Cara mempromosikan konten untuk mendapatkan ribuan visitor organik dan non organik

Banyak sekali cara yang bisa anda lakukan untuk mendapatkan ribuan visitor ke situs/blog, baik itu visitor organik dan juga visitor non organik, yaitu salah satunya dengan cara mempromosikan konten ke sumber yang yang bisa mendatangkan visitor organik dan sumber yang bisa mendatangkan visitor non organik.

Promosi konten ada 2 jenis yaitu promosi gratis melalui layanan gratis seperti webmaster dan media sosial, promosi berbayar melalui situs penyedia layanan yang paling trend sekarang adalah google adword.

Cara mempromosikan konten untuk mendapatkan ribuan visitor organik dan non organik

Kita akan bahas keduanya, tapi sebelumnya wajib kita ketahui dulu perbedaan antara visitor organik dan non organik, agar kita bisa menentukan jalur mana yang akan kita pilih dalam mempromosikan konten tersebut, apakah mau pilih cara yang gratis atau pilih cara yang berbayar.

Perbedaan visitor organik dan visitor non organik.


Kedua sumber tersebut tujuannya sama yaitu untuk meningkatkan traffik sebuah situs, hanya cara masuknya saja yang berbeda.

1. Visitor organik

Visitor organik adalah visitor yang datang dari mesin telusur/search engine, yang pada awalnya visitor organik itu tidak tau keberadaan situs kita, tapi karena ketika suatu waktu mereka menulis kata kunci/keyword di mesin telusur, lalu menemukan halaman situs kita dimesin telusur, maka pengunjung tersebut akan masuk dan dicatat sebagai visitor organik.

2. Visitor non organik

Kalau visitor non organik itu visitor yang datang dari rujukan, bisa dari link yang anda share ke google+, bisa dari link yang anda share ke facebook, bisa dari link yang anda share ke twiiter dan masih banyak lagi media sosial yang bisa anda gunakan untuk mempromosikan konten agar bisa mendatangkan visitor non organik.

Untuk mendapatkan 2 sumber visitor tersebut tentu memiliki tingkat kesulitan yang berbeda, terutama kalau kita ingin mendatangkan visitor organik. selain konten yang anda tulis harus benar-benar relevan dengan kata kunci, juga harus dibarengi dengan teknik seo yang baik.

Berbeda dengan visitor non organik, asal konten dibuat menarik lalu anda share ke beberapa media sosial yang tadi saya sebutkan diatas, maka kemungkinan besar situs anda akan mendapatkan visitor langsung tanpa perlu konten yang berkualitas dan tanpa perlu teknik khusus atau teknik seo.

Cara mempromosikan konten ke sumber traffik organik gratis


Kita semua tau, kalau sumber traffik organik itu adalah search engine/mesin telusur. Ada banyak sekali jenis search engine dan juga robot-robotnya yang biasa merayapi konten di setiap situs.
Diantaranya:
  • Aeiwi
  • Alexa
  • AllTheWeb
  • AltaVista
  • AOL Netfind
  • Anzwers, Canada
  • DirectHit
  • EuroSeek
  • Excite
  • Overture
  • Go
  • Google
  • HotBot
  • InfoMak
  • Kanoodle
  • Lycos
  • MasterSite
  • National Directory
  • Northern Light
  • SearchIt
  • SimpleSearch
  • WebsMostLinked
  • WebTop
  • What-U-Seek
  • AOL
  • Yahoo
  • WebCrawler
  • Infoseek
  • Excite
  • Magellan
  • LookSmart
  • bing
  • CNET
  • Googlebot
  • yandex

dan masih banyak lagi, cuma saya tidak tau semuanya. Tapi yang paling umum kita ketahui dan biasa kita gunakan untuk mempromosikan konten hanya google dan bing.

Untuk mempromosikan konten kita ke google, bing, dan yandex yaitu dengan cara mengirim peta situs atau sitemap ke masing-masing search engine, juga mensubmit url laman apabila ada konten baru atau konten lama yang diperbaharui.

1. Kirim sitemap ke google webmaster. Masuk ke search console masing-masing lalu pada menu perayapan klik peta situs dan klik tambahkan peta situs. isi dengan sitemap.xml lalu kirim.

Cara kirim sitemap ke search console

Tunggu beberapa hari sampai terkirim dan terindeks. seperti blog flyin dvb sampai saat ini baru memiliki 160 konten yang sudah terkirim dan terindeks.

Url yang terkirim dan terindeks

Perlu diperhatikan, cepat atau lambatnya proses pengindekan tidak bisa ditentukan oleh kita, mungkin google boot punya cara lain untuk memasukan setiap konten ke daftar indeks, bisa saja dari misalnya 1000 situs menulis konten yang topik nya sama, maka yang paling berkualitaslah yang akan lebih dulu dimasukan ke daftar indeks.

Setelah mengirim sitemap, jangan lupa untuk mensubmit url ke search console, baik url baru maupun url lama. Cara submit url ke search console pernah saya bahas dalam artikel cara submit url ke webmaster tools, silahkan buka tautannya.

2. Mengirim sitemap ke bing webmaster. Silahkan login ke bing webmaster tools, kalau belum memiliki akun silahkan daftar terlebih dahulu, kalau sudah selesai mendaftarkan akun dan situs/blog, pada menu my site → Dashboard klik configure my site dan pilih sitemaps. masukan url lengkap contohnya http://www.flyin-dvb.com/sitemap.xml .

Jangan lupa untuk melakukan submit url ke bing webmaster, dengan cara klil SUBMIT A URL, masih di menu configure my site dibawah sitemaps.

Itulah 2 cara mempromosikan konten ke search engine yang bertujuan agar mendapat traffik gratis dari sumber organik.

3. Mempromosikan konten ke sumber traffik non organik gratis. Seperti yang sudah saya jelaskan diatas, selain traffik organik juga ada sumber traffik non organik, yang umum digunakan untuk promosi konten adalah facebook, twitter dan google+.

Agar promosi anda lebih tepat sasaran dan mendapatkan pengunjung yang banyak, sebaiknya promosi dilakukan ke group-group yang topiknya sesuai dengan konten anda. kalau konten anda membahas blogger, bergabunglah dengan group-group yang membahas blogger juga.

Di google+ anda bisa membuat group sendiri dan mengajak teman untuk bergabung, atau bisa juga bergabung dengan group IAPD Indonesia Adsense Publisher Discussion yang para adminnya sudah tidak diragukan lagi dalam ilmu seputar blogging.

Di facebook anda bisa bergabung dengan group yang topiknya sama dengan konten anda, atau bisa dengan cara membuat group atau halaman facebook dan usahakan untuk memiliki banyak teman yang sekiranya suka dengan topik-topik di konten anda.

Kalau di twitter anda harus banyak pengikut, agar dapat banyak pengikut caranya tampilkan profile akun twitter anda di situs/blog agar pengunjung tertarik untuk membukanya dan semoga mau jadi pengikut anda.

Jangan menutup diri juga untuk mengikuti orang lain. Semakin banyak pengikut dan yang di ikuti maka setiap konten yang anda promosikan ke twitter akan mendapat perhatian dari orang banyak, dengan begitu diharapkan bisa mendatangkan traffik yang banyak juga.

Itu cara mempromosikan konten ke sumber traffik non organik secara gratis, silahkan anda praktekan dan semoga traffik ke situs/blog anda semakin melimpah ruah.

4. Mempromosikan konten ke sumber traffik organik berbayar. Kalau punya modal dan dirasa perlu, apa salahnya kalau kita mempromosikan konten ke sumber traffik organik lewat layanan berbayar. bisa anda bayangkan sebuah konten dengan teknik seo yang bagus ditambah lagi dengan cara promosi berbayar, saya yakin pengunjung akan semakin banyak, karena kita dibantu oleh layanan berbayar tadi.

Salah satu layanan yang bisa digunakan untuk beriklan (promosi konten) yang paling terkenal dan terpercaya milik google yaitu google adwords. di google adwords apa sajs bisa kita promosikan, dari mulai situs blog, konten, jasa, produk dan lain-lain.

Untuk lebih jelasnya silahkan login ke https://www.google.co.id/adwords/ dengan email anda, disitu anda akan mendapat banyak penjelasan tentang produk dan harga yang tersedia untuk layanan periklanan google adwords.

5. Mempromosikan konten ke sumber traffik non organik berbayar. Memang nya ada layanan berbayar dari sumber traffik non organik? ada. salah satunya facebook ads, selain mudah dan murah, facebook ads adalah jaringan periklanan yang kita semua tau kalau facebook itu sebuah jejaring sosial untuk semua kalangan.

Facebook ads akan membantu anda dalam mempromosikan konten, dan sama seperti google adwords, iklan yang muncul di facebook nantinya akan disesusikan dengan karakter pengguna, jadi promosi konten anda akan lebih tepat sasaran bila dibanding dengan share konten secara gratis.

Artikel Terkait: Cara meningkatkan trafik blog tanpa harus update artikel baru.

Saya rasa cukup lengkap pembahasan tentang cara mempromosikan konten ke sumber traffik organik gratis, simber traffik organik berbayar, sumber traffik non organik gratis dan sumber traffik non organik berbayar yang bisa saya sampaikan pada artikel kali ini. Kurang lebihnya saya mohon maaf, dan semoga ada manfaatnya.

5 komentar

Banyak banget situs untuk didaftarin peta situsnya kang. Saya cuma daftarin di bing sama google search console. Mungkin itu yang bikin blog saya masih puluhan visitornya. Ntar saya coba daftar lah. By the way kalao yg traffic berbayar pernah coba ga kang? Apa selama ini cuma pake yg organic saja?

Saya juga sama hanya menggunakan google dan bing mas, sementara ini belum menggunakan promosi berbayar

bang ane dah 2 bulan trafik kok masih rendah yak artikel apadahal dah 37 an

Setelah saya cek, blog mas yis itu gado-gado seperti blog saya ini, tinggal cek artikel mana yang paling banyak mendapat trafik dari organik, nak artikel seperti itu lah yang harus dtingkatkan.

terus saya melihat ada tulisan dengan tanda koma dua terbalik seperti ini “hehe”, robot crawel tidak bisa membaca tanda koma seperti itu.

Silahkan berkomentar dengan sopan dan tidak meninggalkan link aktip.

Terima Kasih.

EmoticonEmoticon