Potensi blog untuk generasi muda berbakat

Potensi blog untuk generasi muda - Asal kata potensi itu memiliki arti yang sangat luas, bisa merupakan kemampuan, kekuatan, peluang, baik yang belum terwujud maupun yang sudah terwujud yang dimiliki seseorang, tetapi belum sepenuhnya terlihat atau dipergunakan secara maksimal, itu semua disebut sebagai potensi.

Terus kalimat selanjutnya adalah blog. Blog menurut wikipedia merupakan singkatan dari web log, atau bentuk aplikasi web yang berbentuk tulisan-tulisan yang dimuat sebagai postingan (artikel) pada sebuah halaman web. Jadi kalau kita sambungkan menjadi potensi blog untuk generasi muda yang punya bakat atau berbakat menulis.

Potensi blog untuk generasi muda berbakat

Mungkin ada sebagian orang bertanya, memangnya sebesar apa sih potensi blog untuk generasi muda itu? dan apa saja nilai potensialnya? Nah disini saya akan menjelaskan 11 potensi blog untuk genaris muda yang wajib diketahui. Silahkan simak baik-baik.

Berikut 11 potensi blog untuk generasi muda berbakat yang wajib diketahui


1. Potensi dalam menghasilkan uang dari menulis

Jadi seorang blogger tentu pekerjaannya tidak akan lepas dari hal tulis menulis, terutama di blog milik sendiri, tapi untuk bisa menghasilkan uang dari kepiawaian menulis tdak terpaku hanya jadi penulis di blog milik sendiri saja, bisa juga jadi penulis untuk blog milik orang lain.

Bahkan menurut pengamatan, yang paling cepat mendapatkan penghasilan dari hobi menulis itu justru penulis artikel lepas, atau hanya menulis artikel untuk dijual ke blog-blog yang membutuhkan, dengan begitu mereka bisa pasang harga yang sesuai dengan kualitas artikelnya, semakin unik sebuah artikel, maka harga jualnya pun akan semakin tinggi.

Melihat jarangnya minat anak muda yang tertarik untuk terjun ke dunia blogging sangat minim, terkadang saya tidak habis pikir, saya yang sudah menginjak usia setengah baya juga masih semangat menekuni dunia blog, tapi mereka yang masih muda seolah memandang sebelah mata terhadap hal atau sesuatu yang luar biasa ini.

Padahal seandainya mereka tau tentang potensi blog untuk generasi muda terutama yang punya bakat menulis, pasti mereka akan mulai tertarik dan pada akhirnya akan lahir generasi-generasi baru didunia blog untuk masa yang akan datang.


2. Potensi dalam hal mendapatkan pekerjaan

Untuk mendapatkan sebuah pekerjaan yang layak dan terhormat dijaman serba maju sekarang ini, paling tidak dasar pendidikan kita itu S1 lah, kalau hanya lulusan SMA saya yakin untuk saat sekarang sangat sulit untuk mendapatkan pekerjaan yang layak. Nah bagi anda yang tidak memiliki dasar pendidikan yang tinggi, tidak punya modal ijazah yang bisa dijadikan modal untuk melamar pekerjaan, kenapa tidak melirik dunia blog?

Membuat blog itu gratis tidak usah membayar mahal, tidak perlu gelar sarjana, tidak perlu ijazah, dan tidak perlu modal yang banyak, paling hanya sekedar internet dan komputer, kalau tidak punya komputer, bisa menggunakan perangkat handphone, saya rasa hampir semua anak muda pasti memiliki handphone.

Mungkin hanya 1 dari 1000 saja didunia ini anak muda yang tidak punya handphone, yang terpenting ada niat untuk menggali potensi dari blog ini untuk membuka lapangan pekerjaan sendiri, khususnya untuk para generasi muda.


3. Potensi agar terhindar dari hal-hal negatif

Jujur saya sangat prihatin kalau melihat kenyataan yang terjadi pada generasi muda sekarang ini, puluhan anak muda nongkrong di warnet hanya untuk hal-hal yang tidak jelas, paling bagus yang mereka lakukan itu hanya bermain gamme, dan lebih parah lagi, banyak yang menyalah gunakan internet, yang pada dasarnya internet itu diciptakan untuk menjadikan penggunanya semakin mudah dalam mencari sumber ilmu dan pengetahuan, ini malah mereka gunakan untuk hal-hal yang kurang baik.

Sudah sangat banyak generasi muda yang masa depannya hancur gara-gara menyalah gunakan internet, hampir tiap hari, tiap jam, tiap menit bahkan seriap saat kita mendengar tentang kejadian-kejadian memalukan dan memprihatinkan yang terjadi kepada para generasi muda.

Baik berita yang tersebar lewat media masa juga berita yang tersebar di blog dan media sosial, media masa dan media elektronik, sampai membuat merinding bulu kuduk saya kalau sudah dihadapkan dengan pemberitaan yang negatif tentang generasi muda saat ini, mau dibawa kemana arah masa depan generasi muda ini.

Coba saja salah satu dari mereka ada yang sudah mengenal tentang cara mencari uang yang banyak dari internet lewat cara menjadi seorang blogger dan penulis di blog, pasti lambat laun akan banyak teman segenerasinya yang akan penasaran dan tertarik untuk ikut terjun mendalami dunia blog ini, dan sudah pasti secara perlahan bisa membuat mereka terhindar dari pengaruh negatifnya internet.


4. Potensi dalam mengasah kecerdasan otak

Jadi blogger itu kerjanya tidak jauh dari memutar otak, memikirkan artikel apa yang sekiranya diminati banyak orang, memutar otak untuk menulis artikel yang enak dibaca oleh pengunjung, memutar otak mencari ide-ide baru agar pengunjung makin suka berkunjung balik ke blog anda, atau ke blog yang artikelnya buatan anda.

Semakin sering memutar otak, maka sudah pasti kecerdasan akan makin terlatih dan tambah terasah, jangan pernah berpikir kalau otak semakin digunakan akan berkurang, justru semakin di gunakan akan semakin terlatih dan semakin cerdas, jadi potensi blog untuk generasi muda itu bisa membuat otak para generasi muda menjadi cerdas.


5. Potensi dalam melatih kedewasaan diri

Semakin sering kita menulis, semakin sering dihadapkan dengan pertanyaan-pertanyaan dari komentar di blog, akan melatih jiwa muda menjadi lebih dewasa, karena hampir 60% yang akan berkunjung ke blog itu adalah orang dewasa, belum lagi nanti akan dihadapkan dengan permasalahan yang biasa terjadi dalam dunia blogging, seperti artikel di copas orang, atau ada komentar yang mengkritik tajam dan lain sebagainya, menyikapi hal seperti itu diperlukan sikap yang lebih dewasa, arif dan bijaksana.

Selain itu kebiasaan dalam menulis artikel di blog pun akan berpotensi menjadikan diri generasi muda menjadi semakin dewasa, karena dalam hal menulis tentunya ditujukan untuk semua kalangan, dari anak kecil sampai orang tua sekalipun, dari kebiasaan yang terus menerus tersebutlah secara alami akan membentuk pribadi yang makin dewasa.


6. Potensi dalam melatih kesabaran

Untuk sukses di dunia blog itu tidak bisa diraih dengan satu langkah saja, perlu beberapa tahapan, dari mulai membuat blog, membuat konten atau artikel, mencari pengunjung, membuat betah pengunjung, melihat minat pengunjung, dan tidak cukup disitu saja, agar bisa mendapatkan penghasilan dari blog itu harus melalui beberapa cara juga. Diantaranya:
  • Menjadi publisher adsense, dengan jalan mendaftarkan blog ke adsense, dan mulai mendapatkan penghasilan kalau pendaftarannya diterima
  • Melalui program afiliate dengan cara memasang banner afiliate di blog, dan baru akan mendapatkan komisi kalau ada yang masuk ke penyedia afiliate lewat banner tersebut.
  • Menawarkan langsung blog kepada pengklinan, dan biasanya baru disetujui kalau blog nya sudah mapan dalam hal traffik.

Dan masih banyak lagi cara yang bisa ditempuh, yang kesemuanya itu memerlukan kesabaran tingkat tingkat tinggi, dengan berjalannya waktu, dan yang jelas potensi blog untuk generasi muda ini bisa membentuk diri menjadi lebih penyabar.


7. Potensi dalam menambah wawasan

Sudah pasti bergelut didunia blog ini memerlukan berbagai sumber wawasan, dan dalam mencarinya diharuskan menjelajahi hampir semua blog yang ada di dunia, tak terbatas itu blog berbahasa indonesia, atau bahasa inggris dan bahasa-bahasa lain dari segala penjuru dunia, dengan begitu otomatis wawasan kita akan semakin luas, kita jadi akan lebih tau tentang dunia blog dan dunia internet marketing yang ada di seluruh dunia.

Bahkan tidak hanya sebatas dunia blog dan dunia internet marketing saja, kita akan mengenal beraneka macam peluang bisnis yang bisa dijalankan melalui kegiatan blogging, yang pastinya wawasan kita akan semakin luas, bukankah itu merupakan suatu potensi juga dari blog untuk generasi muda? kalau menurut saya sih merupakan potensi yang sangat luar biasa.


8. Potensi dalam mencari teman yang sejalan

Setiap blogger pasti akan mencari group atau forum yang membahas topik yang sama dengan blognya, belum lagi google sebagai pemilik blog berflatfom blogspot.com ini, menyediakan fasilitas gratis untuk berbagi artikel, yaitu google +. Dimana jutaan orang dari seluruh penjuru dunia berkumpul disitu untuk membahas dan menggunakan segala fasilitas gratis milik google.

Sudah pasti potensi untuk mendapat banyak teman yang bisa dijadikan tempat saling tukar informasi sangatlah mudah. Ternyata kalau ditelaahi lebih dalam lagi, sangat banyak potensi blog untuk generasi muda ini, tinggal menuggu kesadaran para generasi muda untuk memulainya.


9. Potensi untuk full time menjadi seorang blogger

Usia masih muda, semangat masih membara, beban hidup pasti masih sedikit, apa salahnya kalau generasi muda full time bekerja sebagai blogger? Dan tentunya dengan kerja keras, potensi untuk meraih sukses dengan jalan menjadi blogger full time, atau sehari-harinya menghabiskan waktu diblog akan semakin dekat.

Kalau seseorang sudah pernah merasakan manisnya madu penghasilan dari blog, pasti tidak akan begitu peduli dengan pekerjaan lain. Bahkan tidak sedikit orang yang memutuskan berhenti kerja untuk fokus mengelola blog nya.


10. Potensi blog untuk generasi muda dalam mencari pasangan hidup

Nah ternyata potensi blog untuk generasi muda ini bisa jadi jalan untuk mencari pasangan hidup, anda tau apa arti pasangan hidup? Jodoh, kalau anda seorang laki-laki berarti berpotensi bisa mendapatkan pasangan hidup yaitu perempuan, begitu juga kalau anda seorang perempuan, sangat terbuka kesempatan bisa mendapatkan pasangan hidup seorang laki-laki yang profesinya sama-sama seorang blogger.

Sudah bisa anda bayangkan, bagaimana jadinya apabila suami istri sama-sama sebagai seorang blogger atau seorang penulis di blog, banyak sekali potensi positif yang akan dirasakan dan didapatkan dibandingkan dengan potensi negatif, jadi sekali lagi saya tegaskan, segeralah lisrik dunia blog sejak dini, dan rasakan berbagai potensi positifnya bagi kehidupan para generasi muda.


11. Potensi dalam menata masa depan yang lebih baik

Seperti pepatah, kalau kita menanam padi pasti akan berbuah padi dalam jumlah yang jauh lebih banyak. Tidak ada bedanya dalam hal membangun blog dan artikel, semakin banyak artikel yang kita buat, dan semakin banyak orang yang merasakan manfaatnya, maka sudah pasti setiap saat penghasilan akan bertambah.

Bukankah kita sering mendengar tentang kisah-kisah orang sukses dari dunia blog, mereka bisa menghasilkan uang ratusan bahkan sampai ribuan dollar dalam sebulan, malah ada juga yang sampai ribuan dollar sehari, sungguh sangat luar biasa, padahal yang mereka kerjakan apa? tidak lebih dari menulis dan menulis, dan tulisannya itulah yang berbalik mensejahterakan dan membawa mereka kepintu kesuksesan.

Ibaratnya orang berduit berinvestasi diperusahaan, menanam modal dipasar saham. nah anda sebagai generasi muda yang tidak punya modal, cukup berinvestasi lewat tulisan di blog, rasakan saja dalam kurun waktu beberapa bulan atau tahun kedepan sudah pasti investasi yang anda tanam akan menghasilkan buah manis dan lezat, yang disebut kesuksesan.

Mungkin itu saja yang bisa saya jelaskan tentang potensi blog untuk generasi muda yang punya bakat dan kemampuan menulis, didalam menata kehidupan yang lebih baik dimasa depan. Semoga bermanfaat.

Related Post:

4 komentar

Betul mas flyin dvb, tapi yang belum kami pahami, bagaimana cara memulai mendapatkan uang dari blog tersebut, mohon penjelasan rincinya, terima kasih

Banyak sekali cara mas, yang penting blognya populer dulu dan banyak visitornya, nanti juga banyak penawaran, seperti yang mau pasang iklan, atau cara yang paling umum adalah mendaftarkan blog nya ke google adsense, dengan catatan, artikel di blognya sudah cukup, dan sudah berpotensi mendapat banyak pengunjung, selain itu potensi blog untuk generasi muda untuk menghasilkan uang itu, bisa juga lewat jadi penulis di blog orang lain, bnyk sekali blog yang nencari penulis dan siap membayar setiap konten yang ditulis, pokoknya gali terus potensi yang bisa menghasilkan uang untuk generasi muda.

Jarang sekali yang berani memporsikan diri untuk menjadi fulltime blogger mas, lebih banyak mengabiskan waktu buat keluyuran yang jelas-jelas tidak membuat potensi diri untuk berkembang. ditunggu kunbalnya mas

Betul sekali mas, alangkah sangat di sayangkan potensi blog untuk generasi muda yang yang berharga ini masih sangat kurang diminati.

Silahkan berkomentar dengan sopan dan tidak meninggalkan link aktip.

Terima Kasih.

EmoticonEmoticon