Jumat, November 25, 2016

6 Cara Menghasilkan Uang Dari Blog Panduan Lengkap Untuk Pemula

Anda berada di dalam artikel ini berarti sedang mencari cara menghasilkan uang dari blog, dan saya harap ini adalah hari keberuntungan buat Anda, karena di sini saya akan menjelaskan banyak hal, dari mulai saya terjun ke dunia blogging, belajar bagaimana cara membangun sebuah blog yang baik, belajar cara memonetisasi blog, menghasilkan $ 100 pertama saya dari blog, dan sampai saat ini saya menjadikan blogging sebagai sumber penghasilan utama untuk kehidupan keluarga saya.

Cara Menghasilkan Uang dari Blog

Setiap kali mendengar kisah-kisah blogger sukses yang mampu menghasilkan ribuan bahkan sampai jutaan dollar tiap bulannya dari blog, tentu akan terbersit sebuah pertanyaan di benak Anda, bagaimana cara mereka menghasilkan uang sebanyak itu hanya dari pekerjaan menulis? Padahal Anda sendiri sudah melakukan hal itu, tapi sampai saat ini masih bingung, karena setelah sekian banyak biaya yang dikeluarkan, setelah sekian lama waktu yang di tempuh, tetap saja blog Anda tidak bisa mendatangkan hasil bahkan walau sepeserpun.

Lalu bagaimana cara menghasilkan uang dari blog?

Pertanyaan semacam itu bukan hanya terjadi kepada diri Anda, tapi pernah mengganggu pikiran saya juga. Bahkan saya sangat yakin semua blogger yang ada di indonesia pernah memikirkan hal sama. Mereka terjun ke dunia blogging dan mencari tau tentang cara menghasilkan uang dari blog setelah membaca, melihat dan mendengar kisah-kisah sukses blogger terdahulu yang sekarang duduk manis menikmati penghasilan setiap bulan dari blognya.

Sebelum lanjut kepembahasan pokok yaitu cara menghasilkan uang dari blog, saya akan bercerita sedikit tentang perjalanan awal saya terjun ke dunia blogging.

Saya bisa dibilang orang yang kecanduan dengan internet karena sarat dengan ilmu dan teknologi yang saya sukai, tapi untuk menjadi seorang blogger belum terbersit saat itu. Saya hanya menjalankan aktivitas sebagai seorang bruter yang mengelola beberapa group Bisskey dan semacamnya di Facebook. Kalau Anda pernah mendengar nama akun Flyin Dutchman pasti kenal siapa saya. Pada pertengahan tahun 2015 saya memundurkan diri dari dunia itu karena alasan yang tidak bisa saya ceritakan.

Singkat cerita pada bulan maret 2016 waktu itu saya sedang berkelana di sulawesi selatan tepatnya di desa sangalla toraja utara. Kegiatan sehari-hari saya sebagai tukang servis keliling dari kampung ke kampung, karena merasa sepi saya iseng-iseng untuk membuat sebuah blog yang tujuan awalnya untuk mendokumentasikan setiap pengalaman saya ketika memperbaiki perangkat elektronik supaya kelak kalau anak saya sudah dewasa dan ingin mengikuti jejak ayah nya, tinggal belajar dari pengalaman saya yang sudah di dokumentasikan di blog.

Pada saat itu ketika pertama kali saya login ke blogger dan mulai membuat blog, tidak sedikitpun tersirat dibenak saya untuk menghasilkan uang dari blog. Bahkan waktu itu saya tidak tahu kalau kenyataanya dari hobi menulis di blog itu bisa menghasilkan uang.

Setelah selesai membuat blog lalu saya membuat satu artikel yang merupakan artikel perdana saya. Tulisan saya waktu itu tidak lebih dari sebuah cerita atau obrolan yang menceritakan pengalaman saya sewaktu memperbaiki televisi rusak.

Setelah selesai membuat artikel lalu iseng-iseng saya membagikan artikel saya tersebut di group-group facebook yang dulu saya kelola. Entah karena tulisan saya dianggap bermanfaat, entah karena teman-teman saya yang sekian ribu itu merasa kangen sama saya yang sudah sekian lama menghilang.

Yang jelas blog saya yang waktu itu masih menggunakan domain blogspot diserbu ribuan pengunjung dari facebook. Saya pernah merasakan satu artikel mendapat 70 rb viewer dalam sehari dari facebook. Sampai pada suatu saat ada seorang sahabat yang komen di kiriman saya berkata, Kang FD berapa page view blognya dalam sehari, pasti sangat banyak ya? Saya jawab iya paling sedikit 40 rb pageview perhari. Lalu sahabat saya itu berkomentar lagi, duh kang FD sayangnya belum ada iklan, coba kalau blog kang FD di daftarkan ke Google Adsense, pasti dapat duit banyak tiap hari katanya.

Nah dari mulai saat itulah saya mulai mencari cara bagaimana agar blog saya itu bisa menghasilkan uang. Mencari informasi kesana kemari, dan terkadang informasi yang saya dapatkan tidak sesuai dengan kebenaran. Sebagai contoh saya malah menghapus banyak sekali artikel gara-gara takut daftar Google Adsense ditolak. Saya menghapus artikel-artikel tersebut setelah membaca sebuah artikel entah dari blog siapa saya lupa, katanya kalau mau daftar adsense jangan share artikel ke Facebook, bahkan jangan mendapat kunjungan selain dari organik. Karena saya belum ngerti dan memang bodoh, saya nurut saja menghapus lebih dari 60 artikel yang biasa mendapatkan trafik rutin dari Facebook.

Padahal itu berita sangat tidak benar, karena pada kenyataannya sekarang saya mendapatkan beberapa akun Google Adsense dari blog yang hanya memliki trafik satu dua itupun hanya dari facebook.

Sampai pada cerita merubah domain blog saya dari blogspot menjadi TLD pun hal tersebut juga saya lakukan sebagai upaya agar blog saya bisa menghasilkan uang. Dulu saya percaya kalau blog yang masih berdomain blogspot agak sulit untuk diterima oleh Google Adsense, karena untuk mendaftarkan blog ke Google Adsense dari blogspot harus merubah dulu bahasa pemformatan jangan menggunakan bahasa indonesia, tapi harus menggunkan bahasa inggris. Karena blog saya kontennya bahasa indonesia, saya jadi bingung dan memutuskan untuk mengganti domain blogspot menjadi yang sekarang ini.

Padahal setelah saya perhatikan semakin kesini, ternyata tidak kurang blog yang masih menggunakan blogspot bisa diterima oleh Google Adsense dan bisa menghasilkan uang walau hanya bermodal blog gratisan.

Semua yang saya ceritakan diatas adalah pengalaman nyata saya dari mulai membangun blog , mencari cara membuat konten-konten yang baik sampai cara agar bisa menghasilkan uang dari blog saya. Perjalanannya sangat panjang, sampai pada akhirnya mulai bulan Agustus 2016 saya berhasil mendapatkan $100 pertama saya yang waktu itu hanya dari iklan Google Adsense.

Nah kalau Anda tidak sampai melewati proses sesulit yang pernah saya alami, berarti Anda sangat beruntung. Karena penjelasan yang akan Anda baca sekarang ini merupakan inti sari yang tinggal Anda jalankan dengan benar atau bisa dibilang tinggal mudah nya saja.

6 Cara menghasilkan uang dari blog

Kalau Anda hanya sekilas membaca keterangan saya di atas tentu akan berpikir kalau tujuan dari artikel ini adalah cara menghasilkan uang dari blog dengan Google Adsense. Padahal bukan itu tujuan saya yang sebenarnya.

Agar blog Anda bisa dijadikan modal untuk mendapatkan penghasilan tentu langkah pertama yang harus anda lakukan adalah membuat sebuah blog yang baik, memiliki konten yang berkualitas, memiliki banyak pengunjung dan memiliki nilai jual tinggi. Atau agar lebih jelas tahapan untuk bisa mendapatkan penghasilan dari hobi blogging itu kurang lebih seperti ini:
  1. Membuat blog
  2. Mendesain blog
  3. Membuat konten yang menarik pebisnis online
  4. Mempromosikan konten
  5. Menjual konten
  6. Mendapatkan penghasilan

1. Membuat blog

Membuat blog itu mudah dan juga gratis, tapi kalau tujuan Anda agar bisa mendatangkan penghasilan, tidak bisa asal buat saja, tapi Anda harus bisa membuat blog yang mampu menarik perhatian para pelaku bisnis. Blog yang Anda buat tersebut harus seperti pasar modal, dimana para pelaku bisnis biasa memasarkan barang dagangannya dengan cara menyewa atau bahkan membelinya.

Dan syarat agar blog Anda mampu memikat para pelaku usaha tentunya blog yang Anda buat harus blog yang berkualitas. Blog yang berkualitas itu seperti apa?

Sebuah blog yang berkualitas dari mulai membuat nama atau judul blog saja harus bisa menarik perhatian, karena berdasarkan pengamatan, para pelaku usaha itu akan memilih nama blog yang tepat dalam memasarkan produknya, tidak jauh-jauh, silahkan Anda amati saja blog yang memasang iklan Google Adsense, lalu perhatikan iklan yanng muncul di blognya tersebut, akan lebih banyak yang sesuai dengan nama dan niche dari blog tersebut.

Artikel Terkait: Cara membuat blog: Panduan lengkap untuk pemula.

2. Mendesain blog

Tahap mendesain blog itu bukan semata-mata cantik pada tampilannya saja, tapi perhatikan juga niche dari blog Anda, dari segi warna dan juga penampilan harus benar-benar diperhitungkan. Selain warna dan penampilan juga kecepatan loading blog. usahakan bagaimana caranya agar blog Anda bisa dengan mudah dan cepat untuk diakses. dengan begitu minat para pelaku bisnis online akan semakin kuat.

Artikel Terkait:cara mempercepat loading blog.

Selain penampilan dan kecepatan, hal lain yang harus diperhatikan adalah menu navigasi, agar para pengunjung yang masuk ke blog semakin mudah dalam membuka setiap konten. hal itu juga pasti dilakukan oleh para calon pengiklan, mereka pasti menilai semua struktur blog Anda.

Jadi poin penting dalam mendesain blog itu diantaranya:
  • Penampilan yang disesuaikan dengan nice blog.
  • Kecepatan blog.
  • Menu navigasi yang memudahkan pengunjung dalam mengakses setiap konten.

3. Membuat konten yang menarik pebisnis online

Seperti yang saya katakan, setiap pelaku bisnis online yang biasa membeli konten untuk menawarkan produknya akan melihat tingkat relevansi sebuah konten terhadap produk yang dijualnya. Kalau memang tujuan anda membuat blog agar bisa menghasilkan uang, cara membuat konten pun harus benar-benar diperhitungkan. Dengan kata lain, pancing para pengiklan agar tertarik membayar konten Anda, buatlah konten-konten yang menguntungkan bagi calon pengiklan sebelum diminta.

Pasti Anda sering melihat banyak blog yang mempamerkan kecanggihan Android, padahal admin nya bukan penjual Android. Aada juga blog yang memberikan solusi cara melamar kerja, padahal mereka bukan orang yang ditugaskan oleh perusahaan yang mereka muat dalam artikel cara melamar kerja di tempat tersebut.

Setelah konten diblog Anda banyak, agar mendapatkan banyak pengunjung ke blog. Yaitu dengan cara mempromosikan konten. Karena pengiklan juga tentu mikir belasan kali untuk beriklan di blog yang sepi pengunjung.

4. Mempromosikan konten

Tujuan dari mempromosikan konten adalah untuk mendapatkan trafik ke blog, dan seperti yang sudah saya jelaskan dalam artikel sebelumnya tentang cara mempromosikan konten blog, yaitu dengan cara:
  • Promosi lewat sumber visitor non organik
  • Promosi lewat sumber visitor organik.

Untuk mempromosikan blog ke sumber trafik non organik tentu Anda harus banyak tau dan banyak bergabung dengan berbagai media sosial, karena datangnya trafik non organik itu berasal dari berbagai media sosial.

Agar lebih lengkap silahkan baca: Sumber trafik non organik terbaik untuk meningkatkan trafik blog.

Dan untuk mempromosikan konten ke sumber trafik organik berarti sedikitnya Anda harus mengenal dan belajar tentang SEO. Karena datangnya trafik organik itu berasal dari mesin pencari, oleh sebab itu Anda harus tau bagaimana memaksimalkan setiap konten terhadap mesin pencari yaitu dengan SEO tadi, atau konten yang Andaa buat harus SEO.

Artikel Terkait: Apa itu konten SEO? Panduan lengkap membuat konten SEO untuk pemula.

Setelah konten di blog Anda banyak dan pengunjung yang rutin berkunjung ke blog melimpah juga banyak, sekarang tinggal Anda tentukan, mau nunggu bola atau jemput bola? dalam artian, mau nunggu pengiklan datang keblog untuk membeli space iklan atau mau menawarkan langsung kepada pengiklan?
Kalau buat saya pribadi lebih memilih jemput bola, atau menawarkan konten kepada para pengiklan.

5. Menjual konten

Menjual konten kepada siapa? ya kepada para pelaku usaha, dalam hal ini Anda fokus kepada para pengiklan. Pengiklan itu terdiri dari:
  • Pengiklan pribadi
  • Pengiklan via jasa layanan

a. Pengiklan pribadi biasanya menyediakan sistem afiliasi, atau sistem komisi.

Saya rasa hal ini yang paling mudah, tinggal anda cari program afiliasi yang berhubungan dengan konten diblog Anda. modalnya sudah jelas ada yaitu konten dan pengunjung, tinggal anda yakin aja, gak mungkin orang sakit mencari obat ke toko pakaian.

Nah tidak ada bedanya dengan konten, Anda membuat konten tentang cara seting domain lalu anda menyediakan iklan jual domain, cocok banget itu. dan pasti sedikit demi sedikit blog anda akan mulai menghasilkan uang.

Artikel Terkait: Cara membuat blog yang tepat untuk menjalankan program afiliasi.

b. Pengiklan yang menawarkan produknya lewat jasa iklan

Kita semua tau, jasa iklan yang menampung jutaan pengiklan itu yang paling populer adalah Google adwords. Google adwords beriklan lewat Google adsense, Google adsense beriklan lewat blog atau situs. Tinggal kuatkan niat dan tekad anda, segera daftarkan blog anda ke Google adsense. nunggu apa lagi? konten sudah banyak, pengunjung sudah banyak, asal blog anda memenuhi kriteria program Adsense sudah pasti diterima.

Artikel Terkait: Cara daftar Google Adsense agar mudah dan cepat diterima.

6. Mendapatkan penghasilan

Kalau 5 tahapan diatas sudah Anda lakukan dengan sebaik-baiknya, sudah pasti sedikit demi sedikit blog Anda akan mulai bisa mendatangkan penghasilan, dan semakin banyak orang yang sukses dengan memanfaatkan blog Anda sebagai sarana untuk mereka memasarkan barang dagangannya, kepercayaan publik akan semakin meningkat, dan cita-cita Anda untuk bisa menghasilkan uang dari blog sudah pasti bisa terwujud.

Mungkin itu saja yang bisa saya sampaikan tentang bagaimana cara menghasilkan uang dari blog yang tentunya sangat di idam-idamkan oleh setiap blogger atau webmaster, terutama oleh blogger pemula yang belum merasakan bagaimana menikmati hasil dari hobi blogging.

1 comments so far

Terima kasih infonya mas, mau coba mulai hasilin duit dari blog nih :)

Silahkan berkomentar dengan sopan dan tidak meninggalkan link aktip.

Terima Kasih.

EmoticonEmoticon