Blog anda ingin tetap banyak pengunjung? Jangan membuat artikel yang berkualitas SEO

Setiap pemilik blog tentu punya tujuan dan keinginan yang sama, yaitu ingin blog nya selalu mendapat banyak pengunjung (visitor), dan sudah sewajarnya berbagai upaya dilakukan, terutama yang berhubungan dengan seo, karena katanya cara paling ampuh untuk mendatangkan banyak pengunjung adalah dengan optimisasi seo, dari mulai optimisasi seo onpage, seo offpage dan terus memperbanyak konten/artikel yang berkualitas seo. Tapi kalau semua upaya yang berhubungan dengan seo tidak juga membuahkan hasil, atau tidak mampu mendatangkan banyak pengunjung ke blog, coba lakukan saran saya, yaitu jangan membuat artikel seo.

Duh jadi bingung, katanya cara kalau ingin mendapatkan banyak pengunjung harus membuat artikel SEO, ini malah dilarang. Yang benar yang mana sih? Yang benar bacalah artikel ini sampai selesai.

Blog anda ingin tetap banyak pengunjung? Jangan membuat artikel yang berkualitas SEO

Cara agar blog selalu dapat banyak pengunjung


Sebuah artikel secara tidak kita sadari itu memiliki 3 (tiga) kategori, dan salah satunya yang akan menjadikan blog anda selalu ramai oleh pengunjung.

Kategori apa saja yang dimaksud disini?
  1. Artikel yang seo friendly
  2. Artikel yang user friendly
  3. Artikel yang user seo friendly
Dari 3 kategori artikel diatas memiliki devinisi yang sangat berbeda, biar kita semua paham betul, saya akan jelaskan satu persatu.

Artikel yang seo friendly


Sebuah artikel yang seo friendly itu adalah artikel yang semata-mata bertujuan agar mudah ditemukan di mesin pencari, tanpa memperhitungkan berkualitas atau tidaknya sebuah artikel.

Ciri-ciri artikel yang seo friendly

Artikel yang isinya banyak mengandung kata kunci tanpa memiliki konsep dan susunan kalimat yang jelas, artikel seperti itu biasanya malah membingungkan pembaca ketika masuk.

Tentu saja akan menimbulkan untung dan rugi, dampak baik dan buruk bagi blog dan artikel.

Keuntungan dari artikel yang seo friendly


Blog akan mendapatkan banyak pengunjung dari mesin pencari, karena setiap artikel yang unsur seonya bagus akan selalu menempati urutan teratas dimesin telusur, dengan begitu blog akan sangat mudah ditemukan dan akan memancing pengunjung untuk mencoba masuk.

Kerugiannya dari artikel yang seo friendly


Artikel tersebut tidak akan dijamah lagi oleh pengunjung yang sama, karena tidak terdapat nilai yang relevan terhadap kata kunci, otomatis pengunjung akan merasa kapok dan tidak sedikit dari pengamatan saya, pengunjung malah meninggalkan komentar yang tidak enak dibaca.

Dampak baik dari artikel yang seo friendly


Tidak ada dampak baik sama sekali, karena kata kunci lebih terkesan mengelabuhi pengunjung untuk tertarik masuk, dan setelah masuk tidak akan menimbulkan kesan yang berarti bagi pengunjung, malah yang terjadi hanya mengakibatkan kekecewaan bagi pengunjung yang masuk tadi.

Dampak buruk dari artikel yang seo friendly


Blog terancam terancam terkena google sanbox, akibat dari ulah pengunjung yang datang dan pergi secepat kilat bisa dianggap sebagai kegiatan spam oleh google, atau dianggap kegiatan yang dibuat-buat untuk meningkatkan traffik semata.

Artikel yang user friendly


Artikel yang user friendly adalah artikel yang semata-mata ditulis untuk pengunjung tidak sedikitpun mengandung kata kunci dan unsur SEO.

Ciri-ciri artikel yang user friendly


* Tidak memperhatikan kata kunci atau menulis judul asal judul.
Contohnya artikel dengan judul aku dan kamu malam itu. rasanya sangat tidak mungkin seseorang menulis kata kunci seperti yang saya sebutkan diatas.

* Cara penulisan artikelnya sangat lepas atau tidak mengandung unsur sengaja artikel itu dibuat panjang dan dibuat pendek. Tapi akan menulis sesuai dengan kejadian antara aku dan kamu malam itu saja.

Paham apa yang saya maksud? kalau belum paham ngacung! :).

Artikel yang user friendly juga memiliki untung rugi, dampak baik dan buruk juga terhadap blog dan artikel.

Keuntungan dari artikel yang user friendly


Artikel akan terus di ingat oleh pembacanya dan akan mendapatkan kunjungan berulang dari orang yang sama. dan kalau dalam rentan waktu misalnya 1 tahun blog kita dikunjungi oleh 1000 pengunjung, kemungkina besar traffik harian tidak akan kurang dari angka 500-700 page view.

Kerugian dari artikel yang user friendly


Biasanya sulit ditemukan dimesin telusur, tapi bukan berarti tidak mungkin, tetap sewaktu-waktu akan ada pengunjung masuk walau tidak sengaja, maka khusus untuk blog yang artikelnya user friendly pertumbuhan untuk mencapai kepopuleran membutuhkan waktu sedikit lebih lama, atau bisa dibilang perlahan tapi pasti.

Dampak baik dari artikel yang user friendly


Terhindar dari google sandbox dan biasanya untuk blog yang artikel-artikelnya user friendly ditandai dengan alexa rank nya yang cepet ramping walau pengunjungnya sangat sedikit, karena keterlibatan pengunjung ketika membaca artikel tersebut.

Dampak buruk dari artikel yang user friendly


Saya sangat yakin tidak ada dampak buruknya sama sekali, hanya saja seperti yang saya sebutkan tadi, butuh waktu dan kesabaran saja dalam mempopulerkan blog dan artikel tersebut.

Artikel yang user seo friendly


Nah yang nomer tiga ini yang perlu kita cermati baik-baik, agar blog cepat populer dan mendapatkan visitor yang banyak dan terus menerus maka kita harus membuat artikel yang user seo friendly.

Seperti apa artikel yang user seo friendly yang dimaksud? Artikel yang berkualitas bagi pengunjung dan mudah ditemukan dimesin pencari. dengan begitu otomatis blog dan artikel kita akan mendapat dua sekaligus nilai positif.
  1. Nilai positif dari pengunjung
  2. Nilai positif dari mesin pencari
Bagaimana cara membuat artikel yang berkualitas bagi pengunjung dan berkualitas bagi mesin pencari? Tentu bukan hal yang mudah, tapi bukanlah hal yang susah, kuncinya kita harus mampu mendapatkan ide agar artikel yang bermanfaat yang kita tulis bisa dengan mudah ditemukan orang.

Salah satu cara menemukan ide menulis yang nantinya akan mudah ditemukan orang adalah dengan mengetahui apa saja yang paling banyak dicari orang, dengan begitu artikel kita akan memiliki peluang untuk dibaca oleh beberapa pengunjung sekaligus.

Untuk mendapatkan ide tersebut bisa menggunakan beberapa cara, seperti diantaranya menggunakan fasilitas gratis google trends, disitu kita bisa mengetahui sesuatu yang paling banyak dicari dari waktu kewaktu.

Caranya silahkan masuk ke google trends disitu anda akan melihat konten yang sedang trend, seperti pada gambar berikut

google trends

kalau kebetulan yang sedang trend tersebut sesuai dengan konten-konten di blog anda, ambil kata kuncinya dan mulailah menulis artikel yang relevan dengan dengan kata kunci yang sedang trend tadi, pastikan artikel yang anda tulis itu lebih baik dan lebih menarik dari artikel yang muncul dari blog lain di halaman pertama mesin pencari.

Cara lain adalah dengan mencari sendiri kata kunci yang sedang trend, masih di google trends silahkan tulis kata kunci yang mau dicek minat pengunjungnya, seperti contoh saya menulis cara membuat blog, maka akan muncul minat pengunjung dari waktu kewaktu, coba cek dari waktu paling baru dan waktu paling lama, misalnya 30 hari terakhir sampai 3 tahun terakhir, kalau minat pengunjungnya tetap banyak maka kata kunci tersebut bisa anda gunakan.

kata kunci cara membuat blog menurut google trends

Tugas anda adalah membuat artikel yang terbaik dari artikel-artikel yang sudah ada di blog-blog lain, bukan berarti kita menganggap kalau artikel yang ada diblog lain kurang bagus,, tapi kita harus jeli dalam melihat kekurangannya, pasti ada kekurangan dari artikel walaupun artikel tersebut sudah nongkrong di pageone, atau paling tidak artikel anda bisa berada di 10 besar saja sudah sangat bagus, lambat laun mesin pencari akan memposisikan artikel kita itu pada posisi yang sesuai dengan nilai relevansi dan kualitasnya.

Baca juga : cara menulis artikel agar ramah dengan mesin telusur

Itulah yang saya maksud kalau anda menginginkan blog anda tetap banyak pengunjung maka jangan hanya menulis artikel yang seo friendly, yang harus anda lakukan adalah membuat artikel yang user seo friendly.

Semoga tulisan yang acak-acakan ini ada manfaatnya bagi pembaca, dan sukses selalu blogger indonesia. SALAM.

9 komentar

Sepakat mas, kesimpulan akhir adalah, SEO modern perlu diterapkan. Artikel SEO modern adalah artikel yang diciptakan untuk dua penargetan secara sekaligus. Komposisi nya, artikel dibuat untuk orang sebesar 75 persen dan 25 persen nya untuk mesin pencari meliputi kata kunci dan main heading. :)

wah mantap nih komentarnya master nino, jadi tambah wawasan juga bagi saya dalam menerapkan teknik seo modern

Bener kang masuk akal...... Saya pernah experimen buat artikel dan tanpa di sengaja bisa masuk halaman pertama tanpa adanya ilmu seo menyeo cuman ngandelin pembahasan yang kita alami..... Tapi kenapa saya coba teknik seo malah ga muncul sama sekali di halaman 4 sampai 10. Berarti benar seperti yang dikatakan artikel diatas... Artikel harus user friendly dan di tambah bagus dengan seofriendly nyah......

Nah nambah lagi pengalaman baru nih, berarti google sudah semakin cerdas menilai kerelevanan sebuah artikel ya

Betu juga mas, user harus no satu. Karena yang baca kan manusia, buka robot. :)

terima kasih atas tips dan trik nya mas

saya akan coba terlebih dahulu

Betul mas,, kebanyakan org terpaku pd kata kunci,padahal user sendiri menulis kata kunci sesuka hati nya masing2 hehehehehee,,,
Mendingan nulis saja yg asyik dan bermanfaat.
Nulisnya enak,hasilnya juga pasti enak.

Thanka sharingnya.. tamhan ilmu baru.
Iklannya juga keren.. hehe

Terima kasi sudah berkunjung dan membaca tulisan gak jelas tentang cara mendatangkan banyak pengunjung ke blog mas, semoga ada manfaat nya

Silahkan berkomentar dengan sopan dan tidak meninggalkan link aktip.

Terima Kasih.

EmoticonEmoticon