Cara menghasilkan uang dari blog

Cara menghasilkan uang dari blog - Setiap kali kita mendengar kalimat blogger sukses yang berpenghasilan ratusan bahkan sampai ribuan dollar setiap bulannya, pada awalnya saya bertanya-tanya bagaimana sih cara mereka membuat blog sehingga bisa menghasilkan uang sebanyak itu? Semua pertanyaan yang sebelumnya selalu mengundang rasa penasaran dan mengganggu pikiran saya akhirnya terjawab sudah setelah saya sendiri terjun kedalam dunia blogging.

Ternyata memang benar, kalau dari sekedar hobi membuat tulisan lewat blog pada akhirnya bisa jadi pundi-pundi uang yang mengalir setiap bulan ke rekening saya. Dan kalau diantara pembaca ada yang penasaran juga ingin tau bagaimana caranya kok ngeblog bisa menghasilkan uang. Pada kesempatan kali ini saya akan menulis tentang bagaimana cara menghasilkan uang dari blog atau situs anda.

Cara menghasilkan uang dari blog

Perlu kita ketahui, untuk bisa menghasilkan uang dari hobi kita menulis di blog tentu tidak semudah membalikan telapak tangan, namun ada beberapa langkah dan tahapan atau proses yang harus dijalani dan dilewati.

Seperti yang pernah saya tulis dalam artikel sebelumnya tentang fase atau siklus yang menentukan perkembangan dan keberhasilan sebuah blog.

Jadi tidak serta merta begitu saja asal sudah membuat blog lalu bisa langsung menghasilkan uang, semuanya ada proses yang sangat panjang dan memerlukan kesabaran serta ketekunan.

Anda juga bisa membaca bantuan google tentang cara bagaimana menghasilkan uang dengan blog anda.

Cara menghasilkan uang dari blog


Dari mana dulu memulai langkah agar keinginan kita untuk bisa mendapatkan penghasilan dari blog bisa terwujud? Tentunya dari mulai membuat sebuah blog dan konten sampai bisa mendatangkan trafik yang bagus, lalu mempromosikan blog dan konten kepada siapa saja yang berani membayar blog dan konten kita itu, atau agar lebih jelas tahapan untuk bisa mendapatkan penghasilan dari hobi blogging itu kurang lebih seperti ini:
  1. Membuat blog
  2. Mendesain blog
  3. Membuat konten
  4. Mempromosikan konten
  5. Menjual konten
  6. Mendapatkan penghasilan.
Ternyata memang tidak semudah yang dibayangkan cara agar bisa mendapatkan uang dari blog itu. Tapi tidak sesusah bayangan kita kalau dijalankan. Dasar awalnya kan hobi, kalau bicara hobi biasanya siapapun rela merogoh kocek meskipun dalam jumlah yang fantastis demi menyalurkan hobi, betul tidak? apalagi ini hobi yang bisa menghasilkan uang.

1. Membuat situs/blog


Membuat situs/blog itu mudah dan juga gratis, tapi kalau tujuan kita membuat situs agar bisa mendatangkan penghasilan, tidak bisa asal buat saja, namun kita harus bisa membuat blog yang mampu menarik perhatian para pelaku bisnis. Blog  yang kita buat tersebut harus seperti pasar modal, dimana para pelaku bisnis biasa memasarkan barang dagangannya dengan cara menyewa atau bahkan membelinya. Dan syarat agar blog kita mampu memikat para pelaku usaha tentunya blog yang kita buat harus blog yang berkualitas.

Blog yang berkualitas bagaimana?

Dari mulai membuat nama atau judul blog saja harus bisa menarik perhatian, karena berdasarkan pengamatan, para pelaku usaha itu akan memilih nama blog yang tepat dalam memasarkan produknya, tidak jauh-jauh, kita amati saja blog yang memasang iklan google adsense, lalu perhatikan iklan yanng muncul di blognya tersebut, akan lebih banyak yang sesuai dengan nama dan nice dari blog tersebut.

Agar lebih lengkap silahkan baca: Cara membuat blog berkualitas bagi pemula.

2. Mendesain blog


Tahap mendesain blog itu bukan semata-mata cantik pada tampilannya saja, tapi perhatikan juga nice dari blog kita. dari segi warna dan juga penampilan harus benar-benar diperhitungkan. Selain warna dan penampilan juga kecepatan loading blog. usahakan bagaimana caranya agar blog kita bisa dengan mudah dan cepat untuk diakses. dengan begitu minat para pelaku bisnis online akan semakin kuat.

Kalau anda belum tau bagaimana caranya agar loading blog menjadi cepat ketika diakses, silahkan baca: cara mempercepat loading blog.

Selain penampilan dan kecepatan, hal lain yang harus diperhatikan adalah menu navigasi, agar para pengunjung yang masuk ke blog semakin mudah dalam membuka setiap konten. hal itu juga pasti dilakukan oleh para calon pengiklan, mereka pasti menilai semua struktur blog kita.

Jangan lupa untuk menambahkan daftar isi otomatis, agar setiap konten baru yang kita buat bisa dengan mudah diakses oleh para pengunjung dan para calon pengiklan. dalam artikel lain sudah saya bahas tentang cara membuat daftar isi otomatis atau sitemap.

Jadi poin penting dalam mendesain blog itu diantaranya:
  • Penampilan yang disesuaikan dengan nice blog.
  • Kecepatan blog.
  • Menu navigasi yang memudahkan pengunjung dalam mengakses setiap konten.

3. Membuat konten


Seperti yang diatas saya contohkan, setiap pelaku bisnis online yang biasa membeli konten untuk menawarkan produknya, akan melihat tingkat relevansi sebuah konten terhadap produk yang dijualnya. Kalau memang tujuan anda membuat blog agar bisa menghasilkan uang, cara membuat konten pun harus benar-benar diperhitungkan. Dengan kata lain, pancing para pengiklan agar tertarik membayar konten kita, buatlah konten-konten yang menguntungkan bagi calon pengiklan sebelum diminta.

Pasti anda sering melihat banyak blog yang mempamerkan kecanggihan android, padahal admin nya bukan penjual android. ada juga blog yang memberikan solusi cara melamar kerja, padahal mereka bukan orang yang ditugaskan oleh perusahaan yang mereka muat dalam artikel cara melamar kerja di tempat tersebut.

Setelah konten diblog anda banyak, agar mendapatkan banyak pengunjung ke blog. Yaitu dengan cara mempromosikan konten. Karena pengiklan juga tentu mikir belasan kali untuk beriklan di blog yang sepi pengunjung.

4. Mempromosikan konten


Seperti yang sudah saya jelaskan dalam artikel sebelumnya tentang cara mempromosikan konten blog, yaitu dengan cara:
  • Promosi lewat sumber visitor non organik
  • Promosi lewat sumber visitor organik.
Setelah konten banyak dan pengunjung yang rutin berkunjung ke blog melimpah ruah, sekarang tinggal anda tentukan, mau nunggu bola atau jemput bola? dalam artian, mau nunggu pengiklan datang keblog untuk membeli space iklan atau mau menawarkan langsung kepada pengiklan?
Kalau buat saya pribadi lebih memilih jemput bola, atau menawarkan konten kepada para pengiklan.

5. Menjual konten


Menjual konten kepada siapa? ya kepada para pelaku usaha, dalam hal ini kita fokus kepada para pengiklan. Pengiklan itu terdiri dari:
  • Pengiklan pribadi
  • Pengiklan via jasa layanan

a. Pengiklan pribadi biasanya menyediakan sistem afiliasi, atau sistem komisi.

Saya rasa hal ini yang paling mudah, tinggal anda cari program afiliasi yang berhubungan dengan konten diblog kita. modalnya sudah jelas ada yaitu konten dan pengunjung, tinggal anda yakin aja, gak mungkin orang sakit mencari obat ke toko pakaian.

Nah tidak ada bedanya dengan konten, anda membuat konten tentang cara seting domain lalu anda menyediakan iklan jual domain, cocok banget itu. dan pasti sedikit demi sedikit blog anda akan mulai menghasilkan uang.

b. Pengiklan yang menawarkan produknya lewat jasa iklan

Kita semua tau, jasa iklan yang menampung jutaan pengiklan itu yang paling populer adalah google adwords. google adwords beriklan lewat google adsense, google adsense beriklan lewat blog atau situs. Tinggal kuatkan niat dan tekad anda, segera daftarkan blog anda ke google adsense. nunggu apa lagi? konten sudah banyak, pengunjung sudah banyak, asal blog anda memenuhi kriteria program adsense sudah pasti diterima.

6. Mendapatkan penghasilan


Kalau 5 tahapan diatas sudah kita lakukan dengan sebaik-baiknya, sudah pasti sedikit demi sedikit blog kita akan mulai bisa mendatangkan penghasilan, dan semakin banyak orang yang sukses dengan memanfaatkan blog kita sebagai sarana untuk mereka memasarkan barang dagangannya, kepercayaan publik akan semakin meningkat, dan cita-cita kita untuk bisa menghasilkan uang dari blog sudah pasti bisa terwujud.

Mungkin itu saja yang bisa saya sampaikan tentang bagaimana cara menghasilkan uang dari blog yang tentunya sangat di idam-idamkan oleh setiap blogger atau webmaster, terutama oleh blogger pemula yang belum merasakan bagaimana menikmati hasil dari hobi ngeblog.

1 komentar so far

Terima kasih infonya mas, mau coba mulai hasilin duit dari blog nih :)

Silahkan berkomentar dengan sopan dan tidak meninggalkan link aktip.

Terima Kasih.

EmoticonEmoticon