Membuat kompor listrik sederhana

Orang elektro memang bisa dibilang orang yang kurang kerjaan, apa saja di ulik tapi memang hal ulik mengulik itu merupakan kegiatan yang sangat mengasyikan. kali ini saya akan berbagi cara membuat kompor listrik sederhana dengan bahan-bahan yang mudah didapat bahkan tidak perlu dibeli. selain hemat bahan juga sangat bermanfaat apabila sesekali dirumah anda kehabisan bahan bakar seperti gas dan minyak tanah.

Cara membuat kompor listrik sederhana


Bahan yang dibutuhkan untuk membuat kompor listrik sederhana ini antara lain:

  • Tanah liat untuk membuat tungku.
  • Kawat rem bekas sepanjang 8 meter untuk membuat lilitan elemen pemanasnya.
  • Selobong alumunium berukuran sekitar 4 mm untuk sambungan antara kawat lilitan elemen ke kabel listrik yang akan berfungsi sebagai penahan panas.
  • Kabel listrik standart 350 watt.

Cara membuatnya, aduk tanah liat seperti mau membuat batu bata merah atau genteng, kalau tidak tau caranya silahkan tanya sama tukang bikin batu bata atau genteng.

Setelah adukan tanah liat siap cetak, potong selobong alumunium sekitar 10-15 cm dan pada kedua ujung nya di getok dan dibuat bolongan sebesar baut 3 mm, tujuannya untuk menyambung ujung elemen dengan menggunakan baut + mur. buat sebanyak 2 biji.

Mulai mencetak tanah liat dibentuk seperti tunggu dengan dibeli jalur got untuk meletakan lilitan elemen pemanas, dan jangan lupa untuk menanam batang alumunium nya, pastikan ujung satu keluar dan ujung satunya lagi nongol ke jalur got nya tadi.

Kurang lebih harus seperti gambar berikut..

Membuat kompor listrik sederhana

Setelah cetakan tungku kompor listrik jadi, biarkan dulu sampai kering, atau bisa juga dibakar seperti membakar bata merah, dan setelah kering dan keras, silahkan mulai membuat lilita elemen pemanas nya. Agar lilitan elemen terbentuk dengan baik, gunakan obeng atau benda padat lainya setiap 10 atau 20 lilitan panaskan agar lilitan terbentuk padat.

Habiskan kawat rem sepanjang 8 meter tadi dan setiap sambungan gunakan selobong baja banyak dijual di toko elektronik. Panjang 8 meter kawat rem tersebut membutuhkan daya listrik sekitar 125 sampai 140 watt saja, saya rasa sangat cukup kalau untuk menggoreng telur atau memasak sayur mayur.

Mudah dan ekonomis bukan? Itulah cara membuat kompor listrik sederhana sebagai cadangan kalau sesekali persediaan bahan bakar dirumah anda habis. semoga bermanfaat.

Related Post:

1 komentar so far

misi gan . untuk kawat nya .di tiap kawat rem 1 kawat rem isi nya kan bnyk . apakah mengambil 1 helai saja . atau langsung menggunakan semua lilitan

Silahkan berkomentar dengan sopan dan tidak meninggalkan link aktip.

Terima Kasih.

EmoticonEmoticon