Trik memperbaiki screen flyback (FBT) yang rusak

Semua teknisi saya yakin pernah menemukan kerusakan tv dengan masalah screen flyback (FBT) rusak, yang biasanya ditandai dengan gejala tegangan screen turun naik sendiri, screen tidak bisa dikecilkan, screen tidak bisa dibesarkan. Sebenarnya itu hal mudah kalau anda tau caranya, trik yang umum adalah dengan mengadopsi sistem kerja dari tv sony, yaitu membuat tegangan terpisah untuk screen dari out horisontal.

Tetapi masalah lain yang sedikit sulit dipecahkan yaitu susahnya mendapatkan potensiometer yang sama dengan yang digunakan oleh tv sony untuk mengatur besar kecilnya tegangan screen untuk G2 tabung tv. Sobat tidak perlu repot, kali ini saya akan membagikan triknya.

Caranya sangat simple dan alat yang dibutuhkan tidak banyak dan mudah sekali dapat. Yaitu cukup dengan memasang beberapa buah dioda yang dipasang secara seri dari out horisontal (pin kolektor) flyback menuju grid 2 (G2) tabung crt.

Trik memperbaiki screen flyback (FBT) yang rusak

Rangkaian pada gambar diatas menggunakan dioda sebanyak 6 buah yang disusun secara seri, dioda yang biasa saya pakai adalah dioda IN 4007.

Apakah cukup dengan memasang 6 buah dioda? tentu tidak jadi patokan, karena yang menentukan adalah intensitas dari crt yang flyback nya bermasalah tersebut.

Yang perlu anda ketahui adalah ketika 1 buah dioda terpasang ke output horisontal maka akan membangkitkan tegangan dc sekitar 1000 volt, nah dioda-dioda selanjutnyalah yang menentukan berapa volt yang akan masuk ke kaki G2 crt, sebagai patokan saya biasa menggunakan 6 buah dioda dulu, dan pada hasil akhir sampai menghasilkan tegangan yang pas untuk pencahayaan sebuah crt, terkadang harus menambah jumlah dioda, terkadang harus mengurangi jumlah dioda.

Itulah trik memperbaiki screen flyback yang rusak dengan mudah. Teknisi itu harus selalu punya cara sederhana dengan hasil tetap prima. semoga bermanfaat.

3 komentar

mohon d bantu om,, samsung 29 slim ,,Fbt JF0501-91911 ,,tegangan fokus scren gak ada ,, coba d cangkok mash gak brehasil ,,,, ada solusi lain kah selain ganti fbt

Coba dipastikan dulu apakah tegangan fokus dan screen ada sebelum dipasang ke socket RGB? kalau memang tidak ada jalan satu2nya adalah ganti FBT, karena untuk membangkitkan tegangan fokus itu yang agak sulit.

Silahkan berkomentar dengan sopan dan tidak meninggalkan link aktip.

Terima Kasih.

EmoticonEmoticon