Cara mendapatkan matched content dari google adsense

Tags

Sebagai publisher adsense tentu banyak yang berharap dan ingin tau bagaimana cara mendapatkan matched content/konten yang disesuaikan oleh google adsense, yang katanya kalau matched content itu diberikan oleh google kepada blog/situs yang traffik atau pengunjungnya spesial.

Hmmm... bener apa engga ya?

Sebelum kita lanjut ke bagaimana cara mendapatkan fitur khusus yang disebut matched content dari adsense, sebaiknya kita ketahui dulu, apa itu matched content?

Matched content adalah sebuah fitur artikel yang dirandom otomatis oleh google adsense, yang bentuknya menyerupai iklan adsense.

Seperti contoh salah satu blog yang saya kelola yaitu andre-share.biz, blog tersebut mendapat hadiah matched content dari google adsense, ketika baru berumur kurang lebih 1 bulan.

Cara mendapatkan matched content dari google adsense

Banyak yang bertanya ke saya, bagaimana sih caranya agar bisa mendapatkan matched content seperti diblog andre-share.biz itu?

Tidak ada cara atau trik khusus sebenarnya untuk bisa mendapatkan matched content, dan saya yakin semua publisher adsense bisa mendapatkannya asal punya kemauan.

Apakah untuk mendapatkan matched content blog harus memiliki traffik yang spesial dulu?

Jawabannya TIDAK. blog saya mendapatkan fitur itu ketika pageview hariannya hanya berkisar antara 4000-5000, kecuali hari sabtu dan minggu, terkadang tembus ke angka 20.000 pageview.

Lalu bagaimana cara mendapatkan matched content tersebut?

Jawabannya cukup membuat konten diatas 450 konten, apabila blog yang kontennya sudah diatas 450 konten, dan diblog tersebut memasang iklan adsense, maka google adsense akan memberikan perhatian khusus dengan memberikan fitur tambahan yang disebut matched content, atau konten yang disesuaikan.

Apakah dengan adanya macthed content penghasilan adsense jadi meningkat?

Jawabannya bisa iya bisa tidak, karena sebenarnya fitur matched content itu semata-mata diberikan oleh google adsense kepada publishernya yang serius dalam membuat konten, untuk mempromosikan kontennya kepada para pengunjung.

Dengan begitu, diharapkan pageview jadi bertambah, dan otomatis pendapatan adsense pun ikut bertambah.

Tetapi disamping keuntungan yang didapat dari memasang matched content adsense di blog, juga menimbulkan kerugian juga.

Kerugiannya apa?

Bagi yang pengunjung yang tidak tau, dan menganggap kalau matched content itu sama dengan iklan, maka mereka akan berhati-hati, malah sebagian orang yang anti iklan, akan menghindari untuk mengklik tautan di matched content itu.

Secara tidak langsung kita sebagai pemilik blog akan merasa sia-sia, konten yang diharap bisa memberikan solusi tentang apa yang dicari oleh pengunjung, malah dihindari karena itu dianggap iklan.

Jadi untuk memasang matched content adsense diblog sebaiknya oleh yang sudah mendapatkannya, diperhitungkan lagi keuntungan dan kerugiannya.

Kalau dirasa besar manfaat dan keuntungannya, silahkan pasang, tapi kalau hanya jadi pemborosan space laman, sebaiknya tidak usah dipasang.

Jadi jawaban dari pertanyaan teman-teman tentang bagaimana cara mendapatkan fitur matched content dari google adsense itu, jawabannya tiada lain adalah dengan terus membuat konten, sampai google merasa terpanggil untuk membantu publishernya dalam mempromosikan konten.

Update:  Ternyata konten berjumlah 200 konten pun masih berpeluang bisa mendapatkan fitur Matched Content dari google adsense.

23 komentar

Jadi meski ada yg klik matched konten tidak akan mendapatkan pendapatan seperti klik iklan gitu mas?

Tidak mas, matched content hanya menambah page view aja, tapi sayangnya, karena kbnyakn pengunjung anti iklan, dan tidak mengerti kalau bisa berkembangnya sebuah blog klw ada yg klik iklan, jangankan untuk mengklik iklan yang sesungguh ya, untuk mengklik matched conten aja sepertinya takut;)

banyak juga ya kebutuhan artikelnya kalo mau dapat matched content... blog saya masih kurang ratusan artikel lagi untuk dapat matched content...hiks... :)

wah.. setelah membaca artikel ini, saya jadi makin semakan untuk buat lebih banyak konten yang sesuai niche diblog saya nih om.. tapi apa benar matched content itu bisa di dapat setelah mencapai 450 artikel om ?

benar mas, antara 450 samai 500 konten pasti dapat matched content

(h) assalamualaikum... Konten yang menarik dan rapi mas... Tempat ninggalin jejak yang pas. Salam semoga sukses...

Wa'alaikum salam, terima kasih sudah berkunjung dan memberikan penilaian, hal ini sangat berarti buat saya dalam terus meningkatkan kualitas konten agar berguna bagi pengunjung.

blog saya yang konten sudah 200 lebih konten juga di tawari..saya rasa faktor pendukung untuk diberi matched content blog yang sering update artikel baru masuk dalam pertimbangan

Sangat masuk akal mas, sepertinya memang benar, tapi kalau keyakinan tentang bisa nya mendapatkan matched content dari banyaknya visitor, itu sangat tidak benar. hal ini perlu kajian lebih dalam lagi nih, supaya teman-teman yang mengharap mendapat penawaran matched content bisa mengatur strategi nya

Update: saya memiliki 4 blog yang sudah bisa memasang fitur matched content. Di bawah ini daftar jumlah artikel dari masing-masing blog:

1. Blog Niche A: 132 konten
2. Blog Niche B: 195
3. Blog Gado-Gado: 231
4. Blog Niche: 644

Setelah dipelajari ternyata yang penting rajin update artikel pak, maka besar kemungkinan mendapatkan fitur matched content dari google adsense

Ya ya ya, selain itu banyaknya konten dalam suatu kategori juga turut mempengaruhinya. Oleh karena itu blog niche lebih cepat berpotensi untuk mendapatkannya. Nah, blog gado-gado pun berpotensi jika jumlah artikel di kategori tertentu bisa mendominasi blog

Kyanya perlu di update lagi mas, soalnya blog saya cuma sekitar 60 artikel udah dikasih fitur matched content. Hehe..

Sepertinya kebijakan baru tentang matched content hampir berlaku untuk semua publisher adsense, hal ini diperkirakan karena google ingin membantu semua publisher dalam meningkatkan PPS, yang tujuannya untuk menghindari publisher melakukan kegiatan seperti klik ikan sendiri karena sepinya tayangan dan klik iklan. dan dalam hal lain google memahami, banyaknya publisher yang dibanned atau akunnya dinonaktipkan gara-gara tayangan iklan banyak, pengunjung banyak tapi yang klik iklan hampir tidak, nah sebagai penyemangat maka setiap publisher diberikan fitur tambahan yaitu matched content, supaya sekalipun klik iklan jarang tetap mendapat penghasilan dari PPS.

Kalo tempat terbaik untuk letak matched content di bawah artikel ya mas?

Ok sip gan. tercerahkan, saya juga beranggapan, why? kalo fungsinya sama aja dengan konten terkait yang sebelumnya sudah ada pada template blog sendiri.. bahkan untuk saya sendiri pada awal awalnya juga mengira ini adalah iklan hahaha... jadi gak saya klik.

Kayaknya sudah beda aturan sekarang. Blog saya yang punya artikel 230 dan traffic baru 500 - 1000 (histats) sudah bisa keterima :D

Mas kalau klik matched sendiri bisa kena pinalti gak?

Kurang tau juga, saya jarang sekali melihat iklan di blog sendiri, kalaupun mau lihat pasti saya keluar dari akun, bersih-bersih cache dan lain-lain. jadi belum pernah klik matched content

Sampai saat ini artikel udah mencapai 400 lebih tapi lom dapat apa penyebabnya ya mas? apa gara2 tidak update artikel setiap hari & nama domain sempat berubah?

pasti dapat, tapi untuk saat ini belum, coba di akalin dengan mengembalikan sekitar 20-30 artikel yang tidak begitu bagus mendapatkan trafik, lalu publish lagi satu persatu secara berkala.

Alhamdulillah gan, blog saya artikel 130an udah dikasih match content. Visitor gak begitu penting, yg penting rajin nulis artikel.

Kayaknya penentu dikasih match content bukan dari jumlah artikel. Perlu diteliti ini. Soalnya saya 130an baru dapet. Ada yg gak sampek 100 juga udah dapet.

Silahkan berkomentar dengan sopan dan tidak meninggalkan link aktip.

Terima Kasih.

EmoticonEmoticon