Cara membuat artikel bergambar seo friendly untuk pemula

Artikel ini bisa dibilang pelengkap dari artikel saya sebelumnya tentang bagaimana cara membuat artikel SEO. Nah untuk artikel ini saya akan menjelaskan tentang cara membuat artikel yang menggunakan gambar atau artikel bergambar agar lebih SEO friendly.

Artikel terkait: Cara membuat artikel SEO Friendly.

Sebelum kita lanjut ke cara membuat artikel bergambar SEO friendly, sebaiknya saya jelaskan lagi tentang ciri-ciri artikel yang melengkapi syarat SEO, atau artikel yang cara pembuatannya menerapkan kaidah-kaidah SEO.

Artikel yang SEO friendly itu seperti apa?


Seperti yang sering dibahas di blog-blog atau situs yang bertemakan tentang tutorial SEO, kalau artikel yang SEO friendly itu adalah artikel yang..
  1. Judul dan URL mengandung kata kunci
  2. Menggunakan H1 tidak lebih dari 1 buah pada setiap laman
  3. Menggunakan H2 yang mengandung kata kunci kalau perlu
  4. Menggunakan H3 setelah H2 kalau perlu
  5. Menggunakan H4 setelah H3 kalau perlu
  6. Memuat kata kunci pada paragraf
  7. Memiliki teks minimal 300 kata (word)
  8. Mengulang kata kunci tidak lebih dari 5% berdasarkan kalkulasi
  9. Menyebutkan kata kunci pada paragraf terakhir
  10. Menggunakan deskripsi yang mengandung kata kunci dan merangkum isi artikel dalam deskripsi tersebut, tapi tidak boleh lebih dari 160 karakter
  11. Menggunakan gambar yang memuat kata kunci

Nah yang akan kita bahas disini adalah bagaimana cara memuat kata kunci pada gambar yang dipasang dalam artikel.

Cara membuat artikel bergambar seo friendly untuk pemula

Bagaimana cara membuat gambar untuk artikel yang mengandung kata kunci?


Sering dijelaskan, kalau setiap menambahkan gambar pada postingan, harus menggunakan alt text dan tittle text, agar mesin perayap lebih memahami arti dari gambar yang kita pasang dalam postingan tersebut.

Dan hal itu saya coba terapkan, setiap selesai membuat artikel, saya gunakan tools seo content editor untuk mengecek tingkat seo dari artikel yang saya buat tersebut. Tapi hasil akhir tidak pernah mencapai 100% seo, karena kesalahan "Tidak terdapat fokus keyword pada nama gambar".

Padahal setiap membuat gambar saya selalu memberi nama yang sama dengan kata kata kunci, seperti contoh artikel ini, saya memberi nama untuk gambar pemanis dan pelengkap artikel ini dengan nama "cara membuat artikel bergambar seo" lalu saya tambah kan alt text dan tittle text yang relevan.

Ketika saya cek menggunakan tool seo content editor hasilnya seperti ini..

Kesalahan pada cara membuat nama gambar untuk artikel

Gambar diatas menunjukan score SEO 96% dengan kesalahan fokus keyword, atau kata kunci untuk artikel ini tidak terdapat pada nama gambar.

Disitu saya mulai bingung, perasaan sudah saya kasih nama sesuai dengan kata kunci, kok dibilang belum ada nama? saya coba ganti gambar, saya beri nama lagi dan hasilnya tetap sama.

Lalu saya berpikir, yang membaca artikel ini kan manusia yang masuk lewat kata kunci yang mereka tulis dimesin telusur, lalu yang membuat artikel saya muncul dimesin telusur itu siapa? Robot crawel, nah akhirnya saya mendapat jawaban, kalau cara baca dan cara melihat gambar antara manusia dan robot itu berbeda.

Lalu bagaimana cara membuat nama untuk gambar agar dipahami oleh robot sehingga bisa menyimpulkan kalau nama gambar tersebut sesuai dengan kata kunci? ya cara menulis namanya harus benar.

Contohnya perhatikan gambar berikut:

Contoh cara memberi nama gambar untuk postingan yang salah

Contoh cara memberi nama yang benar untuk postingan

Jadi cara membuat nama gambar yang benar untuk postingan itu adalah mengganti spasi dengan tanda (-).

Dan hasilnya setelah saya ubah nama gambar untuk postingan saya ini, hasilnya sebagai berikut..

Contoh artikel dengan score seo 100%

Timbul pertanyaan, apakah artikel yang score SEO nya 100% pasti muncul di halaman pertama mesin pencari? jawabannya belum tentu, yang menjadikan artikel bisa muncul dan tetap bertahan di halaman pertama mesin pencari itu adalah manfaatnya bagi pembaca.

Semakin artikel tersebut bermanfaat, maka akan semakin banyak orang yang membaca dan semakin banyak orang yang membaca dan merasa ada manfaatnya, maka semakin bagus Page Authority dari artikel tersebut, dan semakin bagus Page Authority dari sebuah artikel, maka akan bertahan berada di posisi teratas mesin pencari.

Mungkin itu saja yang bisa saya sampaikan tentang cara membuat artikel bergambar seo, atau cara membuat gambar untuk pelengkap postingan agar lebih seo friendly. semoga bermanfaat.

Related Post:

7 komentar

Bagus artikelnya mas, jadi tambah wawasan..

Terima kasih sudah berkunjung mas, semoga setelah membaca artikel cara membuat nama untuk gambar postingan yang benar ini, banyak blog yang posisinya semakin baik di mesin pencari, tentunya termasuk blog mas St. Wahyu juga

Iya, jadi pingin nulis lagi dan ngetes di seo editor itu. Apakah hasilnya cukup lumayan?

Untuk hasil saya tidak begitu peduli dan memperhatikan, tapi yang paling saya tekankan adalah memeriksa jangan sampai kata kunci yang saya tulis melebihi batas aman yaitu density 5%, karena kalau lebih, sekalipun artikel kita bagus akan dianggap over optimization mas, dan terancam terkena sangsi dari google.

Menggunakan tool yang saya tulis dalam artikel sebaiknya dalam menulis tetap di blog, alat sejenis seo content editor hanya saya gunakan untuk mengecek saja, karena tool itu sejenis script ms word, yang kalau kita copy paste dari tool itu, harus menghilangkan script-scrypt yang membuat eror html.

Wah sangat bermanfaat suhu,
terima kasih info nya

Duh ada master singgah, hehe terima kasih atas kunjungannya mas Septian

Jadi tambah ilmu, ternyata begini ya membuat gambar pada artikel agar seo. thanks infonya mas.

Silahkan berkomentar dengan sopan dan tidak meninggalkan link aktip.

Terima Kasih.

EmoticonEmoticon