Cara meningkatkan kecepatan loading blog

Selain menggunakan template yang responsive, agar mampu memikat hati pengunjung, cara lain yang bisa kita lakukan untuk menjaring visitor adalah dengan cara meningkatkan kecepatan loading blog ketika diakses oleh pengunjung. yang harus kita perhitungkan lebih dulu adalah segi kecepatan internet dari negara target pengunjung, kalau untuk blog berbahasa konten indonesia, berarti pengunjungnya pun akan lebih banyak dari indonesia, sebaiknya lebih mengutamakan kecepatan loading blog ketika di akses melalui perangkat browser pc dan android dengan basic kecepatan internet di indonesia.

Sebenarnya untuk kecepatan akses blog melalui mobile pages, google lebih menyarankan bagi pemilik blog untuk menggunakan Accelerated Mobile Pages (AMP). tapi untuk flatform blogger sepertinya sampai saat ini belum suport 100% untuk menggunakan AMP Template, walaupun sudah mulai beredar template-template blogger yang menggunakan teknologi AMP tapi menurut pengamatan saya belum ada yang optimal dalam hal kecepatan, atau baru sebatas valid AMP saja dan bisa menampilkan tanda bulat petir pada halaman mesin telusur.

Yang perlu kita perhatikan mengenai kecepatan sebuah situs ketika diakses adalah ketika pengunjung akan masuk dan ketika pengunjung hendak membuka beberapa halaman yang ada di situs tersebut, jangan terlalu berharap setiap pengunjung akan masuk melalui alamat blog yang ketika masuk akan melihat tampilan depan template blog kita, sehingga terlalu menekankan ke segi penampilan yang menarik, tapi melupakan pengunjung yang datang dari organik, yang biasanya langsung menuju ke sebuah halaman blog, pengunjung tersebut belum tentu sempat melihat keindahan sebuah template, yang akan paling mereka ingat adalah cepat atau lambatnya ketika mencoba masuk ke halaman posting blog tersebut.

Beberapa cara untuk meningkatkan kecepatan loading sebuah blog


Berikut ini beberapa tips sederhana yang bisa anda lakukan untuk mengoptimalkan kecepatan blog anda.

Gunakan template yang sederhana


Sederhana bukan berarti tidak berkualitas, justru kita harus mampu menampilkan kualitas dari kesederhanaan, template tidak harus terlalu keren mentereng kalau menurut saya sih, tapi usahakan menggunakan template sederhana tapi full responshiv.

Hindari pemasangan gadget-gadget yang terlalu banyak


Apa sih pentingnya sebuah gadget kalau hanya sebatas mempercantik tampilan blog saja, toh yang penting harus dimiliki oleh sebuah blog atau situs itu menu navigasi yang lengkap untuk memudahkan pengunjung dalam menyibak semua konten, jadi sebaiknya hapus saja gadget-gadget yang dirasa hanya akan memberatkan loading akses blog.

Selain menggunakan template yang sederhana dan mengurangi gadget-gadget yang tidak penting, cara lain untuk mempercepat loading blog adalah dengan menghapus script-script yang menghambat render halaman blog. Script seperti apa saja yang harus dihapus? berikut ini contoh kecepatan blog ini sebelum diperbaiki, dalam melakukan perbaikan kecepatan saya lebih suka menggunakan tool google yaitu Page Insight .

Cara meningkatkan kecepatan loading blog

Nilai diatas menunjukan kecepatan loading blog kalau diakses melalui perangkat mobile masih kurang, karena normalnya adalah 75/100. Untuk memperbaikinya kita harus tau dimana letak masalahnya?

Cara meningkatkan kecepatan loading blog

Disitu dijelaskan apa yang membutuhkan perbaikan untuk menghilangkan javascript CSS yang memblokir perenderan dikonten paruh atas. Silahkan klik tanda panah dropdown nya untuk menampilkan kode CSS mana yang harus dihilangkan tersebut.

Cara meningkatkan kecepatan loading blog

Dalam kasus saya adalah harus mengoptimalkan static/v1/widgets/2210556531-widget_css_bundle.css. kalau anda mengalami masalah yang sama, caranya sangat mudah, yaitu dengan menambahkan kode <style type="text/css">
&lt;!-- /* sebelum kode <b:skin> dan kode */ sebelum kode ]]></b:skin>.

Caranya masuk ke template edit html cari kode <b:skin>, Perhatikan gambar berikut

Cara meningkatkan kecepatan loading blog
Cara meningkatkan kecepatan loading blog

Setelah selesai silahkan simpan template dan lakukan lagi pengujian kecepatan dengan kembali ke halaman Page Insight, lalu lihat hasilnya.

Score kecepatan versi mobile
Score kecepatan versi desktop
Kecepatan score mobile nya 93/100 dan kecepatan desktopnya 93/100. Saya rasa sudah cukup, karena setelah dicek lagi yang mengganggu kecepatan lainnya adalah script iklan adsense yang terpasang diblog saya, masa harus dihapus :).

Mudah bukan? kalau anda mengalami maslah yang sama silahkan praktekan cara diatas, dan kalau masalahnya beda, silahkan tulis masalahnya pada halaman komentar, mudah-mudahan saya bisa membantu.

Itulah cara meningkatkan kecepatan loading blog versi saya, semoga bermanfaat.

Related Post:

1 komentar so far

Makasih artikelnya gan,ini sangat membantu saya dalam meningkatkan blog saya.
Sukses terus gan...

Silahkan berkomentar dengan sopan dan tidak meninggalkan link aktip.

Terima Kasih.

EmoticonEmoticon