Cara riset keyword atau kata kunci dengan keywordtool.io

Melihat semakin ketatnya persaingan untuk mendapatkan posisi terbaik dimesin pencarian google, yahoo, bing dan lain-lain, dengan tujuan untuk mendapatkan trafik yang banyak ke situs/blog masing-masing pengelola, maka dalam menentukan sebuah judul artikel, kita harus pandai-pandai memilih kata kunci, karena kalau salah dalam menentukan atau memilih, akan sangat kecil kemungkinan bisa mendatang trafik. Oleh karena itu pada kesempatan kali ini saya akan memberikan panduan cara riset keyword atau kata kunci, agar ketika judul postingan dibuat, punya peluang besar dalam menjaring pengunjung dari mesin pencari.

Kenapa kita harus melakukan riset? Tujuan melakukan riset adalah untuk melihat tingkat persaingan dari keyword tersebut. Sebagai contoh anda mau membuat artikel diblog dengan judul cara membuat blog, dengan melakukan riset terlebih dahulu kita akan tau tingkat persaingan dari kata kunci tersebut.

Dimana kita bisa melakukan riset? Banyak sekali situs gratis yang bisa digunakan untuk melakukan riset, dan yang paling umum dan paling sering digunakan oleh hampir semua webmaster diantaranya:

  • Keyword planner
  • Ubbersuggest
  • Keywordtool.io.

Ketiga situs yang saya sebutkan diatas, selain gratis juga mudah dalam menggunakannya, dan yang lebih penting, keakuratannya sudah tidak diragukan lagi. Namun sebelum melakukan riset sebaiknya pastikan dulu jenis kata kunci yang akan digunakan, karena jenis keyword atau kata kunci itu banyak sekali macamnya.

Apa saja jenis keyword atau kata kunci? Yang paling umum ada 4 macam/jenis, diantaranya:
  1. Sort tail keyword
  2. Long tile keyword
  3. Keyword pasti.
  4. Keyword musiman

Nah agar lebih jelas tentang perbedaan dari 4 jenis keyword yang saya sebutkan tadi, saya akan jelaskan satu persatu.

1. Sort tail keyword

Sort tile keyword atau kata kunci pendek biasanya hanya terdiri dari satu atau paling banyak dua kalimat saja.

Contohnya:
  • Artikel panjang
  • Artikel pendek
  • Contoh artikel
  • Artikel

Untuk kata kunci pendek bisa dipastikan tingkat persaingannya sangat tinggi, dan kalau anda memutuskan untuk menggunakannya, maka tingkat kemampuan ilmu SEO anda harus diatas rata-rata.

2. Long tail keyword

Yang dimaksud dengan kata kunci panjang adalah yang kalimatnya terdiri dari lebih 2 kata.

Contohnya:
  • Cara membuat artikel seo
  • Cara optimisasi seo pada artikel
  • Cara membuat artikel SEO
  • Cara membuat artikel seo friendly.

Nah kalau kata kunci yang terdiri dari beberapa kalimat biasanya tingkat persaingannya rendah dan menengah, kalau kemampuan SEO anda masih tahap belajar, sangat cocok untuk mengambil jenis kata kunci panjang ini.

3. Keyword pasti

Yang dimaksud dari kata kunci pasti ini adalah yang tidak akan pernah hilang dan pasti tetap dicari oleh banyak orang, karena pasti semua orang membutuhkan solusinya.

Contohnya:
  • Obat demam
  • Obat sakit kepala
  • Obat flu

Saya yakin semua orang pasti mengalami 3 hal dari contoh yang saya sebutkan diatas.

4. Kata kunci musiman

Yang dimaksud dengan kata kunci musiman adalah kata kunci yang kemungkinan hanya sekali saja atau dua kali saja dicari oleh satu orang.

Contohnya:
  • Score barca vs realmadrid
  • Pemenang bulu tangkis tadi malam

Setelah kita tau jenis-jenis keyword sekarang kita lanjut ke cara melakukan riset kata kunci. Tapi sebelumnya tentukan dulu jenis mana yang akan anda pilh. kalau untuk pemula seperti saya lebih bagus gunakan jenis kata kunci yang kedua yaitu long tail keyword.

Tentu tidak mudah juga untuk menentukan kata kunci yang cocok, terkadang merasa benar dan pas ketika baru 2 kata, tapi bingung untuk menambah kata-katanya. yang terpenting menurut saran saya tentukan saja jenis topik yang akan anda cari keywordnya.

Cara riset keyword atau kata kunci

Mau pakai keyword planner dari google adword, Ubbersuggest atau keywordtool? Disini saya akan memberikan contoh cara riset keyword menggunakan tools gratis dari keywordtool.io. Supaya lebih mudah dan tidak perlu melakukan registrasi. Silahkan simak baik-baik.

Cara riset keyword atau kata kunci menggunakan Keywordtool.io.

Pertama-tama silahkan kunjungi halaman keywordtool.io.

Selanjutnya pilih jenis search engine yang akan digunakan, karena di keywordtool ada 5 pilihan
  • Google
  • Youtube
  • Bing
  • Amazon
  • App store

Karena untuk blog maka pilih antara google, bing dan amazon.

Sebagai contoh pilih saja google, lalu masukan keyword yang mau anda bidik, misalnya cara membuat blog.

Cara riset keyword atau kata kunci

Seperti yang ditunjukan oleh contoh diatas, dari kata kunci cara membuat blog muncul 295 keyword unik, karena layanan yang kita gunakan layanan gratis maka fiturnya pun terbatas, disitu anda tidak bisa melihat jelas volume pencarian dan lain sebagainya.

Tapi tidak usak khawatir, dengan keyword yang muncul saja sudah cukup untuk dijadikan bahan dalam melihat tingkat persaingan dari keyword cara membuat blog tadi.

Kalau mau di riset semua silahkan klik select all (pilih semua), tapi kalau sekedar ingin tau yang paling atas saja, pada gambar contoh diatas yang palng atas muncul adalah cara membuat blogspot. Keyword itulah yang nantinya akan kita jadikan fokus keyword.

Langkah selanjutnya adalah melihat persaingan. Tadi anda sudah menyimpan semua keyword unik yang didapat dari hasil pencarian kata kunci, nah sekarang kita lihat tingkat persaingannya.

Buka google lalu di kolom pencarian tulis kata kunci yang anda simpan tadi. sebagai contoh saya gunakan yang paling atas yaitu cara membuat blogspot.

Hasilnya seperti gambar dibawah ini

Melihat jumlah persaingan

Menurut google volume pencariannya sekitar 959.000 pencarian, masih rendah dan boleh anda ambil dan silahkan mulai membuat artikel dengan judul atau keyword atau kata kunci sesuai dengan hasil riset tadi.

Mungkin itu saja penjelasan dari saya mengenai cara riset keyword atau kata kunci dengan menggunakan tool gratis dari keywordtool.io. Kalau ada hal yang belum anda mengerti, silahkan layangkan pertanyaan lewat kolom komentar yang saya sediakan. Sekian dan semoga bermanfaat.

Related Post:

3 komentar

ajarin dong, saya belum faham nih.. tulisannya terlalu singkat

Hehe belum pandai berpidato saya

Silahkan berkomentar dengan sopan dan tidak meninggalkan link aktip.

Terima Kasih.

EmoticonEmoticon