Menghitung rumus kapasitor elektrolit (ELKO) seri dan paralel

Elko atau kapasitor elektrolit merupakan komponen penting dalam sebuah rangkaian elektronik. nah Pada kesempatan kali ini saya akan berbagi cara menghitung rumus elko atau kapasitor elektronik apabila dipasang secara seri atau dipasang secara paralel. Kenapa Anda harus mengetahui hitungan kapasitor apabila dipasang secara seri atau paralel karena Adakalanya rumus tersebut terpaksa kita gunakan apabila keadaan mendesak.

Menghitung rumus kapasitor elektrolit (ELKO) seri dan paralel

Contoh sederhana nya, terkadang ketika kita sedang melakukan kegiatan service di suatu tempat yang jauh dari tempat belanja komponen elektronik, terus kita mendapati sebuah elko yang misalnya berukuran 4,7uf 50 volt rusak. Terus persediaan komponen Elko yang anda bahwa hanya berukuran 10 uf 50 volt nah pertanyaannya Apakah elko berukuran 10uf 50 volt bisa digunakan untuk mengganti elko berukuran 4,7 uf 50 volt? jawabannya sangat bisa, asal anda tahu cara menghitung rumus kapasitor apabila dipasang secara seri atau secara paralel.

Rumus hitungan elko apabila dipasang secara seri


Elko atau kapasitor elektrolit apabila dipasang secara seri maka ukuran voltasenya akan bertambah dan ukuran mikro farad nya akan berkurang seperti contoh 2 buah elko yang masing-masing berukuran 10 mikro apabila dipasang secara seri akan menjadi 4,7uf dan kalau elko 10 uf tadi memiliki voltase 50 volt apabila dipasang secara seri nilainya akan menjadi 100 volt.

Rumus hitungan elko apabila dipasang secara paralel


Elko yang dipasang secara paralel hitungannya akan berbalik 180 derajat dengan elko yang dipasang secara seri contoh 2 buah Elko dengan ukuran 100 uf 200 Volt dipasang secara paralel akan menjadi 200 uf 200 volt.

Lalu bagaimana kalau elko dipasang seri tapi ketemu sama kutub?  Contoh nya 2 buah elko di pasang seri tapi positif ketemu positif, dengan kedua ujung yang dipakai adalah negatif dan negatif? Itu sama halnya dengan elko non polaritas, atau yang sering disebut elko bipolar.

Mungkin itu saja keterangan singkat tentang cara menghitung rumus elko atau kapasitor elektrolit yang dipasang secara seri dan dipasang secara paralel yang bisa saya sampaikan pada kesempatan kali ini semoga bermanfaat.

Silahkan berkomentar dengan sopan dan tidak meninggalkan link aktip.

Terima Kasih.

EmoticonEmoticon