Jumat, Desember 02, 2016

Cara memfilter spam robot referral dengan fitur filter google analytics

Apapun alasannya spam tetap spam, seperti kejadian beberapa hari ini blog saya selalu mendapatkan pengunjung spam aneh dari negara rusia yang terdeteksi sebagai referral (rujukan). Tingkah laku spam ini sangat unik, kalau tidak ada pengunjung maka dia diam di beranda blog, tapi kalau pengunjung lagi banyak, kegiatannya mengikuti alur pengunjung dan jumlahnya bisa sampai puluhan, jelas tidak aman karena secara tidak langsung menghasilkan lalulintas ganda. Yang lebih unik lagi, spam referral robot ini tidak menimbulkan bounce rate tinggi, berbeda dengan spam referral robot pada umumnya yang pasti selalu menimbulkan bounce rate tinggi.

Cara memfilter spam robot referral dengan fitur filter google analytics

Akhirnya saya putuskan untuk memfilternya agar tidak berlanjut merusak refutasi blog saya dimata google. Kalau anda mengalami hal yang sama, tidak usah khawatir, cara mengatasinya tinggal anda filter lalulintas spam atau robot referral tersebut menggunakan filter di google analytics. tujuan dari memfilter spam ini agar laporan lalulintas blog tetap bersih tanpa trafik palsu yang disebabkan oleh spam referral ini.

Cara memfilter spam atau robot referral


Pertama Masuk ke google analytics lalu pada table menu pelaporan klik table dropdown akuisisi → semua lalulintas dan pilih refferral (rujukan).

Melihat url spam robot referral di google analytics

Kedua Catat url asal spam referral nya, biasanya ada beberapa url referral, anda jangan catat semuanya, cukup catat yang tingkah lakunya mencurigakan saja.

Ketiga Klik filter dan buat filter baru
  • Nama filter
  • Jenis filter
  • URL yang akan di filter tambahkan tanda \ sebelum .com. contoh www.iuetehspam\.com.

Lalu klik simpan.

Membuat filter spam referral di google analytics

Tunggu hasilnya dalam beberapa jam kedepan dan hasilnya seperti ini..

Hasil setelah difilter spam referral hilang

Spam referral langsung hilang.

Sekalipun spam tersebut tetap nongkrong diblog kita, tapi lalulintasnya tidak akan dilaporkan ke google analytics. dengan begitu trafik blog kita tetap murni tidak akan disisipi oleh lalulintas tidak wajar yang disebabkan oleh ulah spam referral tersebut.

Itulah cara mudah memfilter spam atau robot referral menggunakan fitur filter google analytics. Semoga bermanfaat.

3 comments

ane tah wis pasang, tapi penasaran dadi maca ning kene..... boleh kan????

Hehe sungkem maha guru, terima kasih sudah membaca cara memfilter spam robot referral di blog saya ini, semoga ada manfaatnya.

artikelnya bagus sob.. tapi ane masih belum paham bener cara filter spam refferal dari analystic .. takut berdampak lebih buruk lagi untuk kedepan.. sesekali, mampir ke blog ane sob.. www.kangwira.com

Silahkan berkomentar dengan sopan dan tidak meninggalkan link aktip.

Terima Kasih.

EmoticonEmoticon