Cara memodifikasi berbagai jenis flyback

Bergelut di dunia servis elektronik rasanya kurang lengkap apabila tidak bisa melakukan hal yang satu ini yaitu memodifikasi berbagai jenis flyback, terkadang pada saat melakukan aktivitas seperti biasa yaitu servis berbagai peralatan elektronik terutama televisi kita menemukan kendala seperti flyback rusak tapi bingung mencari gantinya, satu-satunya cara flyback harus dimodif.

Sebenarnya semua jenis flyback pasti ada dijual, sekalipun memang tidak tersedia dipasaran karena model nya yang sudah terlalu tua dan di anggap oleh penjual gak mungkin ada orang yang nyari, tapi masih ada jasa pembuatan flyback yang salah satunya sepengetahuan saya di cikapundung bandung jawa barat.

Tapi kalau anda sudah tau apa sih itu flyback dan seperti apa cara kerja itu flyback? Maka saya yakin ketika menemukan masalah flyback rusak tidak lagi merasa kebingungan untuk mencari penggantinya.

Cara memodifikasi berbagai jenis flyback

Sebelum kita lanjut ke cara memodifikasi flyback untuk segala macam flyback alangkah baiknya kita mengenal dulu lebih jauh apa dan bagaimana cara kerja dari komponen tv yang satu ini.

Apa itu flyback


Flyback atau FBT (Flyback Transformator) adalah komponen penting dalam rangkaian televisi terbuat dari sebatang ferit yang kedalamnya ditambahkan lilitan dalam jumlah tertentu.

Bagaimana cara kerja flyback


Cara kerja utama sebuah flyback adalah untuk membangkitkan tegangan tinggi sebesar 2kv untuk keperluaran tabung crt, selebihnya untuk membangkitkan tegangan-tegangan berskala ampere kecil untuk keperluan rangkaian-rangkaian yang membutuhkan daya ampere kecil.

Seperti diantaranya:

1. Untuk tegangan input vertikal antara 24-27 sampai 46 volt ada juga tegangan vertikal yang menggunakan tegangan input simetris yaitu 12 volt + 12 volt - ada juga yang menggunakan tegangan input simetris 14 volt + dan 14 volt - dan sebagainya, tergantung jenis IC dan rangkaian untuk amplifier vertikal.

2. Untuk memberikan tegangan input video amplifier sebesar 180-200 volt.

3. Untuk memberikan tegangan input filamen atau Heater (lampu RGB) yang umumnya antara 4-6 volt AC.

4. Untuk memberikan tegangan pada rangkaian ABL.

5. Untuk memberikan tegangan pada rangkaian AFC (Automatic Frekuensi Control).

6. Untuk memberikan tegangan input pada rangkaian-rangkaian lain seperti untuk keperluan rangkaian lain berdasarkan system kerja tv masing-masing.

Jadi inti dari flyback ini adalah untuk membangkitkan tegangan tinggi yang diperlukan oleh tabung crt dan ABL, selebihnya hanya tegangan alternatif saja yang masih bisa menggunakan komponen lain selain flyback, seperti pada kebanyakan tv buatan cina jarang sekali menggunakan flyback untuk suplay tegangan vertikal misalnya.

Setelah tau cara kerja dari flyback maka kita sudah punya sedikit gambaran yang jelas.

Bagaimana cara memodifikasi flyback untuk berbagai merk tv


Kalau misalnya flyback yang rusak itu memiliki urutan kaki pin
1. B+115 volt.
2. Colector.
3. Ground.
4. 180 volt
5. 24 volt.
6. 12 volt.
7. Heater.
8. Abl
9. Afc.
10. Ground.

Dan flyback yang kita miliki misalnya memilik kaki pin
1. B+ 125.
2. Colector.
3. Ground.
4. 24 volt.
5. 180 volt.
6. Heater.
7. Afc.
8 . Abl.
9. Ground.
10. 16 volt.

Itu hanya sebatas gambaran saja, karena rasanya hampir tidak ada flyback yang susunan kaki pin nya seperti yang saya sebutkan.

Dengan melihat dua gambaran flyback diatas kira-kira apa yang harus anda lakukan agar flyback yang kita punya bisa digunakan untuk mengganti flyback yang rusak tadi?

Perhatikan baik-baik!!! Kaki ke 1 flyback yang rusak B+115 volt sementara flyback yang kita punya adalah B+ 125 volt, apakah bisa digunakan? 100% bisa! Caranya? Karena untuk flyback yang rusak memerlukan tegangan input 115 volt sementara flyback yang kita miliki memerlukan tegangan input 125 volt apa yang harus kita lakukan? Menaikan tegangan regulator? Jangan bisa konyol nanti, karena output regulator bukan cuma untuk flyback, tapi untuk memberi tegangan ke beberapa rangkaian penting seperti audio dan ic program.

Lalu bagaimana agar flyback yang tegangan input nya 125 volt bisa bekerja pada tegangan input 115 volt, ya gak bisa kecuali??? Kita pakai otak kita untuk memecahkan masalah kekurangan tegangan 10 volt ini.

Kopi habis rokok habis jadi agak sewot nih, hehe...

Oke lanjut!!!

Bisa menggunakan 2 cara untuk mengatasi masalah diatas.

Pertama mengurangi lilitan pada flyback 125 volt tadi sebanyak jumlah untuk 1p volt, flyback harus di bongkar? Owh jangan malah hancur tuh flyback, lalu caranya bagaimana? Tambahkan lilitan yang melawan arah dari lilitan yang aslinya.

Rumus lilitan kurang lebih seperti ini, kalau 1 lilitan itu menghasilkan arus 1 volt maka untuk 125 volt memerlukan lilitan sebanyak 125 lilitan, nah disinilah petlunya punya rasa penasaran, bongkar flyback yang rusak untuk mengetahui jumlah lilitan pada masing-masing pin kaki flyback, tidak harus semua flyback yang rusak kita bongkar, cukup sekali saja pengetahuan saja, untuk selanjutnya kita sudah punya tolak ukur hitungan jumlah lilitan.

Kedua dengan mengimbangi dumper kapasitor pada colektor transistor horizontalnya.

Nah untuk pin kaki yang lain kita tinggal merubah posisi saja, gunakan akal anda bagainana memindahkan kaki ke 5 yang 180 volt ke kaki 4 pada PCB, saya yakin semua tuser atau tukang servis akan mampu melakukanya.

Rasanya ada yg kurang untuk flyback yang rusak ada tegangan 12 volt sementara pada kaki flyback pengganti adanya 16 volt.

Lakukan cara mengurangi lilitan dengan cara menambahkan lilitan melawan arah dari lilitan aslinya, atau membuat lilitan baru untuk keperluan tegangan sebesar 12 volt tadi, caranya kan sudah tau karena sudah pernah membongkar flyback rusak sebelumnya.

Mungkin sudah jelas ya gambaran cara memodifikasi flyback untuk berbagai macam merk, kalau ada salah-salah kata, admin minta maaf, kalau ada yang kurang jelas silahkan tanyakan, insya alloh admin akan dengan senang hati menjawab semua pertanyaan selama admin mampu.

Selamat berkarya dan salam solder.

Related Post:

Silahkan berkomentar dengan sopan dan tidak meninggalkan link aktip.

Terima Kasih.

EmoticonEmoticon