Polytron gambar vertikal tidak penuh dan juga cacat

Semakin kesini rupanya produsen-produsen televisi sudah tidak begitu menguji komponen yang akan digunakan pada produk yang dibuatnya. Salah satu contoh yang sering saya jumpai yaitu tv polytron yang sering ditemukan komponen yang pada fisiknya terlihat masih baru dan memang umur televisinya masih tergolong baru. pengalaman hari ini menangani tv polytron yang rusak bagian vertikal dengan gejala gambar vertikal tidak penuh dan bergaris.

Cara mengatasi kerusakan tv polytron cacat/rusak vertikal

Kalau dilihat dari fisik komponen memang sangat kecil kecurigaan kalau komponen seperti elko yang terlihat masih seger bisa rusak.

Tapi jangan salah, menangani kejadian seperti itu bukanlah hal yang baru. bisa dibilang komponen elko pada tv polytron keluaran sekarang lebih buruk dari elko tv cina, kita semua pasti sudah sangat kenal dengan istilah elko gembung pada cina, dan wajar kalau di claim rusak.

Cara mengatasi kerusakan cacat vertikal pada tv polytron


Kalau diantara sobat teknisi menemukan gejala yang sama seperti gambar diatas, jangan biingung dan jauh-jauh mencurigai ic vertikal rusak, anggaplah kalau rusak ic vertikal 78041 itu nomer 18 nya.

Ambil volt meter, nyalakan tv lalu ukur tegangan simetris positif dan negatif ke ground. kalau negatif menunjukan 12 volt dan negatif menunjukan 10.7 volt, sudah pasti yang rusak adalah elko regulator vertikal dengan nilai 220 uf 25 volt.

Kalau ketika melakukan pengukuran tv protect maka copot dulu tegangan protect pada ic HBT nya lalu ganti dulu tegangannya jangan ngambil dari vertikal, tapi ngambil dari tegangan 5 volt stanby. karena pada posisi tv rusak vertikal seperti itu kemungkinan tegangan untuk protect akan sangat lemah dan menyebabkan tv protect.

Setelah semua elko filter regulator di ganti dan gambar tv sudah normal, silahkan kembalikan lagi jalur protectnya kesemula.

Catatan penting: demi kualitas servis sebaiknya ganti saja semua elko dibagian vertikal, agar tidak terjadi keluhan lain setelah beberapa hari tv dinyalakan oleh pemiliknya. karena bisa saja elko-elko yang lain yang belum diganti ikut nyusul rusak.

Itulah cara memperbaiki masalah kerusakan tv polytron yang cacat/rusak bagian vertikal. semoga bermanfaat.

Related Post:

Silahkan berkomentar dengan sopan dan tidak meninggalkan link aktip.

Terima Kasih.

EmoticonEmoticon