Jumat, November 18, 2016

Mengenal cara kerja backlight tv lcd dan backlight tv led

Sejak hadirnya tekhnologi pertelivisian jenis LCD dan LED, kita jadi lebih mengenal dan akrab dengan istilah backlight. Sebagai seorang teknisi kita memang wajib mengetahui bagaimana cara kerja dari backlight tv lcd dan bagaimana cara kerja backlight tv led, dengan begitu diharapkan kemajuan tekhnologi bisa di imbangi dengan pengetahuan kita terhadap sistem kerja dari tekhnologi tersebut.

Saya tertarik membahas masalah ini karena berdasarkan pengalaman saya dalam menangani keluhan seputar kerusakan keduan jenis tv tersebut. sebelumnya saya sering kesulitan ketika mendapati komponen backlight yang rusak, kemana harus mencari ditambah harga komponen yang relatif mahal, tapi setelah tau betul prinsip dan cara kerjanya, ternyata bukanlah hal yang sulit, bahkan untuk menjadikan tv lcd menjadi tv led saya yakin semua teknisi akan bisa melakukannya.

cara kerja backlight tv lcd dan led

cara kerja backlight tv lcd dan led

Apa perbedaan tv lcd dengan tv led


Dalam hal merubah gelombang elektro magnit gambar dan gelombang elektro magnit suara lalu gambar dikirim ke subuah piranti yang dikenal dengan panel display, dan suara dikirim ke load speaker hampir tidak ada beda, atau kita anggap saja sama.

Lalu apa yang membedakan dari 2 jenis tv tersebut? yang beda hanya sistem pencahayaan saja, atau yang disebut backlight tadi. TV LCD menggunakan CCFL sebagai lampu pencahayaan, sedangkan TV LED menggunakan lampu LED sebagai pencahayaan.

Apa itu lampu CCFL


Lampu CCFL itu sejenis lampu TL (neon) yang untuk menyalakannya membutuhkan tegangan AC yang sangat tinggi.

Apa itu lampu LED


Lampu LED adalah sebuah lampu yang mengadopsi sistem kerja dari sebuah dioda cahaya, dan untuk menyalakannya dibutuhkan tegangan DC yang relatif kecil.

Nah setelah tau dasar dari tegangan yang dibutuhkan oleh kedua jenis lampu tersebut, anda akan punya gambaran bahkan mungkin sudah mulai terpikir untuk merubah tv lcd menjadi tv led, kalau saya sendiri memang sudah lama dan sering melakukan itu.

Cara kerja rangkaian backlight LCD


Untuk menyalakan lampu CCFL yang digunakan untuk backlight tv lcd itu membutuhkan daya tegangan berkali-kali lipat dari tegangan listrik 220 volt, makanya dibuatlah rangkaian inverter dc to ac tegangan tinggi.

Rangkaian backlight inverter dc to ac pada tv lcd dikontrol oleh rangkaian protect dan amplitudo untuk mengatur tingkat pencahayaannya. ketila tv dinyalakan maka dalam beberapa detik lampu CFL akan menyala, tetapi kalau dalam beberapa detik kemudian sesuai yang diatur oleh timing protect tidak juga ada gambar yang muncul, maka rangkaian backlight akan mati (protect).

Juga sebaliknya, kalau sinyal raster belum melewati sistem pembagi protect maka rangkaian inverter backlight tidak akan bekerja. makanya kita sering mendapati gejala tv nyala sebentar lalu mati.

Cara kerja rangkaian backlight LED


Untuk menyalakan lampu LED dihitung dari jumlah lampu LED yang digunakan, kalau misalnya sebuah lampu LED membutuhkan tegangan 3 volt, lalu yang terpasang berjumlah 15 buah, tinggal kita hitung 3x15= 45 volt.

Dari mana tegangan 45 volt itu didapat? karena prinsip kerja dari tv LCD lebih ke hemat daya, maka terkadang banyak televisi jenis ini menggunakan adaptor terpisah sebagai power suplaynya. dan tegangan tegangan yang keluar dari adaptor tersebut belum memungkinkan untuk menyalakan lampu LED sebanyak itu. kecuali untuk tv berukuran kecil ada yang hanya membutuhkan tegangan 12 volt saja untuk menyalakan lampu LED nya.

Agar bisa menyalakan lampu led sebenyak contoh diatas itu dibutuhkan tegangan 45 volt, dan dibuatlah sebuah rangkaian yang disebut inverter dc to dc. yang cara kerjanya melipat gandakan tegangan dc aslinya, kalau tegangan inputnya hanya 12 volt berarti agar menjadi  45 volt harus dibuat 3 kali lipat lebih dikit. Maka dibuatlah sebuah rangkaian yang dinamakan backlight LED atau inverter dc to dc.

Cara menghidupkan inverter dc to dc ini sama persis dengan cara kerja dari inverter dc to ac, yaitu dikontrol oleh rangkaian sensor protect yang akan saling mengimbangi ketika masalah terjadi pada salah satu sistem.

Itulah penjelasan singkat tentang cara mengenal sistem kerja dari backlight tv lcd dan backlight tv led, semoga bermanfaat menambah wawasan anda terhadap kemajuan tekhnologi pertelevisian di era digital.

Silahkan berkomentar dengan sopan dan tidak meninggalkan link aktip.

Terima Kasih.

EmoticonEmoticon