LED Polytron gambar sebentar bagus sebentar lari kesamping

Mungkin diantara para sobat teknisi pernah atau akan menemukan kerusakan LED polytron dengan gejala gambar sebentar bagus sebentar lari kesamping, gejala semakin kelihatan apabila volume suara dibesarkan, kalau di tv tabung seperti menunjukan kerusakan dibagian sinkronisasi horisontal.

LED Polytron gambar sebentar bagus sebentar lari kesamping

Pada awalnya saya juga merasa aneh, ketika tv dibuka dan dicoba dinyalakn tv normal, tapi ketika ditutup gejala kembali timbul. saya cek kabel-kabel soket penghubung tidak ada masalah, usut punya usut ternyata kerusakan hanya grounding dari power suplay regulator lepas.

TV LED polytron terbaru biasanya hanya menggunakan output tunggal dari regulator menuju motherboard, dan untuk dc inverter pembangkit tegangan untuk lampu LED langsung berada di rangkaian regulator itu sendiri.

Penyebab kerusakan yang saya sebutkan diatas yaitu gambar sebentar bagus sebentar lari itu terjadi karena ground 12 volt yang menuju motherboard lepas, kenapa tv bisa nyala? karena ada kabel grounding antara bodi power suplay dan body motherboard yang masih terhubung, hanya saja salah ground.

Untuk mengatasi masalah tersebut, periksa kaleng pendingin (hatsink) dioda output regulator, pasti terlihat retak dititik solderannya, segera solder ulang kalau perlu tambahkan kabel jumper untuk menghindari kejadian lepasnya solderan grounding yang diakibatkan oleh panas pada pendingin dioda penyearah output regulator 12 volt.

Itulah penjelasan singkat mengenai kerusakan TV LED polytron dengan gejala gambar sebentar bagus sebentar lari kesamping. semoga bermanfaat.

Silahkan berkomentar dengan sopan dan tidak meninggalkan link aktip.

Terima Kasih.

EmoticonEmoticon