Kamis, November 24, 2016

Cara menyisipkan kata kunci yang wajib diketahui

Salah satu syarat agar artikel atau postingan di blog kita berpredikat seo friendly dan bisa dengan mudah ditemukan di mesin pencarian, kita harus tau jenis kata kunci atau keyword yang paling banyak dicari dan digunakan oleh para pengguna internet, dan setelah kita tau keyword apa yang paling banyak dicari di internet, kita harus tau bagaimana caranya menggunakan dan menyisipkan keyword pada setiap postingan atau artikel yang kita buat, agar mesin pencari lebih memahami isi dan makna dari setiap artikel yang ada di blog kita, dengan begitu maka artikel atau postingan kita bisa dibilang sudah seo friendly. Nah pada kesempatan kali ini saya akan menulis tentang cara menyisipkan kata kunci pada setiap postingan atau artikel di blog.

Kenapa saya bilang menyisipkan keyword atau kata kunci itu merupakan syarat mutlak? Karena berdasarkan cara kerja mesin pencari dalam merayapi setiap isi artikel.

Cara menyisipkan kata kunci

Mesin pencari diciptakan untuk memahami bahasa manusia, bahkan saking canggihnya mesin pencari, sudah bisa membenarkan kalimat yang ditulis oleh manusia.

Bagaimana cara mesin pencari merayapi setiap artikel berdasarkan kata kunci?


Yang paling pertama dirayapi oleh mesin pencari adalah kata kunci dari judul artikel yang dipertegas. Dipertegas bagaimana? Ya dijelaskan. Lewat apa? Lewat deskripsi. Setelah itu mesin pencari akan merayapi paragraf pertama dulu. Setelah itu ke paragraf kedua,ketiga sampai paragraf terakhir. Dan setelah menganggap setiap paragraf yang dirayapi relevan dengan kata kunci, maka artikel kita akan dihadirkan di mesin pencari.

(Anda juga bisa membaca artikel saya yang membahas tentang cara riset keyword atau kata kunci)

Itulah alasannya kenapa diawal saya katakan kalau syarat mutlak sebuah artikel ingin memiliki predikat seo friendly harus tau teknik menyisipkan keyword yang baik dan benar didalam struktur artikel.

Cara menyisipkan keyword atau kata kunci yang baik dan benar harus disisipkan di:

  • Judul
  • Deskripsi
  • Paragraf awal
  • Paragraf tengah atau bisa pada gambar
  • Paragraf akhir.
Coba anda hitung berapa jumlah kata kunci kalau mengikuti standart struktur seo dalam sebuah artikel? Jumlahnya ada 5. Dan itu tidak boleh lebih, karena artikel yang terlalu banyak memasukan keyword, karena akan dinilai over optimizer dan dianggap pemaksaan oleh mesin pencari.

Teknik menyisipkan keyword atau kata kunci pada judul artikel


Sebagai contoh misalnya anda akan menulis artikel dengan judul cara membuat artikel seo bagi blogger pemula.

Judulnya terdiri dari 45 karakter. Itu sudah bagus, karena maksimalnya adalah 60 karakter.

Tapi apa mungkin seseorang akan menulis keyword sebanyak itu? Mungkin saja tapi kemungkinannya sedikit. Kita pelajari dari diri kita dulu. Kalau saya yang menulis tentang kata kunci diatas paling banyak mungkin yang saya tulis cara membuat artikel seo. Nah itu bisa kita jadikan fokus keyword relevan.

Setelah ketemu fokus keywordnya, sekarang tinggal masukan keyword tersebut ke deskripsi penelusuran. Tetapi ingat yang namanya deskripsi itu penjelasan dari isi.

Teknik menyisipkan kata kunci kedalam deskripsi penelusuran


Deskripsi yang bagus itu menurut struktur seo tidak kurang dari 150 karakter, tidak lebih dari 160 karakter.

Nah sekarang anda olah bagaimana supaya 160 karakter maksimal itu bisa menjadi sebuah kalimat yang deskripsi

Kalau saya yang menulis posting dari judul cara membuat artikel seo bagi blogger pemula, dengan fokus keyword cara membuat artikel seo, mungkin saya akan menulis dekripsi sebagai berikut:

Artikel ini menjelaskan tentang cara-cara membuat artikel seo friendly yang wajib di ketahui oleh para blogger pemula agar artikel yang kita buat lebih seo friendly.

Jumlahnya karakternya ada 156 karakter ya? Hitung sendiri saja deh, mungkin kurang satu atau lebih dua, makin anda rajin menghitung makin kecil saja bouncerate blog saya, hehe...

Judul sudah, deskripsi sudah, sekarang ke parapraf awal ya? Iya iya aja lah.. :).

Teknik menyisipkan keyword atau kata kunci pada paragraf pertama


Judulnya masih ingatkan? Kalau lupa silahkan baca lagi artikel ini dari awal.

Kira-kira bagusnya gimana ya? Gini aja deh..

Anda ingin artikel anda selalu muncul dimesin pencari? Kalau mau anda harus tau cara membuat artikel seo yang user friendy. Karena algoritma mesin pencari sekarang lebih dirancang semata-mata untuk membaca karakter manusia.

Contohnya gitu saja ya. Yang penting gak ngawur dan terselip kata kunci.

Judul, deskripsi, paragraf awal sudah. Sekarang ke tengah ya.

Teknik menyisipkan keyword atau kata kunci di tengah postingan


Sebenarnya yang bagus untuk yang tengah ini dimasukan kedalam gambar, atau kata kunci disisipkan pada atribut alt dan tag alt gambar. Pasti sudah pada tau ya? sudahlah pasti.

Tapi ingat gambar yang akan disisipi keyword harus relevan, jangan keyword tentang seo dikasih gambar Flyin DVB ya, itu namanya enak di saya gak rugi buat situ.. hehe..

Karena sudah pada tau, jadi paragraf tengah kita lewat saja ya. sekarang langsung ketahap akhir.

Teknik menyisipkan keyword atau kata kunci pada akhir postingan


Sudah biasa setiap ada awal pasti ada akhir begitu juga sebuah artikel, sebagai penutup ada baiknya kita pertegas lagi, biar pembaca merasa kalau bacaanya memang sudah berakhir.

Untuk fokus keyword cara membuat artikel seo maka kata penutupnya kurang lebih seperti ini..

Itulah cara membuat artikel seo yang benar bagi blogger pemula, agar setiap artikel yang anda tulis menjadi lebih seo frienfly dan bisa muncul dimesin telusur.

Saya rasa penjelasan dari cara menyisipkan keyword atau kata kunci yang wajib diketahui sudah cukup jelas. akhir kata terima kasih sudah mampir dan membaca artikel ini. dan semoga apa yang saya tulis ada manfaatnya.

Silahkan berkomentar dengan sopan dan tidak meninggalkan link aktip.

Terima Kasih.

EmoticonEmoticon