Rabu, Oktober 12, 2016

Kendala yang sering terjadi ketika mengganti mesin tv dengan mesin tv cina

Kendala yang sering terjadi ketika melakukan pekerjaan sebagai seorang teknisi adalah terbentur dengan susah nya mencari toko yang menjual komponen utama seperti ic program dan ic ocsilator yang memang rusak, langkah satu-satunya yaitu menawarkan kepada pemilik tv untuk mengganti mesin tvnya dengan mesin tv cina.

Kesimpulan untuk mengganti mesin memang terhitung lebih ekonomis, bahkan banyak teknisi yang demi menjaga refutasi atau nama baiknya rela menawarkan harga murah atau bisa dibilang ganti modal saja, dengan perhitungan gak apalah yang penting barang orang bisa selesai masalah untung bisa ngambil dari mesin tv bekasnya.

Cerita diatas merupakan pengalaman pribadi saya sebagai teknisi panggilan yang terkadang dengan berat hati harus mengambil langkah cepat ketika menemukan servisan yang memang terkendala dengan alat yang susah untuk mendapatkannya, seperti ketika nyervis di perkampungan yang jauh dari tempat belanja yang komplit.

Memang tidak ada salahnya apapun keputusan yang kita ambil selama tidak merugikan konsumen, daripada harus menunggu dalam waktu yang lama dan sekalipun komponen itu bisa didapat tapi harganya terlalu mahal dengan resiko masih ada komponen lain yang rusak akibat terkena petir tadi, menurut saya pribadi keputusan untuk menawarkan kepada pemilik untuk mengganti mesin tv nya dengan mesin tv cina yang baru itu adalah keputusan yang tepat dan bijaksana.

Namun pada prakteknya dalam mengganti mesin tv dengan mesin tv buatan cina itu tidak selalu semudah yang dibayangkan, kalau untuk televisi model lama yaitu televisi model layar cembung atau layar flat biasa mungkin kendala yang dihadapi paling gambar kurang penuh keatas dan kebawah atau sebaliknya gambar terlalu tinggi dan masih bisa disesuaikan dengan masuk ke menu factory mode.

Artikel Terkait: Cara masuk ke fatory mode semua merk televisi.

Tapi kalau sudah menghadapi televisi model slim dan ultra slim jangan dianggap enteng, sekalipun mesin yang dugunakan spesifikasinya sudah dianggap sesuai tapi pasti ada kendala yang harus dihadapi dalam prakteknya.

Kendala apa saja yang biasa terjadi ketika mengganti mesin tv dengan mesin tv buatan cina?


Menurut pengalaman saya sangat banyak kendala yang terkadang timbul ketika mengganti mesin tv diantaranya:

1. Gambar tidak penuh ke kiri dan ke kanan

Gambar tidak penuh ke kiri dan ke kanan

Kendala seperti gambar diatas yaitu gambar kurang lebar kekiri dan kekanan disebabkan oleh bedanya amplifier horizontal dengan yoke defleksi bagian horizontal.

Solusi untuk masalah seperti itu adalah, merubah nilai kapasitor dibagian output horizontal, tapi perhatikan dulu apakah bagian atas dan bawahnya sudah pas? lihat logo gambar siaran televisi jangan-jangan walaupun gambar kuran lebar tapi logo siaran justru sudah terlalu lebar.

Kalau kendala hanya gambar yang kurang lebar dan untuk logo siaran sudah pas, maka langkah yang harus anda lakukan cukup mengganti kapasitor bagian output horizontal dengan ukuran yang lebih kecil.

Ukuran aslinya = 474 nano ganti dengan ukuran 390 nano kalau masih kurang lebar perkecil lagi misalnya dengan kapasitor 360 nano sampai batas minimal yaitu 220 nano, kalau dengan 220 nano masih kurang lebar, maka harus merubah ukuran kapasitor casis atau kapasitor dumper horizontal, kalau misalnya ukuran aslinya 9N1 ganti dengan 10 nano (103). agar tidak terjadi beban berlebih pada rangkaian horizontal output maka perlu dilakukan penyeimbangan beban antara casis dumper  dengan output.

Caranya dengan menaikan ukuran kapasitor casis dan menurunkan ukuran kapasitor output secara bersamaan. Contohnya sebagai berikut:
Kapasitor output nilai awal 474 ganti dengan 390 nano.
Kapasitor casis atau dumper nilai awal 9n1 ganti dengan 10 nano.
Begitu seterusnya sampai menghasilkan gambar yang sempurna.

2. Gambar kurang penuh kebawah dan keatas

Gambar kurang penuh kebawah dan keatas

Kendala seperti gambar diatas yaitu gambar kurang penuh ke atas dan ke bawah tidak bisa juga dianggap enteng kalau untuk layar model slim dan ultra slim, terkadang dengan melakukan seting dari menu factory mode saja tidak cukup untuk menjadikan gambar televisi menjadi sempurna, tetap diperlukan kreativitas kita sebagai teknisi untuk mengopreknya sehingga bisa menghasilkan gambar yang benar-benar pas.

Apabila anda mengalami kejadian seperti pada gambar diatas dan tidak mampu disesuaikan dengan melakukan seting dari menu factory mode, maka perhatikan langkah yang harus anda lakukan.

Ganti elko output vertikal dengan ukuran 2200 uf 25 volt, setelah itu ganti resistor output vertikal yang umumnya berukuran 1 ohm 2 watt dengan ukuran 0,82 oh 2 watt, kalau masih kuran silahkan kurangi lagi ukuranya dengan 0,68 ohm 2 watt sampai hasil yang didapat benar-benar sempurna.

Terkadang terjadi kendala gambar terlalu ke bawah atau terlalu keatas dan ketika kita seting menu V-POST nya malah menimbulkan garis-garis diatas atau dibawah layar, sebaiknya diakali dengan menambahkan resistor berukuran 560 ohm dari kaki bagian + elko 2200 uf 25 volt tadi ke ground kalau gambar kuran ke bawah, ke tegangan 24-27 volt vertikal kalau gambar kurang keatas.

3. Gambar kanan kiri melengkung

Gambar kanan kiri melengkung

Untuk mengganti mesin tv diatas 21" maka diperlukan mesin tv yang menggunakan rangkaian PIN CUSHION, kalau sudah dan hasilnya masih melengkung seperti pada gambar diatas maka diperlukan teknik khusus yaitu merubah rangkaian pin cushion tadi, caranya usahakan gambar menjadi lebih besar dulu dari aslinya dengan merubah nilai kapasitor casis atau dumper yang kalau aslinya 15 nano ganti dengan yang 18 nano, setelah itu kurangi nilai kapasitor horizontal output dari ukuran aslinya misalnya 474 nano menjadi 390 nano.

Setelah itu silahkan atur ulang posisi gambar hosrizontal dengan trimpot yang disediakan untuk mesin tv model 29" atau lewat factory mode biasanya untuk mesin tv model slim dan ultra slim.

4. Gambar kurang penuh keatas kebawah kekiri dan kekanan


Gambar kurang penuh keatas kebawah kekiri dan kekanan

Kalau kendala yang dihadapi seperti gambar diatas maka dipastikan kalau yoke deflektor terlalu besar nilai ohm nya disemua bagian yaitu vertikal dan horisontal.

Langkah yang harus anda lakukan adalah lihat cara yang digunakan untuk memperbaiki masalah pada gambar kesatu dan kedua diatas yaitu merubah semua bagian di horizontal dan vertikal sesuai dengan yang saya jelaskan pada kendala yang terjadi di gambar satu dan dua tadi.

Kesimpulan dari artikel "kendala yang sering terjadi ketika mengganti mesin tv dengan mesin tv cina" adalah, tiada masalah yang tidak bisa diselesaikan, selama kita punya kesabaran untuk menyelesaikannya, dalam hal ilmu tiada manusia yang sempurna, diatas langit masih ada langit, semoga artikel ini bisa menambah wawasan kita sebagai seorang teknisi elektronik.

8 comments

Kalau konsumen minta tukar tambah, bagaimana mas? TV yang rusak ditukar dengan TV Cina yang baru, tanpa keluar uang sama sekali.

ya kita hitung saja untung ruginya kalau tv tersebut kita tukar dengan yang baru, apakah setelah diservis nilai jualnya sebanding atau tidak

Wah, ini dia ketemu DR servis. Kalo untuk ngakali antena teve merk sh*rp biar bening ga ada semutnya gimana gan? Maaf out of topic.

untuk DKI karena terlalu banyak gedung tinggi dierlukan lokasi dan arah yang tepat biasanya
gunakan antena mobile atau antena yang bisa bergerak, kalau ingin lebih mantap lagi gunakan antena parabola

Terima kasih mas..sangat bermanfaat...salam juga dan sukses selalu

Mau tanya mas tv polytron sayah matot di playbek Bunyi

Tv sayah matot playbek berdenging. Kira2 apanya om

Periksa dioda untuk pemberi tegangan IC Vertikal, bisa saja IC vertikalnya yang konslet

Silahkan berkomentar dengan sopan dan tidak meninggalkan link aktip.

Terima Kasih.

EmoticonEmoticon