Sabtu, November 19, 2016

Samsung model CS-20F10 ada suara tidak ada gambar

Entah yang keberapa kali menemukan kerusakan tv samsung dengan gejala suara ada tapi gambar tidak ada, kali ini terjadi pada samsung model CS-20F10.

Kerusakan dengan gejala ada suara tapi tidak ada ganbar pada tv merk samsung sering diakibatkan oleh tidak bekerjanya rangkaian horisontal, atau pin output horisontal di kaki ic TDA 9381 nya tidak mengeluarkan sinyal pulsa horisontal.

IC terasa panas seperti menunjukan keeusakan pada IC, dan banyak yang mengira kalau kerusakan memang terdapat pada IC nya. kecurigaan itu tidak selalu benar, bahkan lebih sering salahnya.

Kalau sobat menemukan gejala seperti yang saya sebutkan diatas coba periksa kapasitor dari kaki transistor horisontal menuju pin F/B IC TDA 9381, kerusakan biasanya kapasitor tersebut bocor sekitar 100kohm dan menyebabkan output horisontal cut tapi untuk rangkaian lain seperti IF output vertikal output rgb tetap bekerja.

Samsung model CS-20F10

Nilai kapasitor antara 470fp sampai 680fp saya coba tetap bekerja dengan baik, dan setelah kapasitor diganti tv langsung menyala dengan sempurna.

Samsung model CS-20F10

Kerusakan dengan kasus yang sama juga sering terjadi terhadap tv samsung model lain yang menggunakan sinyal h-sync dari kaki kolektor transistor hotrisontal.

Itulah cara memperbaiki tv samsung model CS-20F10 yang rusak dengan gejala suara ada gambar tidak ada. semoga bermanfaat.

Silahkan berkomentar dengan sopan dan tidak meninggalkan link aktip.

Terima Kasih.

EmoticonEmoticon