Sabtu, November 05, 2016

Pengalaman memperbaiki receiver getmecom z yang mati total

Kali ini saya mau berbagi pengalaman memperbaiki receiver getmecom z yang mati total, ceritanya itu receiver bekas di perbaiki oleh tuser (tukang servis) lain dan dinyatakan kalau cpu nya konslet.

Pengecekan awal yang saya lakukan adalah mengukur tegangan output adaptor/power suplay nya, hasil pengukuran ternyata masih normal, lalu pemeriksaan berlanjut ke bagian motherboar pcb nya, ketika power suplay dimasukan hasilnya tegangan jadi drop dan berdenyut dikisaran 1/2 volt saja.

Pengalaman memperbaiki receiver getmeicom z yang mati total

Oh mungkin itu yang menyebabkan tuser lain mengklaim kalau yang rusak adalah cpu motherboardnya. tapi berawal dari rasa penasaran yang berdasarkan pengalaman, saya rasa paling kapasitor bentuk tahunya aja yang konslet.

Cek dan ricek ternyata benar kerusakan terletak pada kapasitor filter dari tegangan input positif ke ground. cukup di congkel sampai lepas akhirnya receiver kembali nyala dengan normal. perhatikan kapasitor dengan kode pcb C 269 yang saya congkel lepas.

Pengalaman memperbaiki receiver getmecom z yang mati total

Jadi buat para teman sesama teknisi, untuk memastikan sebuah kerusakan sebaiknya perhatikan dari mana datangnya arus, melalui apa dan tujuannya kemana, periksa semua jalur dari depan dulu atau bagian input sampai ketitik paling akhir.

Kalau anda mencurigai yang konslet adalah IC A misalnya, putus dulu kaki input tegangan utama nya, kalau setelah ic dilepas sudah tidak lagi ditemukan beban singkat (konslet) baru anda klaim kalau yang rusal memang ic nya.

Cerita di atas hanya sebatas berbagi pengalaman tidak ada maksud menggurui. mudah-mudahan pengalaman saya dalam menangani kerusakan receiver getmecom z yang mati total ini ada manfaatnya buat teman-teman sesama tekhnisi.

Salam solder.

6 comments

Klo tidak ada sinyal gimana pak apa yg prl di ganti getmeZ

kerusakan tidak ada sinyal bisa diakibatkan oleh 3 hal,

Pertama:tunner rusak
kedua: IC untuk dc to dc inverter yang menaikan tegangan 12 volt ke 13/18 volt rusak.
ketiga: gagal software.

Saran coba ganti dulu software, kalau hasil tetap tidak ada sinyal berarti kerusakan antara poin kesatu dan kedua.

Klw hanya mata biru yg nyala disebabkan krn pada saat proses upgrade tiba2 listrik padam.

Gan..kalau hdmi ouputny gk muncul gmn??

kemungkina driver hdminya rusak, bisa juga karena kabel yang rusak mas

Gan bisa memperbaiki receiver getmi new wifi zplay. Gagal upgarde mati total led sama sekali gak nyala

Silahkan berkomentar dengan sopan dan tidak meninggalkan link aktip.

Terima Kasih.

EmoticonEmoticon