Senin, Oktober 17, 2016

Cara menggabungkan LNB lebih dari satu receiver digital

Cara menggabungkan LNB lebih dari satu receiver digital - Para sobat teknisi yang baik hati, jumpa lagi dengan saya Flyin DVB. Kali ini saya akan berbagi trik atau cara menggabungkan dua LNB atau lebih untuk di paralel ke lebih dari satu receiver, bisa untuk puluhan, ratusan bahkan sampai ribuan receiver, jutaan dan milyaran atau triliunan juga bisa tergantung keperluan anda nantinya.

Terkadang ada saja permintaan pelanggan yang ingin memasang receiver di semua kamar yang jumlahnya lebih dari dua kamar, atau sesekali bisa saja mendapatkan job untuk memasang receiver dikamar hotel misalnya, bahkan kalau teknik penggabungan lnb untuk banyak receiver ini anda kuasai dengan sempurna, bisa dijadikan cara untuk membuat jaringan tv kabel lokal tanpa perlu menggunakan rf modulator, cukup memasang satu buah receiver digital di masing-masing rumah pelanggan.

Tapi untuk menjadikan cara ini digunakan untuk jaringan tv kabel masih memerlukan rangkaian bypass filter dan penguat sinyal 2~5ghz. (Akan saya bahas pada artikel selanjutnya).

Trik atau cara menggabungkan LNB untuk lebih dari satu receiver


Sebagai contoh atau sample, saya akan membagikan cara menggabung lnb palapa dan telkom untuk 4 (empat) buah receiver, untuk keperluan lebih banyak bisa anda kreasikan sendiri sesuai dengan teknik atau petunjuk yang akan saya bagikan.

Alat yang dibutuhkan untuk menggabungkan 2 (dua) LNB palapa dan telkom untuk 4 (empat) buah receiver adalah:

1 buah dish parabola
Gunakan dish parabola yang daya tangkap sinyalnya bagus, saya sarankan gunakan dish parabola minimal 7.5 feet.

2 buah LNB dual out.
gunakan yang polaritas vertikal dan horisontalnya terpisah, seperti pada gambar berikut

Lnb dual out Vertikal dan Horisontal

4 buah DC Pass atau bypass DC
Untuk keterangan tentang DC Pass dan cara membuatnya akan saya bahas nanti.

4 buah diseqc (multi switch) 4x1.
Gunakan yang berkualitas bagus supaya awet kalau dipakai dalam waktu yang lama.

4 buah recevier digital
Bebas mau pakai merk apa saja

2 buah power suplay adaptor
a. 1 adaptor output ac/dc 18 volt.
b. 1 adaptor output ac/dc 13 volt.

Kunci dari rangkaian ini adalah dc pass, sesuai dengan yang saya janjikan diatas, disini saya akan memberikan contoh cara membuat dc pass. Sebelum kita lanjut ke cara membuat dc pass baiknya kenali itu apa itu dc pass.

Sebenarnya sangat banyak kegunaan dan macam-macam rangkaian dc pass ini, karena yang sedang kita bahas adalah seputar satellite parabola, maka saya akan menjelaskan cara kerja dc pass yang akan kita buat untuk keperluan satellite parabola.

Fungsi dari dc pass adalah untuk menahan arus dc dan tetap menyalurkan sinyal dalam bentuk ac dengan frekuensi tinggi, misalnya sebuah LNB dengan polaritas vertikal diberi arus dc 13 volt maka akan mengeluarkan sinyal yang berpolaritas vertikal saja, dan kegunaan dari dc pass disini adalah tetap mengeluakan sinyal vertikal sekalipun receiver digital sedang berada diposisi horisontal, seperti yang kita ketahui, kalau receiver sedang dalam posisi horisontal maka receiver akan menghantarkan arus dc sebesar 18 volt, nah dengan adanya dc pass tersebut perubahan apapun yang terjadi pada receiver tidak akan mempengaruhi sistem kerja dari lnb.

Cara membuat dc pass atau bypass dc untuk membagi sinyal LNB ke beberapa receiver


Alat yang dibutuhkan untuk membuat dc pass 4 (empat) out adalah

1 buah dioda IN 4007
1 buah kapasitor 103 atau 10 nano
4 buah kapasitor 102 atau 1 nano.

Untuk menggabungkan 4 (empat) buah receiver ke 2 (dua) buah LNB dual out diperlukan 4 (empat) buah dc pass, tinggal anda kalikan sendiri berapa buah komponen yang dibutuhkan.

Perhatikan cara membuat dc pass pada gambar dibawah ini

Skema rangkaian dc pass

Buat 4 (empat) buah dc pass yang sama seperti gambar diatas.

Setelah selesai membuat 4 (buah dc pass seperti diatas, sekarang kita rangkai
2 buah LNB dual out
4 buah dc pass
2 buah adaptor yang satu out 13 volt, dan yang satu out 18 volt
4 buah diseqc switch 4x1
4 buah receiver digital.

Perhatikan gambar dibawah ini

Cara menggabungkan lnb kebanyak receiver

Maaf kalau gambarnya acak-acakan, soalnya saya bukan ahli menggambar, perhatikan saja tanda warna dalam tiap-tiap sambungan.

Keterangan gambar diatas adalah.

RX 1 masuk ke diseqc switch 4 x1 dan untuk out A B C D nya

A masuk ke out 1 dc pass Palapa vertikal.
B masuk ke out 1 palapa horisontal
C masuk ke out 1 telkom vertikal
D masuk ke out 1 telkom horisontal.

Lakukan hal yang sama untuk RX 2, RX 3 dan RX 4.

Sekarang cara menyeting pengaturan di receiver digital agar cara diatas bisa bekerja dengan benar adalah dengan membuat 4 satellite pada masing-masing receiver.

Pengaturannya sebagai berikut:

RX 1 satellite 1 Palapa LNB 1
RX 1 satellite 2 Palapa LNB 2
RX 1 satellite 3 Telkom LNB 3
RX 1 satellite 4 Telkom LNB 4.

DC PASS MENGGUNAKAN ADAPTOR TERPISAH

Lakukan juga penyetingan yang sama untuk pengaturan LNB receiver 2 sampai 4.

Sudah cukup jelas bukan? jadi kunci keberhasilan dari trik yang saya bagikan kali ini adalah di dc pass dan pengaturan receiver.

Kalau anda mau menggabungkan receiver lebih banyak lagi maka harus dibuatkan dc pass sebanyak receiver yang akan digunakan.

Itulah cara Cara menggabungkan LNB lebih dari satu receiver digital bahkan sampai tidak ada batasnya.

Semoga bermanfaat.

7 comments

Terima kasih atas kunjungannya mas bos, ditunggu kunjungan-kunjungan selanjutnya untuk mengikuti update info menarik seputar teknologi digital di Flyin DVB.

sangat bermempaat ilmunya pak,

gimna kalau satu adaftor tp yg ada out ny 13&18 v ?
gruond dr line adaftor kmn?

Rangkaian diatas terbungkus menggunakan bahan logam, sebaiknya untuk input dc menggunakan conector F type cw pak, jadi grounding nya otomatis tergabung.

Bos Mau tanya kalo LNB KU ban Bisa gak Dibikin seperti diatas jadi 1 LNB POL H untuk chinasa 11 yang satu lagi ses9 POL H juga , saya sudah coba mengunakan spliter karna bahan terbatas dan dioda yg saya gunakan 4002 , untuk teganngan saya memanfaatkan dari out reciver dengan sama2 mengulakan 18 volt ,yg jadi pertanyaaan saat kedua reciver menayangkan dari satelite yg sama itu baguss tapi jika salah satu reciver menayakan dari satelite yg berbeda kadang2 sinyal hilang , apakah disini ukuran dioda dan c sangat berpengaruh terhadap gangguan tersebut terimaksih sebelumnya

Silahkan berkomentar dengan sopan dan tidak meninggalkan link aktip.

Terima Kasih.

EmoticonEmoticon