasa terbantu dengan konten-konten yang disajikan.

Kenapa konten seputar tutorial, iklannya jarang di klik? Pengunjung kan datang bukan untuk mencari iklan, tapi untuk mencari tutorial, dan yang ada di blog tersebut adalah tutorial, buat apa klik iklan? Dan kalau kita perhatikan dari karakter pengunjung, yang masuk ke blog-blog yang kontennya seputar tutorial, itu rata-rata pengunjung elit yang anti iklan, jangankan untuk mengkliknya, untuk melihatnya pun sepertinya mereka enggan, di tambah lagi kurang nya rasa kesadaran, kalau antara pengunjung dan pemilik blog, memanfaatkan internet adalah sama-sama untuk cari makan.

Contoh:
Pemilik blog menulis tentang cara memperbaiki televisi berbagai jenis kerusakan dan berbagai tips seputar elektronik di blog nya, punya harapan siapa tau ada yang berkenan mengklik iklan, tujuannya agar bisa mendapatkan penghasilan untuk makan.


Pengunjung membuka internet lalu mencari sumber informasi tentang cara memperbaiki televisi yang sedang dihadapinya, harapannya mudah-mudahan mendapat informasi yang cocok dengan kasus yang sedang dihadapinya, dan segera bisa menyelesaikan masalahnya, agar segera mendapat bayaran uang dari pekerjaanya itu, tujuannya pasti tidak jauh dari untuk makan.

Sayangnya rasa kesadaran dari para pengunjung yang mencari sumber informasi seputar tutorial, masih sangat kecil dalam hal minat untuk mengklik iklan, sekalipun iklan yang muncul, sangat relevan dengan informasi yang mereka cari, misalnya mereka mencari solusi mengganti FBT A, dan muncul iklan tentang toko elektronik yang menjual FBT pengganti FBT A tadi. Paling setelah merekan tau solusinya, langsung close browser lalu pergi membeli pengganti FBT A tersebut. Tanpa ada rasa terima kasih dengan meninggalkan jejak dan mengklik iklan.

Berbeda dengan blog yang konten-kontennya membahas seputar informasi harga rumah, harga mobil, harga motor, harga emas, harga hp, harga pakaian, harga kosmetik dan lain-lain. Itu jelas ketika iklan tampil di blog, akan mengundang rasa penasaran pengunjung untuk mengkliknya, karena iklan adsense adalah iklan yang menyerupai konten, kalau seseorang sedang mencari informasi harga rumah misalnya, terus masuk ke blog yang membahas informasi harga rumah, sudah pasti iklan adsense yang muncul adalah iklan harga rumah, tidak ada alasan buat seseorang untuk tidak mengklik iklan.

Dan sudah pasti, pengunjung pencari tutorial, dengan pengunjung pencari informasi harga, karakternya sangat beda jauh, baik dalam hal menyibak konten atau dalam hal mengklik iklan. Pengunjung pencari sumber informasi tutorial, akan lama dalam menyibak konten untuk pertama kalinya, tapi untuk kunjungan selanjutnya, akan sekilas-sekilas saja. Sementara karakter pengunjung pencari sumber informasi harga, akan cenderung tetap, mereka akan terus menyibak konten, sampai muncul iklan yang sesuai dengan yang mereka cari.

Jadi kesimpulan dari kenapa iklan di blog jarang sekali mendapatkan klik? Jawabannya adalah konten. Kalau kita menginginkan perubahan yang signifikan mengenai penghasilan adsense dari hasil klik, maka jangan membuat konten tentang tutorial.

Kecuali kalau mampu mendatangkan minimal 1000 pengunjung organik dalam sehari ke blog kita, itu beda lagi, sekalipun kita tidak mendapatkan klik, kita tetap akan dibayar melalui bayar per seribu tayang.

Perjuangaanya akan semakin berat lagi, kita wajib menyuguhkan konten-konten yang menarik untuk dibaca dari awal sampai akhir, bahkan harus bisa memancing pengunjung, untuk menyibak konten-konten yang lain. Hal itu jelas akan meningkatkan penghasilan adsense kita melalui bayar per seribu tayang, semakin banyak konten yang di baca, dan semakin lama iklan kita tayang, maka akan semakin besar pendapatan kita, tapi tantangan lain yang nyata terjadi pada publisher adsense saat ini adalah pengguna atau pengunjung tidak mau melihat iklan, dan mereka melakukan berbagai cara agar tidak terganggu oleh iklan. Seperti memasang adblock dan menggunakan browser yang bisa menghilangkan iklan.

Karena rata-rata pengunjung pencari sumber informasi tutorial itu cerdas-cerdas, sebelum mencari informasi yang mereka butuhkan pun, yang paling duluan dicari justru aplikasi atau plugins untuk memblokir iklan, hehe Sungguh terlalu, kalau kata bang haji mah.

Saya rasa sudah cukup jelas penjelasan tentang penyebab iklan adsense di blog jarang sekali mendatangkan klik dari pengunjung. Sekarang lanjut ke masalah BPK (Bayar Per Klik).

BPK Adsense kecil

Bisa dibayangkan, dari pengunjung yang masuk ke blog paling banyak hanya ratusan atau bahkan hanya puluhan, terus yang mengklik iklan hanya beberapa orang, ditambah BPK yang didapat hanya puluhan atau paling besar masih dibawah 1000 perak, tentu sangat menyedihkan. Kalau sehari cuma dapat 10 klik x 500 perak, tahun mana bisa gajihan? Agar hal tersebut tidak terus menerus berlanjut, kita harus segera mencari solusinya, dan mengetahui apa penyebabnya.

Penyebab bpk adsense kecil

Pernah saya bahas dalam artikel sebelumnya tentang penyebab nilai bpk atau cpc adsense kecil, tapi disini saya akan mencoba menerangkan lebih rinci, beserta solusinya. Dan solusi yang akan saya bagikan berdasarkan dari beberapa hasil experimen saya dalam meningkatkan nilai BPK adsense, dan ada beberapa experimen saya yang membuahkan hasil, walau klik yang saya dapat setiap harinya hanya rata-rata 10 klik, tapi karena BPK nya lumayan besar, alhamdulillah kalau untuk sekedar gajihan tiap bulan, sudah bisa dipastikan, dan semoga semakin kedepan semakin baik lagi, agar tidak hanya sekedar terkejar target saja, tapi ada lebih nya untuk menambah-nambah penghasilan dari pekerjaan pokok saya, yaitu teknisi elektronik.

Yang paling pertama saya pelajari adalah penyebab nilai BPK kecil. Ternyata setelah diteliti melalui laman landas, banyak sekali visitor organik yang masuk dari kata kunci not provided, berarti iklan yang muncul di blog saya, bukan iklan yang ditargetkan oleh pengiklan, atau bisa dibilang bukan iklan yang tertarget, sehingga klik yang saya dapatkan, nilai BPK nya sangat kecil. Jadi bukan hanya pengunjung dari sosmed saja yang bisa jadi penyebab nilai BPK kecil, pengunjung organik pun kalau masuknya tidak dari kata kunci yang ditargetkan oleh pengiklan, kita hanya di bayar paling besar 10% saja dari BPK yang ditawarkan oleh pengiklan.

Itu di antaranya yang membuat BPK dari blog saya sangat kecil. Selain itu, keterlibatan pengunjung dalam menyibak konten, saya sering memperhatikan kalau tayang konten dengan tayangan iklan hampir berbanding, bahkan sering didapati justru lebih banyak tayangan iklan, sementara nilai BPK dari klik sebuah iklan, ditentukan juga oleh keterlibatan pengunjung terhadap konten, atau bisa artikan, kalau seorang pengunjung membuka 10 halaman konten, dan mengklik 1 iklan, itu BPK pasti besar, tapi kalau pengunjung menyibak 1 halaman konten, itupun tidak sampai selesai, karena terganggu oleh iklan, dan tanpa sengaja atau sengaja mengklik iklan lalu langsung pergi tanpa menyelesaikan iklan, sudah pasti BPK akan sangat kecil dan RKT jadi besar.

Setelah saya pelajari, akhirnya sedikit demi sedikit, terbuka juga cara untuk meningkatkan nilai bpk, dan perlahan tapi pasti penghasilan adsense saya terus meningkat setiap harinya. Mungkin ada yang bertanya, bagaimana cara saya meningkatkan nilai BPK adsense saya?

Inilah cara yang saya lakukan untuk meningkatkan bpk adsense

Sebenarnya kalau setiap publisher mau memantau kinerja blog lewat google analytics dan google webmaster, juga berlangganan kiat pengoptimalan pendapatan dari google adsense, semua publisher tidak perlu banyak bertanya, tinggal belajar mengikuti arahan google saja, seperti yang saya lakukan. Apa saja yang saya lakukan untuk meningkatkan BPK adsense?

1. Pelajari laman landas
Dimana adanya tempat memantau laman landas? Di google analytics ada, di google webmaster ada. Dari situ kita bisa mengetahui laman mana yang paling banyak menghasilkan klik. Setelah tau laman mana yang paling banyak mendatangkan klik (klik laman bukan klik iklan), kita bisa ambil siasat untuk mengarahkan pengunjung ke laman lainnya. Dengan cara apa?
  • Pastikan blog anda memiliki fitur atau widget artikel terkait (related post)
  • Masukan internal link yang relevan dengan laman yang paling banyak mendapat laman landas

2. Tekan bounce rate agar tidak tinggi
Bounce rate yang tinggi, sangat berpengaruh terhadap nilai BPK, karena seperti yang telah saya jelaskan di atas, semakin lama pengunjung menyibak konten, maka sekali saja mereka mengklik iklan, akan besar karena ditambah dengan tayang laman. Jadi usahakan setiap pengunjung untuk menyelsaikan membaca konten, dengan cara berikut:
  • Buat konten yang menarik untuk dibaca, ingat blog kita adalah blog tips dan tutorial yang sangat minim kemungkinan pengunjung tertarik dengan iklan, jadi kita fokuskan dulu ke bayar perseribu tayang laman, toh kalau nanti pengunjung mengklik iklan, dijamin bpk akan normal.
  • Suguhkan pengunjung tawaran untuk membaca artikel lainnya, makanya sering kita lihat blog yang memasang fitur Baca Juga: itu tujuannya supaya bounce rate menjadi rendah, dan cara ini akan berhasil kalau yang sedang dibacanya menarik dan bermanfaat, pasti pengunjung akan penasaran untuk mengklik link yang kita tawarkan.
Setelah kita tau laman landas dan bisa menekan tingkat rasio pentalan atau bounce rate, sekarang kita belajar ke cara mencari kata kunci yang BPK nya mahal, lalu usahakan pengunjung masuknya lewat kata kunci tersebut.

3. Cara mencari keyword yang BPK nya mahal
Caranya bagaimana? Kita intip kata kunci yang digunakan atau yang ditawarkan oleh google kepada para advisert atau pengiklan. Dari mana kita mengetahui kata kunci yang mahal yang ditawarkan google kepada pengiklan? Dari google adwords, melalui fitur tools keyword planner.

Saya kasih contoh kecil saja, kata kunci Jasa SEO itu BPK nya sangat tinggi, makanya saya sodorkan salah satu konten plesetan dari artikel seputar elektronik, yaitu Jasa SEO Servis Elektronik Online. Mungkin teman-teman menganggap itu artikel biasa-biasa saja, padahal itu salah satu strategi licik saya untuk mendapatkan BPK besar.

Kalau anda ingin mencoba cara yang saya lakukan untuk mengintip kata kunci yang mahal lewat keyword planner, silahkan masuk ke https://adwords.google.com/ lalu pilih alat→keyword planner atau perencanaan kata kunci, lalu pilih negara target, misanya indonesia, setelah itu masukan kata kunci, seperti contoh kata kunci yang pernah saya gunakan yaitu "led tv", lalu klik dapatkan ide, akan muncul beberapa kata kunci yang relevan dengan "led tv", seperti pada gambar dibawah ini.

Cara mencari keyword atau kata kunci yang mahal

Terlihat jelas kata kunci lengkap dengan BPK yang ditawarkan. Setelah menemukan kata kunci yang relevan dengan konten yang ada di blog anda, langkah selanjutnya adalah memperbaiki konten. Tujuan dari memperbaiki konten agar ketika pengunjung organik masuk, tidak masuk ke kategori (not provided).

4. Perbaiki konten agar BPK nya besar
Memperbaiki konten yang saya maksud disini adalah, menekan pengunjung supaya masuk lewat kata kunci yang tertarget dengan kata kunci yang digunakan oleh para pengiklan, dengan cara memperbanyak kata kunci pada setiap artikel, karena munculnya iklan pada setiap laman, akan mengikuti dari kata yang lebih banyak dimuat di artikel laman tersebut.

Sebagai contoh, Artikel yang sudah anda buat misalnya berjudul: Cara memperbaiki led tv.

Di keyword planner misalnya yang tawaran BPK nya termahal itu led tv sharp. Maka usahakan lebih banyak mengulang kalimat led tv sharp, dengan begitu diharapkan iklan yang muncul di laman tersebut adalah iklan led tv sharp. Dengan begitu sudah pasti kalau iklan tersebut di klik, maka sasaran konten dan sasaran pengiklan benar-benar tertarget, dan BPK yang didapat pun akan jauh lebih maksimal.

Saya rasa cukup sekian penjelasan tentang penyebab iklan adsense jarang dapat klik, dan sekalipun dapat klik kenapa BPK nya sangat kecil. Semoga artikel ini bisa membantu memberikan jalan kepada teman-teman sesama publiser adsense, untuk bisa meningkatkan penghasilan adsense nya. Semoga bermanfaat.

Related Post:

7 komentar

Semangat mas dan sabar, harus buat bloh buat orang awam skrng

Wow artikel nya panjang dan lengkap. Bermanfaat buat saya yang belum lama terjun di dunia peradsensean. Hehe.. Masuk akal, blog tutorial atau tips cuma mengandalkan tampilan iklan, sedangkan untuk meningkatkan hasil,umumnya mereka membuat blog baru dengan target yang lebih potensial.

betul sekali pak, kalau tujuan kita ingin mendapatkan penghasilan adsense yang maksimal, salah satu cara adalah sengan membuat blog baru yang lebih menekan klik dari pengunjung, seperti yang saya sebutkan, kalau mengandalkan blog seputar tips dan tutorial, rata-rata pengunjungnya orang-oraang cerdik yang anti iklan.

ya begitulah realita mas, makanya blog saya ini dibuat multi konten, agar tidak perlu membuat blog baru, tapi sepertinya pilihan untuk membuat blog baru tidak bisa terelakan lagi, mengingat jarangnya klik pada blog saya ini

Hahahaha... terus terang saya tidak pernah mikir soal meningkatkan BPK. Soalnya, buat saya mencoba memikirkan hal seperti itu justru menjadi penghambat saya menulis. Tidak bebas lagi.

Saya cenderung untuk lebih berfokus pada memperbaiki tulisan saya dari hari ke hari daripada memikirkan soal urusan teknis, tips dan trik. Tidak nyaman soalnya.

Untungnya, saya masih bekerja tetap, jadi penghasilan dari adsense hanya sebagai uang jajan. Jadi saya tidak mengejar-ngejar pendapatan dari sini.

Tapi, tulisan yang bagus mas...

Mks mas semoga makin banyak yang membaca blog Kemenhan dan bs menambah pengetahuan bagi yang lain.makasih sekali lagi makasih

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar, semoga blognya mas ngatiyono jaya makin jaya saja, amin

Silahkan berkomentar dengan sopan dan tidak meninggalkan link aktip.

Terima Kasih.

EmoticonEmoticon