2 Cara meningkatkan trafik blog paling jitu

Cara meningkatkan trafik blog - Trafik bisa dibilang sumber mata air bagi kelangsungan hidup sebuah blog, untuk itu jagalah dengan sebaik-baiknya agar sumber mata air itu tetap mengalir, bahkan kalau bisa harus terus digali sumber nya agar blog mempunyai banyak sumber trafik lagi, karena kalau blog sudah kurang mendapatkan trafik, akan berdampak pada perkembangan blog itu sendiri untuk kedepannya. Kalau diantara anda ada yang merasakan trafik blog anda sepi, dan ingin mencoba meningkatkan trafik, ada baiknya anda menyimak tentang cara meningkatkan trafik atau pengunjung ke blog paling jitu, yang akan saya bahas pada kesempatan kali ini.

Bagaimana caranya agar trafik blog terus banyak dan bertambah atau paling tidak tetap terjaga jangan sampai blog sepi bahkan bisa saja kehilangan trafik? Banyak sekali cara yang bisa dilakukan untuk bisa meningkatkan trafik atau pengunjung blog. Tapi sepertinya cara yang paling ampuh ini tidak banyak diketahui oleh kebanyakan webmaster, sehingga seringkali saya mendengar keluhan tentang kenapa trafik blog tidak bertambah? atau kenapa trafik blog malah berkurang? Padahal artikel setiap hari terus bertambah.

Disini saya akan mencoba membahas tentang cara meningkatkan trafik sebuah blog. Hanya dengan 2 langkah sederhana saja, yaitu:

  1. SEO On-Page
  2. SEO Off-Page

2 Cara meningkatkan trafik blog paling jitu


1. Meningkatkan trafik blog dengan SEO On-Page - SEO On-Page adalah teknik SEO yang harus diterapkan didalam elemen blog. Seperti bagaimana membuat judul untuk blog yang baik, bagaimana membuat judul artikel yang menarik, bagaimana membuat deskripsi penelusuran, penerapan heading H1,H2, H3 dan seterusnya pada setiap artikel, bagaimana mengatur template blog agar super SEO, bagaimana mengatur menu navigasi blog agar setiap pengunjung yang masuk bisa dengan mudah menyibak setiap konten, dan masih banyak lagi hal yang berhubungan dengan SEO On-Page.

Mungkin sebagian dari para pembaca akan berkata "Untuk menerapkan semua hal yang disebutkan diatas mengenai SEO On-Page terlalu sulit dan ribet". Saya tidak paham dan tidak sanggup melakukan semua itu, yang bisa saya lakukan adalah menulis artikel dan mempublikasikan setiap tulisan saya.

Menurut saya, anda sudah melakukan sesuatu yang sangat bagus, karena dengan terus rajin menulis dan mempublikasikan artikel yang original, unik, dan bermanfaat bagi pembaca, sudah termasuk SEO On-Page yang sangat bagus? Itu saja terus anda tingkatkan kalau memang kemampuan anda hanya sampai disitu.

Caranya bagaimana agar setiap yang ditulis selalu mendatangkan trafik? Apakah harus selalu tembak kata kunci?, harus selalu melakukan riset keyword?, harus selalu menulis artikel yang memiliki panjang karakter diatas 2000 kata?

Saya rasa tidak selalu harus seperti itu, walau memang, berbagai lembaga survey mengenai karakteristik algoritma mesin pencari yang selalu menampilkan artikel-artikel yang panjangnya 2.400 kata keatas dihalaman pertamanya. Nah kalau anda mampu melakukan semua itu, silahkan lakukan, tulis artikel-artikel yang super panjang, kalau bisa artikel yang anda buat harus diatas 2.400 kata.

Namun apabila anda tidak mampu menulis artikel-artikel panjang, tapi tetap berharap bisa mendapatkan trafik yang bagus. Mari bersama-sama dengan saya belajar bagaimana meningkatkan trafik atau pengunjung ke blog kita dengan langkah-langkah sederhana saja, tapi menurut pengalaman saya, hasilnya tidak terlalu kalah dengan artikel-artikel panjang yang super SEO dari blog orang lain.

Baiklah sekarang kita mulai. Silahkan anda perhatikan gambar berikut:

Cara meningkatkan trafik blog paling jitu

Pada gambar diatas menampilkan 5 traffic teratas yang masuk ke blog saya. Apakah munculnya 5 trafik teratas itu sengaja saya buat-buat? Tidak. Trafik teratas itu terjadi secara otomatis dan muncul karena memang mendapatkan trafik terbanyak.

Nah itulah modal anda untuk terus mendatangkan trafik tambahan ke blog, kalau anda mampu coba lihat 10 atau 20 trafik teratas yang datang ke blog anda, kalau tidak mampu, cukup pelajari dua atau tiga trafik teratas saja.

Apa yang anda tulis di artikel yang muncul disitu sehingga bisa mendatangkan trafik yang paling banyak, tapi anda tidak menerapkan teknik apa-apa atau hanya menulis saja? Tidak mungkin pasti ada sesuatu di artikel yang anda tulis tersebut sehingga tanpa anda sadari dan anda bayangkan sebelumnya bisa menduduki ranking teratas untuk pencarian dikonten anda itu.

Silahkan pelajari dengan seksama, kalau memang artikel yang menjadi favorit diblog anda adalah artikel yang paling banyak dicari orang, sehingga saking banyaknya orang yang mencari menimbulkan downnya beberapa situs super SEO untuk di akses, akhirnya nyasar keblog anda, maka tingkatkan terus menulis tentang konten seperti itu.

Atau bisa saja tanpa disengaja anda menulis konten yang benar-benar SEO friendly, coba teliti baik-baik darimana sebenarnya sumber trafik tersebut, nanti anda akan mengetahui dan akan jadi langkah mudah untuk kedepannya dalam menjaring trafik yang lebih banyak lagi ke blog anda.

Cara-cara diatas merupakan teknik SEO On-Page yang sederhana tapi bisa menghasilkan sesuatu yang luar biasa.

2. Meningkatkan trafik blog dengan SEO off page - SEO Off-Page adalah aktivitas yang dilakukan seorang blogger diluar blog nya dengan tujuan agar bisa mendatangkan trafik yang banyak ke blognya.

Cara melakukan SEO Off-Page bagaimana? Dengan membangun backlink, bergabung di forum-forum yang topik pembahasannya hampir sama dengan blog anda, atau bisa juga dengan cara jadi penulis di blog orang lain.

Disini saya lebih menekankan untuk membangun backlink yang berkualitas, karena seperti yang sering disebutkan oleh para master blogger, konten adalah raja dan backlink adalah ratunya. Bagaimana membangun backlink yang berkualitas itu?

Tips membangun backlink yang berkualitas


Backlink yang bagus hanya bisa didapat di situs-situs yang memang bisa memberikan backlink yang berkualitas.

Mengenai cara membangun baklink, jujur saya juga belum pandai dan masih belajar, itupun saya lakukan dengan sangat berhati-hati, karena takut malah jadi masalah untuk blog saya kedepannya, saya lebih memilih menunggu backlink alami saja walau pertumbuhannya lambat yang penting aman.

Kalau anda ingin mengenal lebih jauh tentang cara membangun backlink yang berkualitas, silahkan cari sumber referensi yang bisa dipercaya dari situs-situs papan atas seperti:
  • Panduanim.com
  • Maxmanroe.com
  • Strukturkode.blogspot.com
  • Sugeng.id
  • Klikmania.net
  • Juragancipir.com

Dan masih banyak lagi situs-situs yang adminnya sudah bergelar the Best of SEO yang patut dijadikan guru dan contoh yang baik, untuk mengembangkan blog ketingkat yang lebih baik lagi.

Selain membangun backlink cara lain untuk meningkatkan SEO Off-Page adalah dengan rajin aktif di forum atau situs yang topik pembahasannya hampir sama dengan blog anda. Carannya jangan cuma membaca tapi harus aktif dengan mencari celah untuk menjawab pertanyaan dari member atau pengunjung di forum tersebut. Dengan begitu ketika jawaban anda paling relevan maka sangat mungkin orang yang bertanya tadi akan tertarik mengamati profile anda dan sangat besar kemungkinan mereka sampai berkunjung ke blog anda.

Mungkin itu saja cara meningkatkan trafik blog paling jitu dengan cara yang sederhana yang bisa saya sampaikan. Semoga bisa bermanfaat dan maju terus blogger indonesia.

Related Post:

17 komentar

bagus sekali masukannya, akan saya coba terapkan cara-caranya..thank mas Flyn dvb, moga berkah

Terima kasih sudah berkunjung mas, semoga artikel cara meningkatkan traffic ke blog ini bisa bermanfaat untuk blognya

Ya kaya gini ya mas serunya ngeblog, bangun baclink, optimasi seo lainnya..

Terima kasih sudah sharing mas

nambah ilmu lagi dari mas Flyn DVB, thnks for sharing mas..

boleh juga artikelnya... mantap tingkatkan

jumlah iklannya sampai 6..mantap dollar mengalir kencang

Terima kasih sudah berkunjung mas

Kebanyakan ya mas, hehe klw pasang 3 mlh ga dapat klik nih, oh iya terima kasih atas kunjungannya

Terima kasih kembali mas, semoga daftar adsense selanjutnya diterima full approve ya

Wah kayaknya punya jurus baru lagi nih, makasih masukan nya brow.

Oke dilanjut, silahkan kreasikan mas

pengen pengunjung yang datang dengan sendirinya :(

Pengunjung organik saja ya, bagus itu

Abis baca artikelnya mas Flyin yg ini jadi punya ide baru. Mantap. :)

Bagus banget om, saya masih nol besar om mohon bimbingannya terimakasih

Artikelnya mantap Mas, bicara seo ngak ada habisnya selalu menarik dan berkembang terus..

Silahkan berkomentar dengan sopan dan tidak meninggalkan link aktip.

Terima Kasih.

EmoticonEmoticon