Belajar Perbaiki Sendiri Kipas Angin

Kipas angin merupakan perabotan rumah tangga yang bisa dibilang wajib semua keluarga memilikinya, terutama untuk kalangan menengah kebawah yang tidak mampu membeli AC. Namun untuk kipas angin buatan sekarang, sudah beda dengan kipas-kipas angin buatan dulu yang keawetannya lumayan terjamin, kipas angin keluaran sekarang sangat mudah sekali rusak. Dan karena harganya relatif murah, jarang sekali teknisi yang mau memperbaikinya, dengan alasan, ah murah ini, kalau diperbaiki, ongkos servisnya hampir harga, mending beli baru saja.

Nah daripada bawa kipas angin rusak ke teknisi ditolak dengan alasan seperti itu, dan kalau beli baru, semurah-murah nya kipas angin, paling tidak 100.000 sudah pasti uang keluar, daripada buang-buang uang, dan pastinya masih banyak keperluan lain yang membutuhkan uang, mending belajar cara memperbaiki kipas angin sendiri, siapa tau kerusakannya hanya kerusakan kecil saja, kan lumayan bisa menghemat biaya rumah tangga. Sebelum berlanjut ke cara memperbaiki kipas angin sendiri, sebaiknya ketahui dulu kerusakan yang umum, yang biasa terjadi terhadap kipas angin.

Belajar Perbaiki Sendiri Kipas Angin

Kerusakan umum pada kipas angin


Kebanyakan kerusakan pada kipas angin itu hanya sedeehana saja, walau terkadang ada juga yang kerusakannya agak lumayan berat, seperti lilitan kawatnya terbakar, tapi itu sangat jarang, yang umum kerusakan kipas angin itu, diantaranya:

  • Macet susah berputar
  • Putarannya pelan banget tidak mau kenceng
  • Tidak berputar sama sekali dan tidak menunjukan adanya aliran listrik yang masuk
  • Keluar asap atau terbakar.

Sekarang kita lanjut ke cara memperbaiki kipas angin, dengan mempelajari tanda-tanda kerusakan yang saya sebutkan diatas.


1. Kipas angin macet dan susah berputar.


Pada umumnya kipas angin yang susah berputar bisa terjadi karena 2 hal.
  • Pertama: AS angker macet karena kotoran dan debu. Bisa diperbaiki dengan cara membersihkan kotoran, lalu pada bagian AS nya diberi pelumas.
  • Kedua: Kapasitor starter nya lemah bahkan sudah putus. Bisa diperbaiki dengan cara menggantinya dengan kapasitor baru dengan ukuran yang sama.


2. Kipas angin putarannya pelan tidak mau kencang.


Untuk kerusakan kipas angin pelan dan tidak mau kencang, bisa terjadi karena debu dan kotoran seperti pada kerusakan yang pertama. Cara memperbaikinya cukup dengan membersihkannya dan memberi pelumas pada batang angkernya.


3. Kipas angin tidak berputar dan listrik tidak masuk


Kerusakan kipas angin yang tidak mau berputar sama sekali dan tidak ada pertanda kalau tegangan listrik masuk, biasanya terjadi akibat putus kabel AC dan putus fuse kecil yang terdapat dibagian lilitan (nempel di lilitan). Cara menperbaikinya anda harus menggunakan alat ukur, apakah kabel AC nya yang putus atau fuse nya yang putus.

Dalam membongkar bagian lilitan harus sangat hati-hati, karena kalau ceroboh bisa menyebabkan kawat lilitan yang sangat halus, malah jadi putus.


4. Kipas angin keluar asap


Penyebabnya sangat mungkin kalau lilitannya terbakar, dan kalau sudah seperti itu, alternatifnya dibawa ke tukang servis kipas, atau dibongkar sendiri keren nya dan membeli keren baru dengan bentuk dan ukuran yang sama.

Itulah cara belajar memperbaiki kipas angin sendiri yang bisa saya sampaikan pada kesempatan kali ini, semoga dari belajar hal-hal yang kecil, anda bisa jadi seorang teknisi kipas angin yang profesional.

Related Post:

2 komentar

Tambahannya mas, sebelum kipas rusak sering di bersihin. Biar tetep adem n gak gampang rusak..Mantap artikelnya mas.. sangat bermanfaat..

Hihi... iya betul, kalau perlu di kipas biar tambah adem

Silahkan berkomentar dengan sopan dan tidak meninggalkan link aktip.

Terima Kasih.

EmoticonEmoticon