Ganti template bisa menyebabkan visitor turun drastis

Hati-hati mengganti template bisa menyebabkan visitor turun drastis. Pengalaman seperti itu terjadi pada blog saya beberapa waktu yang lalu, blog saya kehilangan visitor hampir 80% sungguh sangat menyedihkan, kejadian tersebut terjadi setelah saya mengganti template blog saya ini. Agar teman-teman tidak penasaran dan mungkin juga diantara teman ada yang sedang mengalaminya, simaklah kronologi kejadian visitor blog saya turun sampai sebanyak itu.

Ganti template bisa menyebabkan visitor turun drastis

Penyebab visitor blog flyin dvb turun sampai 80%


Sebagai blogger pemula kegiatan saya dikala ada waktu senggang seperti biasa berpikir keras untuk bisa membuat artikel baru, atau artikel tambahan untuk memperbanyak konten di blog. visitor harian ke blog saya sejak 4 bulan terakhir bisa dibilang sudah rutin antara 1000 sampai 1500, dengan pageview 2000 sampai 4000.

Bagi saya yang baru beberapa bulan mengenal dunia bloging, mendapatkan visitor segitu sudah sangat luar biasa, apalagi kalau diukur dari kemampuan seo saya yang nol besar. karena tangan ini suka gatal untuk oprek-oprek artikel dan lain sebagainya, tiba-tiba saya mendapati kalau kecepatan loding blog saya lambat, dengan score 70/100 saja untuk versi mobile.

Saya cek kesalahan terdapat pada script widget artikel terbaru yang saya gunakan, tapi ketika widgetnya saya hapus, kesalahan jadi merembet ke script daftar isi/sitemap yang saya gunakan, setelah saya hapus, kesalahan merembet lagi pada script dmca yang saya gunakan, wah saya bingung, maklum tidak punya ilmu yang cukup untuk mengatasinya maka saya putuskan untuk mengganti template.

Akhirnya dengan susah payah saya mengganti template dan menyesuaikan lagi menu-menu navigasinya. mungkin diatara temen-temen yang biasa berkunjung pernah melihat dalam beberapa hari tampilan blog saya ada perubahan.

Alhasil setelah ganti template dengan tetap menyamakan menu navigasi, speed blog saya kembali normal dengan score 94/100 untuk mobile, 95/100 untuk desktop. saya sangat senang ternyata masalahnya ada ditemplate.

Berhubung ada musibah yang membuat saya tidak bisa mengakses blog lewat komputer, maka beberapa hari saya hanya bisa akses blog lewat hp saja. walau masih bisa buat 1-2 artikel tapi rasanya kurang nyaman, saya lebih suka blogwalking aja ketimbang mengurus blog sendiri.

Ada yang aneh dengan alexa rank blog saya kok makin hari jadi makin membengkak, padahal biasanya makin hari makin ramping walau cuma hitingan puluhan saya rasa sudah lumayan.

Saya cek visitor ternyata cuma mentok 200 visitor saja perhari dengan pageview gak sampai 500, duh ada apa ini? apa gara-gara ganti template? awalnya saya sangat ragu kalau masalah anjloknya visitor disebabkan oleh template, karena secara statistik dalam segi kecepatan sudah sangat bagus.

Saya mencoba mencari letak kesalahan, siapa tau dari postingan yang berubah gara-gara ganti template, tetap tidak membuahkan hasil. sampai saya cek ke webmaster siapa tau data indeks berubah, disana masih aman-aman saja, kebetulan blog saya ini sejak dibuat untuk urusan artikel terkirim dan terindeks tidak pernah ada masalah.

Wah jangan-jangan dari template nih..??? begitu perkiraan saya, tapi saya bingung karena menganggap template yang selama 4 bulan saya gunakan sampai terakhir saya ganti, gak sempat saya backup, karena itu tadi anggapan saya kalau template itu sudah jelek dan tidak mampu menampung script-script tambahan di blog saya.

Dengan perasaan was-was akhirnya saya putuskan untuk mengganti lagi template dengan template bersejarah ketika blog saya diterima google adsense.

Kurang lebih 3 jam saya oprek template sampai bisa lagi digunakan dengan tidak merubah menu navigasi yang sudah ada sebelumnya.

Selesai kembalikan lagi template ke template semula, saya nunggu hasil, dan alhamdulillah, sungguh ajaib, visitor blog saya sudah 2 hari sebelum artikel ini dibuat kembali normal malah ada sedikit peningkatan.

Walau masih ada ganjalan tentang kecepatan blog yang masih hancur, saya putuskan untuk membiarkannya dulu sampai visitor blog benar-benar pulih.

Mudah-mudahan dari pengalaman pribadi saya ini bisa jadi sesuatu yang berguna bagi temen-temen. pesan saya.. ketika blog sedang bagus dalam segi perkembangan, jangan sesekali mengganti tampilan template.

Bisa jadi warna dan tampilan template menentukan SERP juga, tapi itu hanya prasangka saya saja sih, mungkin beda dengan pengalaman teman-teman. yang jelas buat saya akan lebih hati-hati, ternyata mengganti template bisa menyebabkan visitor turun drastis.

2 komentar

Artikel yg bermanfaat n patut di tiru...
Klau bleh tau ini template karya siapa gan?
Simpel dan enak di pandangan...
Mampir ke blog saya gan, inspirasiolahraga.com

template buatan arlina mas, oke siap segera meluncur

Silahkan berkomentar dengan sopan dan tidak meninggalkan link aktip.

Terima Kasih.

EmoticonEmoticon