Mengetahui berbagai kegunaan gacun

Saya yakin siapapun orangnya yang bergelut di dunia servis elektronik pasti mengenali yang namanya gacun. Sebuah kit yang super kecil tidak lebih besar dari bungkus korek api tapi sangat ampuh dalam membantu pekerjaan teknisi dalam memperbaiki kerusakan seputar power suplay regulator.

Mengetahui berbagai kegunaan gacun

Tetapi masih banyak yang belum mengetahui kegunaan lain dari gacun, jangankan untuk keperluan lain, untuk menggunakannya sebagai alternatif pengganti rangkaian regulator pun ternyata banyak yang salah dalam prakteknya.

Kenapa saya bisa bilang kalau banyak yang belum paham betul dengan cara kerja dan kegunaan gacun ini? Saya sering mendapati tv rusak bekas servisan orang, dan setelah dibuka ternyata regulatornya sudah di modifikasi menggunakan gacun. Tetapi bukannya menyelsaikan masalah, justru malah menambah masalah baru.

Kesalahan saat menggunakan gacun sebagai alternatif pengganti rangkaian regulator yang sering saya jumpai.

Kesalahan dalam menggunakan gacun


Menggunakan gacun untuk tv yang tegangan stanbynya kecil tanpa merubah rangkaian yang seharusnya dirubah, atau asal tv hidup masalah dianggap beres.

Padahal justru beberapa saat kemudian bisa terjadi kerusakan yang lebih parah dari sebelumnya.

Timbul pertanyaan. Apakah gacun cocok digunakan untuk jenis rangkaian tv yang ketika stanby semua tegangan dibuat kecil?

Jawabannya sangat bisa. Yang perlu anda perhatikan adalah sumber tegangan untuk rangkaian ic program dan osilator. Tapi hampir keseluruhan untuk tv yang ketika stanby tegangannya kecil, tegangan utama yang diperlukan adalah 5 volt untuk ic program dan memori.

Anda teliti atau pelajari rangkaian yang masih normal sebelum menggunakan gacun, misalnya untuk menghasilkan tegangan 5 volt menggunakan ic regulator 7805. Tegangan input minimal untuk 7805 tersebut adalah 7 volt, dan input maksimal adalah 14 volt, kalau kurang dari 7 volt maka tegangan output akan lemah, dan kalau lebih dari 14 volt maka tegangan output sedikit naik dengan disertai ic 7805 akan mengalami panas berlebih (over heat).

Tegangan yang normal ketika stanby 7-9 volt, ketika tv menyala 12-14 volt, perhatikan darimana sumbernya? Setelah ketemu, gunakan pemikiran anda agar ic 7805 tersebut tidak mengalami over heat ketika stanby dan on.

Ada lagi dalam kasus tv sharp lama yang menggunakan str F 6653/6654 dan sebagai penyetabilnya menggunakan SE 115. Kalau tanpa memodifikasi dulu rangkaian stanby sebelum menggunakan gacun, maka dipastikan akan terjadi masalah yang serius.

Kasus lainnya terjadi pada tv polytron yang menggunakan tegangan driver horisontal 45 dan 38 volt sekaligus merangkap sebagai input regulator untuk stanby 5 volt, kalau sembarang memodifikasi regulator dengan gacun tanpa memperhitungkan beban transiator ketika stanby daripada tv bisa on dengan sempurna, yang terjadi malah keluar asap. Saya yakin hampir setiap tekhnisi pernah mengalaminya.

Apa saja kegunaan gacun?


Coba anda perhatikan dengan seksama, gacun itu tidak lebih dari sebuah rangkaian inverter yang sebagai driver osilatornya me ggunakan ic 3842 dan sebagai power nya menggunakan sebuah FET.

Kenapa gacun saya bilang tidak lebih dari sebuah inverter? Karena asal ke kaki kolektor FET diberikan tegangan yang melewati dulu lilitan, akan selalu menghasilkan induksi. Betul kan?

Nah karena judul artikel ini mengetahui "berbagai kegunaan dari gacun" maka akan saya terangkan kegunaan kegunaan lain dari gacun.

Apakah gacun bisa digunakan selain untuk alternatif regulator?


Sangat-sangat bisa. Lalu untuk apa saja? Tergantung keinginan anda, selama anda memasukan tegangan yang melewati lilitan ke kolektror FET gacun maka selalu ada induksi tegangan, nah induksu itu bisa anda manfaatkan untuk apa saja.
  • Membuat inverter dc to dc.
  • Membuat tv lcd menjadi led pun bisa.
  • Membuat strum ikan.
Dan masih banyak lagi selama otak anda mampu digunakan.

Si udin bertanya, dibuat strum ikan?
Emang bisa gitu?

Kan biasanya strum ikan menggunakan tegangan dari aki motor yang hanya memiliki tegangan 12 volt?..

Daripada si udin nyerocos bertanya, maka akan saya jelaskan sejelas-jelasnya dari cara kerja rangkaian gacun.

Seperti yang telah saya jelaskan diawal. Gacun itu menggunakan ic 3842 sebagai driver osilatornya. Dan sebuah FET sebagai powernya.

Apakah bisa gacun dikerjakan pada tegangan 12 volt?


9 vol pun masih bisa kok.
Kenapa bisa? Simak baik-baik.

Ic 3842 itu bisa bekerja pada tegangan minimum 8,5 volt dan maksimum 30 volt.

Perhatikan dalam rangkaian gacun ada resistor 220k 2 watt, itu tujuannya menahan tegangan 300 volt menjadi 12 volt untuk input dcic 3842 atau 3843.

Mengetahui berbagai kegunaan gacun

Kalau mau digunakan pada tegangan antara 9-30 volt ya hilangkan tresistor 220k nya, ganti dengan ukuran penahan arus kecil saja, misalnya 47 ohm sampai 470 ohm 2 watt.

Sistem kerja ini sering saya gunakan untuk memperbaiki rangkaian baklight LED yang rusak ic osilator driver nya. Daripada ribet nyari ic gak nemu mending dirubah pakai gacun.

Untuk FET nya, ya gunakan FET sesuai dengan input daya volt dan juga ampere yang sesuai dengan kebutuhan.

Saya rasa sudah cukup jelas tentang berbagai kegunaan dari rangkaian gacun untuk mengatasi berbagai masalah dan teknik elektronik yang bisa saya bahas pada kesempatan ini.

Kalau ada yang ingin ditanyakan, silahkan tulis pertanyaan anda bisa lewat halaman kontak kalau memang sipatnya pribadi, bisa juga lewat halaman komentar blog ini, agar lebih banyak yang ikut dalam diskusi.

Semakin banyak masukan tentu ilmu kita akan makin bertambah.

Semoga bermanfaat dan salam solder.

3 komentar

mau nanya mas.. apakah bisa gacun digunakan untuk switching travo besi.. saya sudah mencoba puluhan kali namun selalu ga2l. he he soaly masih newbe banget. trmksh

Trimakasih mator kesuon semua artikelnya sangat bagus buat saya baca setiap hari, salam sejahtera selalu, kang

Silahkan berkomentar dengan sopan dan tidak meninggalkan link aktip.

Terima Kasih.

EmoticonEmoticon