Kenapa iklan adsense di blog jarang dapat klik? Inilah penyebab dan solusinya

Tags

Kenapa sih iklan di blog saya jarang sekali dapat klik? Seperti itulah pertanyaan yang sering terlontar dari mulut para publisher google adsense yang sedang mencari solusi akibat iklan di blognya jarang sekali mendapat klik dari dari pengunjungnya, termasuk blog saya ini juga sih, sangat jarang pengunjung yang masuk berkeinginan untuk mengklik iklan.

Sebuah blog yang penghasilannya bergantung pada iklan adsense yang dipasang di blognya, tentu sangat berharap kalau setiap pengunjung yang masuk untuk membaca artikel akan tertarik dengan iklan yang dilihatnya dan mengkliknya, tapi kenapa tidak setiap pengunjung melakukan hal itu? Hal inilah yang perlu kita semua sebagai publisher goolge adsense pelajari bersama.

Kenapa iklan adsense diblog jarang dapat klik? Inilah penyebab dan solusinya

Ceritanya saya punya tiga blog dengan nice yang berbeda, dan dari tiga blog yang saya miliki, pengunjungnya berbeda-beda.
  • Blog yang pertama pengunjungnya 60% dari pencarian atau yang sering disebut pengunjung organik, sisanya dari berbagai media seperti google+ dan social media
  • Blog yang kedua pengunjungnya 30% dari pencarian dan sisanya dari social media
  • Blog yang ketiga pengunjungnya hanya dari satu daerah saja, itupun kalau artikel dishare ke social media

Dan pendapatan dari 3 blog saya itupun jelas berbeda, bahkan menujukan perbedaan yang signifikan.

Setelah saya pelajari selama hampir 2 bulan, akhirnya saya bisa mengambil kesimpulan tentang blog seperti apa yang paling sering dapat klik, dan blog seperti apa yang jarang sekali dapat klik.

Ada 2 faktor penting yang sangat mempengaruhi banyak atau tidaknya klik iklan yang didapat oleh sebuah blog


1. Faktor pertama adalah nice blog


Blog dengan nice blogger tidak dipungkiri kalau sangat jarang mendapat klik, karena pengunjung blog tersebut tentunya seorang blogger yang akan sangat berhati-hati agar jangan sampai klik iklan.

Seorang blogger tentu sangat paham dengan resiko yang akan terjadi kalau berani mengklik iklan, selain klik yang berasal dari sesama blogger akan menimbulkan dampak jelek terhadap nilai cpc (bpk), juga sangat beresiko terhadap akun adsense masing-masing, karena google sangat serius dalam memantau aktivitas klik.

Jadi sesama blogger dan juga sesama publisher adsense, sangat tidak dibloehkan untuk saling mengklik iklan, kalau hal itu kita lakukan maka siap-siap kalau akun adsense kita dibanned. Kenapa bisa dibanned? Tentu kita semua tau tentang kebijakan dari google adsense yang sangat melarang aktivitas yang tidak valid terhadap klik iklan.

Sekalipun ada yang klik iklan tentunya itu berasal dari blogger pemula yang belum begitu paham dengan peraturan yang harus dipatuhi oleh publisher dan calon publisher google adsense.

Selain nice blogger ada juga nice-nice yang potensi untuk mendapatkan klik sangat kurang, seperti nice seputar servis elektronik, karena kebanyakan dari pengunjungnya hanya mencari informasi yang tepat dan akurat, jadi sekalipun mereka tidak memblokir iklan, dipastikan akan sering menghindari iklan.

Sekalipun mereka mau mengklik iklan tentunya harus iklan yang benar-benar relevan dengan informasi yang sedang mereka cari. Misalnya pengunjung tersebut sedang mencari persamaan flyback, lalu muncul iklan yang menawarkan berbagai jenis flyback, maka itu berkemungkinan akan mereka klik, kalau...Masih ada kalaunya nih, apa tuh? Harga flyback nya murah :).

Selain nice blogger dan nice servis elektronik, masih ada lagi nih yang potensi mendapatkan kliknya sangat kecil, apaan tuuuh??? Nice tips dan trik komputer. Kenapa potensinya sangat kecil? Ya jelas lah yang mereka cari kan trik, otomatis yang mereka cari itu solusi bukannya harga peralatan komputer, jadi kemungkinan mereka klik iklan itu kalau ada yang nenawarkan hardisk bekas tapi masih bagus dan juga murah.

Mungkin masih bisa anda tambahkan tentang nice blog yang anda miliki yang potensi klik iklan nya sangat jarang, yang saya sebutkaan diatas hanyalah sebagian kecil yang berdasarkan pengalaman pribadi saja., karena rata-rata pengunjung untuk 3 nice blog yang saya sebutkan tadi itu orang pintar-pintar yang lebih suka memblokir iklan daripada terganggu ketika sedang membaca sebuah artikel.

Solusi memilih nice untuk blog agar memiliki potensi klik iklan banyak


Coba pilih nice yang tidak termasuk kedalam 3 kategori diatas misalnya

A. Nice kesehatan.


Wajar kalau banyak yang klik iklan, karena pengunjungnya rata-rata orang sakit, dan rata-rata iklan yang muncul pada blog kesehatan itu sangat-sangat relevan, seperti misalnya seseorang sedang mencari obat untuk penyakit liver, ketika masuk ke blog kesehatan yang membahas tentang penyakit liver, otomatis iklan yang muncul seputar solusi untuk mengobati penyakit kanker, dan sangat besar kemungkinannya pengunjung tersebut untuk mengklik iklan.

B. Nice download aplikasi-aplikasi android dan komputer


Blog dengan nice download biasanya memiliki potensi besar untuk mendapat klik iklan, karena biasanya iklan-iklan google adsense yang muncul di blog seperti itu hampir keseluruhan adalah iklan-iklan tentang link download yang hampir sama dengan link download yang dishare di blognya, jadi sekalipun pengunjung merasa terjebak karena salah klik, tapi tetap akan diuntungkan, karena itulah kelebihan iklan google adsense yang selalu menayangkan iklan yang relevan.

C. Nice pendidikan yang menawarkan aplikasi seputar sarana pendidikan


Biasanya yang berkunjung ke blog pendidikan itu rata-rata pelajar dan guru, yang biasanya memiliki rasa ketertarikan yang kuat untuk mengklik iklan yang tayang, bahkan banyak juga yang tidak sadar kalau yang diklik nya itu adalah iklan, tapi sekali lagi saya tegaskan sekalipun pengunjung itu tidak tau atau tidak bisa membedakan mana iklan mana artikel, tapi pada akhirnya mereka tetap akan merasa diuntungkan.

D. Nice fashion atau pakaian


Yang ke empat ini menurut teman yang memiliki blog dengan nice pakaian inilah yang paling terbanyak mendapat klik, karena memang masuk akal juga, rata-rata pengunjungnya remaja dan ibu-ibu yang sedang mengikuti trend atau perkembangan model, jadi ketika muncul iklan-iklan yang menawarkan berbagai jenis pakaian dalam dan luar negeri, sekalipun belum ada niat untuk membelinya, tapi rasa ingin taunya sangat kuat, seperti apa sih model pakaian ini tuh.

E. Nice film dan lagu-lagu


Hobi manusia kan beda-beda, ada yang cukup menonton dilayar televisi atau dibioskop, ada juga yang lebih suka memantau perfilman dunia melalui informasi dari internet, dan rasa keingin tahuannya tentang film-film terbaru akan sangat kuat, jadi ketika muncul iklan seputar film otomatis akan menimbulkan rasa penasaran untuk mengkliknya.

4 (empat) contoh nice diatas hanyalah beberapa contoh saja dari sekian banyak lagi nice yang memiliki potensi klik iklan yang sangat besar, mungkin ada teman yang mau berbagi info silahkan tulis pada halaman komentar artikel ini.

2. Faktor konten yang ada di blog


Selain nice, konten juga sangat berpengaruh terhadap sedikit atau banyaknya klik yang didapat. Semakin baik, semakin panjang dan semakin menarik sebuah konten, itu bisa mendatangkan daya tarik tersendiri bagi pengunjung untuk mencoba mengklik iklan yang terdapat di tengah atau diakhir konten tersebut, dan istimewanya lagi dari konten yang panjang dan menarik, sekalipun tidak mendapatkan klik, tapi tetap menjadi pemasukan bagi akun adsensenya, karena semakin lama iklan tersebut tayang maka nilai nya akan semakin besar juga, apalagi kalau iklannya di klik, itu sudah pasti cpc (bpk) nya akan sangat tinggi.

Solusi untuk faktor konten agar memiliki potensi klik iklan yang tinggi


Buatlah konten yang yang panjang dan menarik dan juga relevan, ingat ketika ditolak sewaktu daftar adsense dulu, sebagian email penolakan bukan kah banyak yang berbunyi kalau konten tidak memadai? sebenarnya itu merupakan petunjuk atau saran kepada calon publisher adsense agar membuat konten yang memadai, tujuannya ya agar bisa mendapatkan penghasilan dari blognya, yang intinya akan berpostensi mendapatkan banyak klik dari konten yang kita buat.

Kesimpulannya: Kalau anda mengharapkan penghasilan yang maksimal dari google adsense, maka cobalah membuat blog dengan nice-nice yang saya sebutkan diatas dan dalam pembuatan konten-kontennya usahakan memiliki kalimat yang panjang dan menarik untuk dibaca. Dengan begitu potensi untuk sukses ngeblog dengan google adsense akan semakin terbuka lebar.

Itu saja yang bisa saya sampaikan sebagai jawaban dari beberapa pertanyaan yang saya terima, tentan kenapa iklan di blog jarang dapat klik? setelah jelas penyebabnya, semoga artikel ini bisa jadi solusinya.

7 komentar

Jadi faktor klik ditentukan oleh nice nya ya mas. Thanks mas, salam blogging

Betul mas, silahkan membuat nice seperti yang saya sebutkan dalam artikel ini, insya alloh pendapatan dari iklan adsensenya akan semakin meningkat

Wah wah wah.... mantep ne, oya, mas riyan kan nice pendidikan tu, gimana kliknya? Uda oke atau belum tu, aku juga ada blog yang nice kesehatan. Namun juga minim kliknya mas. Tapi penjelasan di atas tepat, hanya sedikit aku tambahkan yakni usahakan bisa mengundang pengunjung yang bejibun, agar bisa meraih klik yang maksimal. Aku rasa faktor utamanya itu, yaitu pengunjung, selebihnya nice lah penentunya. Salam sukses mas.

Sudah mas, punya saya mengusung blog pendidikan. Namun, tetap saja penghasilan jalan di tempat. Tapi tetap optimis dan bersyukur

Masih belajar, jadi penghasilan alakadarnya saja. Namun, tetap disyukuri. hehehe...

Natural banget tulisannya. saya mau menambahkan satu lagi deh, barangkali cocok. berdasarkan pengalaman pribadi, poin pertama dalam artikel ini selain didukung oleh pengetahuan para blogger, juga seringkali (maaf) dilandasi latar belakang "saling ingin menjatuhkan" yang cukup identik dengan blogger lokal. Hal ini bisa dilihat dari banyaknya kasus bombclick yang dilakukan oleh para bloggerdi Indonesia.

blog saya membahas tentang tutorial edit foto, itu kliknya sangat jarang sekali dan juga iklan yg tampil tidak televan, ingin saya bikin blog gado2 biar iklannya muncul banyak, minta sarannya ya mas/mbak

Dani Artwork

Silahkan berkomentar dengan sopan dan tidak meninggalkan link aktip.

Terima Kasih.

EmoticonEmoticon