Rabu, November 23, 2016

Sharp gambar melebar setelah penggantian yoke defleksi

Memang sudah menjadi masalah yang umum kalau mengganti yoke defleksi khususnya tv sharp pasti timbul problem baru, yaitu gambar horisontal terlalu lebar. hal itu terjadi karena nilai impedensi ohm pada yoke asli bawaan tv sharp memiliki ukuran lebih panjang dari kebanyakan yoke defleksi yang umum dijual dipasaran. untuk mengatasi masalah gambar terlalu lebar setelah mengganti yoke bisa dibilang enteng-enteng susah, karena kalau salah langkah bisa menyebabkan transistor horisontal rusak.

Saya akan memberikan 2 tahapan cara mengatasi gambar yang terlalu lebar setelah pergantian yoke defleksi agar hasilnya bagus dan aman untuk komponen lain terutama untuk mengamankan transistor horisontal dari resiko kerusakan akibat salah langkah teknis.

Cara mengatasi gambar terlalu lebar setelah mengganti yoke defleksi tv sharp


Berikut ini cara mengatasi gambar terlalu lebar setelah ganti yoke tv sharp


Harap dilakukan dengan sangat hati-hati dan teliti.

Pertama Ganti 2 buah kapasitor dibagian horisontal.

Kapasitor mana saja yang harus diganti?

1. kapasitor dumper yang menghubungkan kaki kolektor transistor horisontal ke ground dengan nilai yang lebih kecil antara 10-20%.

Contohnya kapasitor aslinya berukuran 6.8 pf 2000 volt ganti dengan kapasitor 5.6 pf 2000 volt.

2. Kapasitor yang menghubungkan kabel yoke warna biru ke ground dengan ukuran yang lebih besar. kalau ukuran aslinya 220 nano farad 250 volt ganti dengab 330-470 nano farad 250 volt.

Setelah penggatian 2 kapasitor tadi, pasti gambar sudah mulai mengecil, tapi belum menunjukan hasil yang sempurna.

Kedua Tambahkan lilitan sebelum kabel biru menuju kaki yoke defleksi horisontal.

Cara menambahkan lilitan pun ada 2 cara yang bisa anda lakukan, yaitu:

1. Menambahkan sejumlah lilitan pada batang ferit dengan kawat email yang memiliki ukuran 2 kali kawat yoke sebelum titik kaki yoke defleksi warna biru.

Kalau kawat yoke defleksi menggunakan ukuran 0.5 mm, maka gunakan kawat 1 mm. hal tersebut untuk menghindari panas berlebih yang akan terjadi pada lilitan kawar akibat digunakan sebagai tahanan.

Jumlah lilitan tidak ada ukuran pasti dalam hal ini, karena besar kecil ferit dan resonasi kawat email yang digunakan tentunya memiliki perbedaan. coba dengan menambahkan 20-30 lilitan dulu dan kalau hasil masih terlalu lebar, silakan tambahkan lagi jumlah lilitannya, sampai hasil gambar benar benar sempurna.

Setelah dihasilkan gambar yang sempurna, anda perlu mencatat jumlah lilitan, agar ketika mengalami masalah yang sama anda punya tolak ukur untuk jumlah lilitannya.

Catatan: pemasangan lilitan tidak boleh terbalik karena bisa menyebabkan gambar menggeser kekiri atau kekanan.

2. Menambahkan lilitan sebelum kabel biru menuju titik kaki yoke defleksi kedalam ferit flyback.

Caranya dengan memotong kabel yoke yang berwarna biru lalu disambung dengan kabel yang seukuran dengan kabel biru tersebut. gunakan kabel yang berbahan dasar tembaga agar induksinya bagus dan tidak memerlukan terlalu banyak lilitan.

Jumlah lilitan tidak ada patokan, potong 2 meter kabel untuk menyambung dan lilitkan dulu kebatang ferit flyback sebanyak 5-7 lilitan dulu, silahkan perhatikan hasil gambar yang didapat. kalau gambar malah tambah lebar berarti anda salah mengambil arah lilitan, kalau tadi anda melilitkan searah jarum jam dan menghasilkan gambar bertambah lebar, silahkan rubah kearah sebaliknya.

Kalau hasil sudah menujukan gambar mengecil tapi belum sempurna, silahkan tambah lagi lilitannya sampai hasil yang diperoleh benar-benar sempurna.

Itulah 2 langkah cara mengatasi gambar yang terlalu lebar setelah mengganti yoke defleksi pada tv sharp.

Silahkan berkomentar dengan sopan dan tidak meninggalkan link aktip.

Terima Kasih.

EmoticonEmoticon