Cara mengatasi error 404 page not found di webmaster

Sobat blogger, pada kesempatan kali ini saya akan berbagi cara tepat mengatasi masalah error 404 page not found di search console webmaster, yang bisa berdampak jelek bagi sebuah blog, karena semakin banyak ditemukan error 404 page not found di sebuah blog, akan menurunkan refutasi blog baik dimata mesin pencari, dan juga dimata calon pengunjung blog.

Tentu sobat merasa jengkel setiap kali masuk ke search console, selalu mendapatkan peringatan tentang adanya halaman error di blog sobat, yang tidak bisa dirayapi oleh robot mesin pencari.

Cara mengatasi error 404 page not found di webmaster

Sebenarnya masalah itu terjadi atas kesalahan sobat sendiri, yaitu akibat menghapus url atau judul artikel, tanpa menghapusnya terlebih dulu dari indeks mesin telusur, dan setiap kali mesin indeks melakukan perayapan rutin, tetap akan merayapi semua url yang sudah ada di daftar indeks.

Agar kejadian seperti itu tidak terjadi kepada blog sobat, maka yang harus diperhatikan adalah, kalau sobat hendak menghapus salah satu url artikel yang ada di blog, langkah pertama yang harus dilakukan yaitu menghapusnya terlebih dahulu dari mesin indeks google.

Cara menghapus url artikel yang akan dihapus dari blog adalah dengan menggunakan fitur hapus URL yang ada search console webmaster, setelah perintah penghapusan dilakukan, sobat harus menunggu laporan di search console webmaster sampai menunjukan tanda kalau proses penghapusan sudah dilakukan.

Setelah di search console webmaster tertera bahwa perintah penghapusan dari daftar indeks sudah dilakukan, pasti ada keterangan bahwa URL sudah dihapus, baru sobat lakukan penghapusannya langsung dari blog.

Dengan begitu maka tidak akan terjadi error page not found terhadap salah satu url artikel di search console webmaster, terhadap url artikel yang sudah dihapus dari blog sobat.

Tetapi kalau sudah terlanjur membuat kesalahan, yaitu terlanjur menghapus url artikel sebelum menghapusnya terlebih dulu dari daftar indeks, maka perlu langkah khusus untuk mengatasinya, agar peringatan error 404 page not found terhadap url artikel blog sobat yang sudah dihapus tidak terus berulang.

Banyak yang menyarankan melakukan 2 cara yaitu:

Cara pertama: Menandai semua url yang error 404 page not found, lalu menekan tombol sebagai yang sudah diperbaiki.

Cara kedua: mencatat url error 404 page not found tersebut, lalu menghapusnya melalui fitur hapus URL yang ada di search console.

Tapi kedua cara yang disarankan tersebut, sama sekali tidak benar.

Cara pertama hanya menghilangkan sementara saja, dan setelah robot indeks melakukan perayapan rutin lagi, kesalahan tersebut akan muncul lagi dan lagi.

Apalagi cara kedua, jelas-jelas suatu kesalahan fatal, sobat memerintahkan robot indeks untuk menghapus url, sementara url tersebut sudah tidak ada lagi diblog sobat, membingungkan sekali.... kurang lebih begitu kata robot indeks.

Lalu bagaimana cara yang benar mengatasi masalah error 404 page not found agar tidak terulang dan terulang lagi?

Simak baik-baik.

Cara mengatasi masalah error 404 page not found dengan benar


Catat semua url yang ditandai sebagai kesalahan (error 404), lalu simpan dulu di notepad.

Biasanya akan tertulis untuk url yang error itu seperti ini /2016/10/cara-menghapus-url.html, seperti itu contohnya.

Setelah dicatat, tinggal sobat tentukan, mau di alihkan ke alamat blog sobat langsung atau dialihkan ke artikel yang dirasa cocok atau mirip, atau memang pengganti dari url yang dulu sobat hapus itu?

Saran saya, alihkan ke url artikel yang paling relevan dengan artikel yang dihapus itu, agar ketika suatu waktu url yang sudah dihapus itu tanpa sengaja ditemukan oleh calon pengunjung, tidak dibawa kehalaman awal.

Pasti pengunjung tersebut akan merasa kecewa, sudah senang mendapatkan apa yang dia cari, eh malah disodorkan halaman awal.

Kalau tidak ada artikel yang relevan dengan artikel yang sudah dihapus itu, saya sarankan sobat membuat dulu artikel penggantinya, dengan melihat contoh dari judul yang dihapus.

Setelah ketemu atau membuat artikel yang cocok dengan artikel yang dihapus itu, langkah selanjutnya adalah mengalihkan url yang error tadi ke url artikel yang baru dibuat, atau yang sudah ada dan dirasa paling cocok.

Caranya dengan memanfaatkan menu preferensi penelusuran → pengalihan khusus yang ada di menu seting blog sobat.

Caranya seperti ini..

Cara mengatasi error 404 page not found di webmaster

Cara mengatasi error 404 page not found di webmaster

Jangan lupa ceklist permanen lalu klik simpan dan terakhir simpan perubahan.

Catatan: menambahkan url ke daftar pengalihan khusus harus diawali dengan tanda / contoh /2016/12/contoh-ini.html.

Setelah langkah diatas sobat lakukan, maka dijamin, petingatan error 404 di webmaster tidak akan terjadi lagi untuk url yang sudah diperbaiki dengan cara tersebut.

Itulah cara mengatasi masalah error 404 page not found di search console webmaster dengan benar. Semoga bermanfaat.

5 komentar

Betul sekali, kalau gak di alihkan itu URL selalu ada lagi dan lagi, karena penghapusan indeks di search console sebetulnya bersifat sementara.

thanks banget ya gan, akhirnya blog ane jdi bersih dari error

http://www.mastahbloging.com/

Trimakasih atas artikel artikel yang disajikan disini betul" menambah ilmu buat saya yang sedang banyak belajar tentang blog.semoga semakin sukses.

amiiin.. terima kasih sudah berkunjung, dan semoga ada manfaat yang berarti dari artikel cara mengatasi error 404 page notfound ini, salam kembali

wah sip banget gan.. sempet kepikiran buat pengalihan gini sih, soalnya kalo remove doang pada akhirnya kalau google bt crawl lagi yah jelas kedeteksi lagi.. jadi percuma juga dong dihapus... sip bgt... lanjutin nulis artikel kek gini gan..

Silahkan berkomentar dengan sopan dan tidak meninggalkan link aktip.

Terima Kasih.

EmoticonEmoticon