Sumber trafik non organik terbaik untuk meningkatkan visitor ke blog

Lagi-lagi membahas tentang trafik blog. Kali ini saya akan menjelaskan tentang sumber trafik non organik yang baik untuk meningkatkan visitor ke blog. Trafik itu ibarat makanan dan nyawa yang akan menambah umur blog, semakin banyak trafik maka semakin panjang umur blog itu, tapi karena kita terbelenggu oleh SEO, dengan terus memaksa agar trafik datang dari sumber organik yaitu pengunjung yang masuk lewat kata kunci yang ditulis dimesin telusur, sumber trafik non organik yang tidak kalah pentingnya ini sering diabaikan. Padahal, menurut data analytics yang saya amati, hampir 30% pendapatan google adsense saya berasal dari sumber trafik non organik ini.

Apa saja sumber trafik non organik yang baik untuk perkembangan blog?

Tiada lain adalah google+. Sepertinya hal ini kurang kita sadari, sehingga keberadaannya sering diabaikan dan tidak dianggap penting. padahal google sangat merekomendasikan untuk mengshare setiap artikel yang dibuat ke google+. hal itu bisa diyakinkan dengan tidak dihilangkannya fitus berbagi secara manual dan otomatis ke google+ yang ada di menu blogger.

Sumber trafik non organik terbaik untuk meningkatkan visitor ke blog

Kita semua tau, kalau google+ ini dihuni oleh puluhan juta pengguna dari berbagai sumber, dan termasuk para blogger didalamnya.

Coba kita perhatikan, kalau kita punya pengikut di google+ misalnya 500 pengikut, lalu dalam satu hari kita mampu mempublikasikan 5 artikel. Secara hitungan matematika, kalau 50% saja yang mengklik tautan yang kita bagikan ke google+, 5x250=1250 visitor perhari, kalau setiap pengikut yang mengklik tautan masuk lalu membuka 1 halaman lain yang ada di blog kita, berarti dalam satu hari blog kita kita akan mendapat 1250 visitor dan 2500 pageview.

Sungguh sangat luar biasa kalau menurut saya, apalagi kalau ditambah dengan visitor organik, sudah berapa banyak dalam sehari, saya sangat yakin kalau hal ini kita sadari maka kita akan terlepas dari perangkap SEO. membabi buta membuat artikel yang kalimatnya tidak jelas, yang tujuannya hanya untuk menampilkan artikel di halaman utama mesin pencari, agar mendapat visitor dari sumber organik.

Bagaimana cara mendatangkam visitor non organik dari google+?

Ada 2 hal pokok yang harus dilakukan oleh setiap webmaster agar selalu mendapat kunjungan rutin dari sumber trafik non organik tapi berkualitas yaitu google+ ini. Diantaranya:

#. Perbanyak pengikut dan yang di ikuti di google+

Semakin banyak pengikut dan yang kita ikuti, maka semakin terbuka peluang untuk mendapatkan banyak visitor. Tapi kita juga perlu adil dalam hal ini, jangan hanya ingin dikunjungi saja, tapi harus rutin juga mengunjungi atau mengklik tautan dari yang kita ikuti di google+.

#2. Membuat konten yang enak dibaca dan informatif

Memang tidak munafik sih, terutama yang terjadi pada diri saya, sekalipun saya mengikuti banyak teman di google+ tapi jujur, saya tidak bisa menyamakan waktu kunjungan ke blog teman-teman, ada yang membuat saya betah, ada juga yang membuat saya cepat-cepat keluar. alasannya yaitu konten atau artikel yang kurang menarik atau kurang baik untuk dibaca. seperti konten-konten berbau politik, jujur saya sangat tidak suka.

Dan yang terakhir yang penting adalah kesadaran masing-masing, kenapa visitor yang belum tentu suka dengan artikel yang kita tulis, kita paksa masuk, sementara teman sendiri yang mengikuti dan yang kita ikuti sering kita abaikan? karena kurang nya kesadaran dari pribadi masing-masing.

Dari itu saya mengajak sesama blogger, marilah saling mengunjungi satu sama lain tapi dengan catatan jangan saling mengklik iklan adsense yang ada di blog masing-masing, karena hal itu jelas-jelas bertentangan dengan kebijakan adsense.

Biarlah yang mengklik iklan itu pengunjung yang datang dari sumber organik dan dengan kesadarannya sendiri, jangan sesekali kita memaksakan kehendak pengunjung, apalagi dengan memaksa pakai cara-cara yang kurang baik, seperti memasang iklan melayang yang menghalangi artikel untuk dibaca, dan akhirnya malah membuat kesal para pengunjung.

Mungkin itu saja yang bisa saya sampaikan tentang sumber traffic non organik terbaik untuk meningkatkan visitor ke blog yang sering kita abaikan. semoga artikel ini bermanfaat.

2 komentar

hmm... Betul sekali G+ sangat bermanfaat. Saya memanfaatkan G+ untuk berbagi dan berbincang-bincang/

Terima kasih

gan tempat ane kok blognya sepi ya ? kadng cuman ada 2 pengunjung padahal udah halaman pertama untuk pencarian nama blognya.... dan lagi artikelnya sudah lumayan banyak padahal, cman memang konten nya terbilang kurang menarik karena hanya berisi artikel pendapat pribadi saja... kira apa yang harus saya lakukan ya?

ini gan blognya www musinah com

Silahkan berkomentar dengan sopan dan tidak meninggalkan link aktip.

Terima Kasih.

EmoticonEmoticon