Gambar lebar dan melengkung pada tv polytron

Sejak kehadiran televisi model slim dan ultra slim, kendala yang sering dihadapi oleh teknisi elektronik adalah gambar tv lebar dan melengkung, terutama yang sering terjadi terhadap tv merk polytron. hal tersebut terjadi karena adanya kerusakan di sirkuit EW (East Weast).

Gambar lebar dan melengkung pada tv polytron

Kerusakan tersebut bisa terjadi pada rangkaian amplifier EW nya atau pada rangkaian Pin Cushion nya, untuk memastikan kerusakan ada di bagian mana maka perlu dilakukan langkah pengecekan terlebih dulu.

Cara melakukan pengecekan yang pertama coba masuk ke servis mode dengan cara posisikan tv pada mode stanby lalu tekan menu kurang lebih 5 detik. setelah muncul perintah untuk memasukan password silahkan tekan angka 1013. cari menu H size dan sejenisnya, lalu lakukan penyetingan dengan cara memperbesar atau memperkecil nilainya.

Kalau tidak ada reaksi berarti kerusakan terjadi pada amplifiernya, tapi kalau masih ada reaksi berarti ada komponen yang rusak dirangkaian Pin Cushionnya.

Cara memperbaiki polytron gambar lebar dan melengkung


Setelah dilakukan pengecekan dengan cara seting servis mode dan sudah dipastikan kerusakannya di bagian mana, sekarang kita lanjut kecara memperbaikinya.

Sebelum berlajut ada baiknya saya jelaskan dulu komponen-komponen yang berfungsi sebagai rangkaian EW dan Pin cushion yang diantaranya:

  • TR D313
  • DIODA DMV 1500
  • R 2R2 2WATT
  • C 330 N 400 VOLT
  • C 6.8 MF 50 VOLT BIPOLAR
  • C 82 N 630 VOLT
  • C 15 N 1600 VOLT
  • C 33 N 400 VOLT

Apabila di seting melalui servis mode tidak ada reaksi silahkan periksa komponen D313 dan komponen disekitar basis D313 tersebut. Kalau komponen sekitar D313 terukur bagus bisa dipastikan kerusakan ada di dioda DMV 1500 nya yang mengalami konslet.

Apabila di seting melalui servis mode masih ada reaksi tapi tidak menunjukan gelagat akan menampilkan gambar yang bagus, maka dipastikan kerusakan terjadi pada komponen antara C 8.2 uf 50 volt bipolar, C 330 n 400 volt, C 15 nano 1600 volt, C 33 nano 400 volt, dan C 82 nano 630 volt.

Periksa satu persatu komponen komponen yang saya sebutkan tadi, lebih sering kerusakan pada C 33 nano 400 voltnya.

Catatan penting: apabila mendapati transistor dan dioda dmv 1500 yang rusak, jangan terburu-buru menggantinya, karena rusaknya 2 komponen tersebut bisa diakibatkan oleh rusaknya salahsatu komponen kapasitor yang mengakibatkan tegangan untuk 2 komponen tersebut diluar kewajaran.

Itulah cara memperbaiki kerusakan tv polytron dengan gejala gambar lebar dan melengkung. semoga bermanfaat.

Related Post:

Silahkan berkomentar dengan sopan dan tidak meninggalkan link aktip.

Terima Kasih.

EmoticonEmoticon