Cara menerapkan heading h1 h2 h3 h4 dalam postingan agar lebih seo friendly

Berbekal kekurangan ilmu yang saya kuasai tentang dunia blogging, kali ini saya akan mencoba menjelaskan bagaimana cara menerapkan fungsi heading h1,h2,h3 dan h4 dalam sebuah postingan, yang katanya agar lebih seo friendly.

Cara menerapkan heading h1 h2 h3 h4 dalam postingan

Biar lebih jelas lagi tentang arti dari kata seo friendly adalah bersahabat, atau akur, atau ramah dan mudah dimengerti oleh mesin pencari. Dengan begitu otomatis sekalipun kata kunci yang ditulis oleh calon pengunjung sangat singkat, mesin pencari akan sangat mudah mengarahkan pengunjung tersebut ke situs mana harus mencari jawaban dari kata kunci yang ditulisnya itu.

Contohnya begini, saking malasnya pengunjung menulis, ketika ingin tau penyebab artikel tidak terindek di search engine, maka orang tersebut hanya menulis "Artikel tidak terindek" misalnya. karena mesin pencari sudah dirancang dengan sangat baik dalam menangkap setiap kalimat, maka mesin pencari akan menyimpulkan kalau kalimat tersebut merupakan pertanyaan. dan pastinya mesin pencari akan mencari situs yang memberikan jawaban dari pertanyaan itu.

Kira-kira menurut anda, mesin pencari akan mengarahkan pengunjung tersebut ke situs yang yang menulis tentang penyebab artikel tidak terindeks, atau mengarahkan pengunjung ke situs yang menulis tentang penyebab artikel tidak terindeks dan cara mengatasinya? 70% mesin pencari akan mengarahkan lebih dulu ke situs yang menulis tentang penyebab artikel tidak terindeks dan cara mengatasinya.

Cara mesin pencari mengarahkan pengunjung untuk masuk ke situs yang menulis tentang penyebab artikel tidak terindeks dan cara mengatasinya itu bagaimana? yaitu dengan memposisikan situs penulis artikel itu diposisi paling awal. atau yang sering disebut dengan istilah halaman pertama (page one).

Kalau dijelaskan secara detail ya begini nih, panjang dan seoalah berbelit-belit. tapi ada bagusnya juga buat saya sebagai penulis secara tidak sengaja sudah membuat konten yang panjang, mudah-mudahan relevan, dan siapa tau page one, hehe...

Tadi katanya mau menjelaskan cara yang benar menerapkan fungsi h1 sampai h4 dalam postingan, kok malah membahas pengunjung yang malas menulis dan kepintaran mesin pencari dalam memahami tujuan kalimat yang ditulis oleh pengunjung malas tadi, emang apa hubungannya?

Kalau anda menyimak dengan seksama, dari cerita diatas, maka anda akan mendapatkan poin yang sangat penting dari yang disebut ilmu seo.

Kita ulang lagi biar lebih jelas.

Pengunjung menulis: "artikel tidak terindeks".

Mesin pencari menjawab: " Penyebab artikel tidak terindeks dan cara mengatasinya.

Dari 1 kata kunci bisa menampilkan 2 jawaban bahkan lebih, kalimat diatas bisa menjadi tiga kata kunci. belum paham?

Perhatikan

1. Penyebab artikel tidak terindeks
2. Cara mengatasi artikel tidak terindeks
3. Penyebab artikel tidak terindeks dan cara mengatasinya.

Nah disini pentingnya kita menerapkan heading H1 sampai H4 dengan benar itu, agar artikel yang kita tulis lebih kaya akan kata kunci.

Cara menerapkan h1,h2,h3,h4 dengan benar


Agar lebih rinci kita bahas satu persatu dari mulai heading h1 atau judul sampai h4 minor heading.

1. Menerapkan heading H1

H1 adalah judul dari postingan yang dimaksud, makanya H1 tidak boleh lebih dari 1 dari setiap postingan, oleh sebab itu untuk template yang seo friendly akan merubah secara otomatis judul artikel ketika di klik menjadi title H1,H2.

Ingat penerapan heading yang salah sering berdampak pada penolakan ketika mendaftar adsense dengan alasan gunakan paragraf yang lengkap bukan hanya judul. hal tersebut karena ketidak sengajaan mengulang H1 dalam sebuah postingan.

2. Menerapkan heading H2

H2 dalam sebuah postingan atau halaman posting bisa sampai 8 kali, dan memang kalau bisa gunakan semaksimal mungkin agar kata kunci lebih kaya.

3. Menerapkan heading H3

H3 dalam sebuah postingan maksimalnya juga 8.

4. Menerapkan heading H4

Untuk h4 jumlah maksimalnya bisa lebih dari 8 bahkan tidak terbatas.

Sekarang kita buat contoh 1 artikel yang berjudul penyebab artikel tidak terindeks, dalam artikel yang akan kita jadikan contoh berikut, akan saya jelaskan dimana tepat nya menerapkan h1 sampai h4 pada setiap paragraf.

Penyebab artikel tidak terindeks dan cara mengatasinya

Kita mulai dari mencari penyebab artikel tidak terindeks dulu, sebelum berlanjut kecara mengatasinya.

Penyebab artikel tidak terindeks

Penyabab artikel tidak terindeks bisa terjadi karena 2 hal.

Penyebab artikel tidak terindeks yang pertama

Mungkin anda belum mendaftarkan blog anda ke webmaster, belum kirim sitemap dan belum melakukan sumbit url, sehingga artikel akan sangat lambat di indeks oleh mesin pencari.

Penyebab artikel tidak terindeks yang kedua

Kalau blog anda sudah didaftarkan ke webmaster sudah kirim sitemap dan lain-lain, malahan sebelum-sebelumnya sangat mudah terindeks, tapi sekarang tidak terindeks.

Hal itu sangat yakin kalau blog anda terkena sanksi hukuman/ penalty google.

Untuk memastikan apakah blog anda terkena pinalty atau tidak, bisa dicek dengan cara mengetik site:alamat blog di mesin telusur.

Contoh: site:http://www.flyin-dvb.com lalu cari atau enter, kalau tidak menghasilkan apa-apa berarti positif blog anda terkena pinalty.

Jenis-jenis hukuman/pinalty google yang umum


Seperti yang saya jelaskan diatas kalau tiba-tiba artikel atau langsung dengan situsnya hilang dari search engine, maka kemungkinan situs anda terkena 1 dari 5 hukuman dari google yang diantaranya.

1. Sanksi google penguin

Apa itu google penguin? google penguin adalah algoritma google yang dirancang untuk melumpuhkan situs spam.

Situs spam itu adalah situs yang melakukan tindakan cloaking, penumpukan kata kunci transparan dan ikut serta dalam pencarian backlink yang dilarang.

Agar terhindar dari sanksi google penguin

Hindari kegiatan cloaking dengan membatasi penggunaan kata kunci dalam postingan jangan lebih dari 5 kali untuk 1 kata kunci.

Kalau anda terlanjur melakukannya dan sudah mendapat sanksi, segera perbaiki konten-konten anda, buat serelevan mungkin agar nyaman dibaca oleh manusia.

Jangan membuat backlink dengan cara-cara instan yang tidak wajar, seperti menggunakan auto backlink, hal tersebut sama sekali tidak akan ada dampak positifnya bagi situs anda, justru situs anda hanya akan dijadikan lalulintas robot yang sangat bertentangan dengan pedoman mutu webmaster, dan akhirnya situs anda akan mendapat hukuman pinalty dari google penguin.

2. Sanksi google panda

Google panda beda dengan google penguin, tugas tugas google panda ini adalah melumpuhkan situs tidak bermutu yang kontennya lebih cenderung sama dengan blog lain, bahkan nyaris sama atau bisa juga disebut situs copy paste.

Agar terhindar dari sanksi google panda

Kalau topik yang anda gunakan disitus anda mirip dengan situs lain, usahakan jangan meniru apalagi sama persis, sekalipun anda tidak copy paste tapi tetap tidak akan dihitung sebagai sesuatu yang unik dan bermanfaat oleh google, karrna hanya akan memenuhi indeks google dengan duplikat konten.

Buat sesuatu yang beda dan unik, sebagai contoh kalau situs lain membahas cara mencuci piring dengan lemon, anda bisa menulis cara mencuci piring dengan campuran sabun colek dan abu gosok.

Judul sama tapi dalam cara benar-beda dan punya keunikan tersendiri.

Jangan sesekali terpikir untuk membuat situs hasil copy paste apalagi yang sedang marak sekarang dikenal dengan istilah AGC (Auto Generate Content). yakinlah kalau kegiatan seperti itu tidak akan membawa situs anda ke arah yang lebih baik.

3. Sanksi google untuk link tidak alami

Dalam hal ini lebih ditekankan kepada situs yang membabi buta membangun backlink semu, bisa dari jalan membuat blog zombi yang tujuannya yang penting ada backlink untuk situs utamanya.

Menghindari hukuman akibat link palsu/buatan

Membuat email yang banyak lalu membuat blog yang banyak juga yang hanya di isi konten berisi link yang menuju ke situs utama dengan tujuan memperbanyak backlink. hal tersebut hanya akan membuat situs utama anda dipenuhi oleh backlink tidak berkualitas, apalagi kalau terdeteksi kalau kegiatan itu dilakukan oleh beda email tapi perangkat dan ip yang sama, jelas tidak ada manfaatnya, malah resikonya blog anda bisa menghilang dari search engine.

Link keluar yang menuju situs anda itu harus murni ditulis oleh pemilik asli dari situs itu berdasarkan konten yang anda tulis di situs anda.

4. Hukuman google untuk jasa pemasangan backlink

Karena sulitnya membangun backlink akhirnya memutuskan untuk menggunakan jasa backlink, tanpa diteliti lebih dulu kalau cara yang digunakan oleh jasa penanam backlink tersebut adalah cara sesat dengan melibatkan robot untuk menanam backlik ke situs-situs yang kualitasnya rendah dan mengandung banyak spam.

Agar tidak bergantung pada jasa pemasangan backlink

Jangan pernah takut situs anda tidak bisa maju dengan tanpa banyak backlink, yakinlah kalau konten yang bermanfaat akan secara perlahan tapi pasti mendatangkan backlink yang berkualitas bagi situs anda.

Blog saya ini pun tidak punya banyak backlink, satu karena untuk membangun backlink selain jadi penulis diblog orang sangat sulit, untuk membeli layanan pemasangan backlink itu butuh biaya yang tidak sedikit kalau untuk ukuran saya.

5. Hukuman akibat komentar spam

Mencari backlink yang paling mudah adalah dengan berkomentar di blog orang lain dengan menyisipkan link aktip yang menuju ke situsnya, hal tersebut akan dianggap sebagai kegiatan spam yang berbahaya untuk kedua belah pihak, terutama untuk blog yang dalam halaman komentarnya banyak sekali link aktip dari komentar pengunjung.

Mencegah spam pada komentar blog

Kalau anda tidak punya banyak waktu untuk memantau setiap komentar yang masuk, sebaiknya terapkan fitur komentar yang dimoderasi.

Selain itu usahakan dalam menjawab setiap komentar yang masuk tetap ramah dan jangan asal jawab, terkadang menjawab komentar asal ceplos dan gak nyambung dengan topik bisa memicu kemarahan dari komentar pengunjung yang bertanya.

Selesai sudah contoh artikelnya, jangan dilihat dari isi artikelnya ya, soalnya pasti tidak bermutu, karena judulnya juga hanya contoh.

Yang paling penting disini adalah saya akan berikan contoh dimana bagusnya penerapan heading h1 sampai h4 dari contoh artikel dari contoh artikel diatas.

H1
Penyebab artikel tidak terindeks dan cara mengatasinya

H2
Penyebab artikel tidak terindeks

H3
Penyebab artikel tidak terindeks yang pertama

H3
Penyebab artikel tidak terindeks yang kedua

H3
Jenis-jenis hukuman/pinalty goolgle yang umum

H4
Jenis-jenis hukuman/pinalty goolgle yang umum

H4
Sanksi google penguin

H4
Cara agar terhindar dari sanksi google penguin

H4
Sanksi google panda

H4
Cara agar terhindar dari sanksi google panda

H4
Sanksi google untuk link tidak alami

H4
Cara menghindari hukuman akibat link palsu/buatan

H4
Hukuman google untuk jasa pemasangan backlink

H4
Cara agar tidak bergantung pada jasa pemasangan backlink

H4
Hukuman akibat komentar spam

H4
Cara mencegah spam pada komentar blog

Nah seperti itu sob, dengan menerapkan heading H1 sampai H4 dengan benar bisa memperkaya kata kunci, dan memiliki peluang bisa ditemukan dengan beberapa kata kunci, juga akan memberikan nilai bagi sebuah artikel yaitu memiliki paragraf yang lengkap.

Jangan lupa agar lebih menggigit seo nya, dalam deskripsi penelusuran harus memasukan H1 juga ya.

Mungkin itu saja yang bisa saya sampaikan tentang cara menerapkan h1 h2 h3 h4 dalam postingan agar lebih seo friendly. Semoga bermanfaat.

Related Post:

4 komentar

Artikel yang sangat membantu untuk mengoptimasi artikel agar berada di halaman pertama google, makasih..

terima kasih mas bos sudah berkunjung :)

Silahkan berkomentar dengan sopan dan tidak meninggalkan link aktip.

Terima Kasih.

EmoticonEmoticon