Cara membuat artikel SEO Friendly

Cara membuat artikel SEO - Sebenarnya cara tentang bagaimana membuat atau menulis artikel SEO sudah banyak sekali dibahas di berbagai situs blog, tapi setiap penulis tentu punya pengalaman masing-masing yang kemudian di tulisnya dalam sebuah artikel untuk berbagi kepada penulis lain yang belum tau bagaimana cara membuat sebuah konten atau artikel yang ramah dengan mesin pencari, enak dibaca, dan tentunya tetap terkandung makna yang kaya.

Membuat konten atau artikel merupakan kewajiban bagi setiap blogger atau webmaster, namun kalau saya perhatikan, banyak sekali blogger yang giat dan teratur dalam membuat dan mempublikasikan artikel, tapi masih banyak yang belum tahu bagaimana cara menulis artikel yang SEO friendly. Sehingga sering mengeluh ketika banyak artikel yang sulit muncul diposisi terbaik mesin pencari.

Seiring dengan update algoritma mesin pencari google, yang menurut pihak google sendiri menyatakan, kalau google terus memperbaiki algoritmanya setiap saat. Jadi sangat penting untuk diperhatikan, dalam membuat artikel yang berkualitas itu, jangan hanya bagus untuk mesin pencari saja, tapi harus bagus juga untuk pembaca (Human Friendly).

Memang sudah banyak tips dan tutorial yang disajikan oleh banyak penulis hebat tentang cara membuat artikel yang SEO friendly, tapi tidak semuanya yang mereka tulis itu benar, terkadang banyak yang menulis tentang cara yang sebenarnya sudah outdated atau sudah tidak sesuai lagi dengan perkembangan algoritma mesin pencari saat ini, terutama mesin pencari google.

Oleh karena itu, pada kesempatan kali ini saya mencoba menulis cara membuat artikel SEO friendly, yang mungkin masih banyak diantara pembaca yang belum mengetahuinya. Sebuah artikel yang SEO friendly dan sesuai dengan algoritma mesin pencari, adalah artikel yang memenuhi 6 elemen penting didalamnya. Yaitu:
  1. Judul tidak boleh lebih dari 60 karakter.
  2. Memasukan kata kunci pada paragraf pertama.
  3. Menggunakan meta deskripsi yang mengandung kata kunci, dan tidak boleh lebih dari 160 karakter.
  4. Panjang artikelnya diatas 300 kata.
  5. Menggunakan gambar dengan nama yang sesuai dengan kata kunci.
  6. Memasukan kata kunci tidak boleh lebih dari 5%.
Cara membuat konten atau artikel SEO Friendly

Cara membuat artikel SEO Friendly adalah sebagai berikut:

1. Menggunakan judul yang terdiri dari minimal 20 maksimal 60 karakter
Perlu anda ketahui bahwa robot pencari hanya akan membaca mengindeks dan menampilkan dimesin pencarinya, judul artikel antara 20 sampai 60 karakter saja. Hal tersebut bisa anda bisa lihat ketika anda mencoba mencari kata kunci, mesin pencari tidak akan menampilkan judul artikel secara penuh apabila judul tersebut memiliki jumlah karakter melebihi 60 karakter, tapi akan memotongnya dan menampilkan maksimal 60 karakter saja.

Jadi yang perlu anda perhatikan adalah, ketika membuat judul artikel agar berpredikat SEO friendly, usahakan panjang maksimal dari judul artikel tersebut tidak melebihi 60 karakter, dan usahakan tidak kurang dari 20 karakter.

Muncul pertanyaan.

Apakah kalau judul artikel melebihi 60 karakter itu tidak akan dimunculkan dimesin telusur?

Seperti yang saya jelaskan tadi diatas, mesin pencari tetap akan memunculkannya, namun memotong sebagian.

Masalah yang akan timbul dan bisa menyebabkan artikel anda gagal dalam SEO adalah, bagaimana kalau dalam 60 karakter paling awal tidak mengandung kata kunci yang relevan? Resikonya artikel anda akan diabaikan walau dalam isi artikel terkandung makna yang sangat kaya dan sesuai dengan judul yang anda buat.

Contoh judul pertama: Cara membuat artikel SEO friendly.

Contoh judul kedua: Inilah cara yang benar dalam membuat sebuah konten atau artikel yang super SEO friendly.

Judul pertama terdiri dari 33 karakter. Itu benar dan bagus, karena mengandung kata kunci yang relevan.

Judul kedua terdiri dari 88 karakter. Itu salah, karena dalam 60 katakter awal tidak terdapat kata kunci yang relevan.

Kalau anda tetap menyukai judul artikel yang panjang, maka gunakan kata kunci yang relevan di 60 karakter pertama.

Contoh Judul ketiga: Cara membuat artikel SEO friendly dengan beberapa langkah mudah dan simple.

Walaupun judul artikel dari judul ketiga memiliki jumlah karakter 76, tapi dalam 60 karakter pertama mengandung kata kunci yang relevan.

2. Memasukan kata kunci pada paragraf pertama
Hal tersebut sangat penting, yang tujuannya adalah agar mesin pencari bisa dengan cepat menemukan kalimat yang relevan dengan judul.

Contohnya kalau anda menulis judul artikel dengan kata kunci cara mendapatkan traffik organik. Maka dalam paragraf awal harus kurang lebih seperti contoh di bawah ini.

Judul atau kata kunci <H1>Cara mendapatkan traffik organik</H1>

Blog yang baik di mata google adalah blog yang traffik nya bersumber dari organik, untuk mendapatkan traffik tersebut bisa dilakukan dengan beberapa cara, diantaranya dengan meriset kata kunci yang paling banyak dicari.

Nah silahkan anda perhatikan kalimat yang saya beri huruf tebal diatas, seperti itulah teknik atau cara memasukan kata kunci pada paragraf awal.

3. Menggunakan meta deskripsi minimal 150 maksimal 160 karakter yang memuat kata kunci
Meta deskripsi atau yang sering disebut dengan deskripsi penelusuran, memiliki peranan yang sangat penting dalam SEO. Hal tersebut sudah saya buktikan dibeberapa artikel yang saya optimisasi SEO nya, bisa muncul dihalaman utama mesin pencari berdasarkan deskripsi penelusuran.

Muncul lagi pertanyaan, bagaimana cara membuat deskripsi penelusuran yang baik itu? Ya gunakan kalimat yang deskriptif.

Contohnya sebagai berikut:

Kalau judul dari artikel anda misalnya, Cara menulis artikel SEO friendly, maka deskripsi penelusurannya kurang lebih seperti berikut:

"Mengulas tentang cara menulis artikel yang SEO friendly sesuai dengan algoritma mesin pencari saat ini, terutama google, bing, yandex dan lain-lain".

Masukan meta deskripsi tersebut ke kolom deskripsi penelusuran yang ada di menu posting blog anda.

Pada gambar dibawah menunjukan contoh dari salah satu artikel yang ada diblog saya, yang menggunakan deskripsi penelusuran. Ketika saya share ke media sosial seperti facebook, pada gambar tersebut ditunjukan deskripsi dari judul artikel artikel yang saya buat.

Cara membuat artikel seo

Deskripsi penelesuran juga sangat kerap muncul dihasil penelusuran, dan sudah terbukti sangat memagnetis, atau menarik perhatian para calon pengunjung untuk meneruskan niatnya yaitu masuk ke blog kita karena membaca deskripsi yang relevan dengan dengan judul.

4. Gunakan panjang artikel minimal 300 kata
Semakin panjang sebuah artikel, maka peluangnya untuk bisa dimuncul dihalaman pertama mesin pencari menjadi sangat besar. Karena otomatis dalam sebuah artikel panjang, akan memuat banyak kata kunci. Makanya jangan heran kalau anda menemukan artikel yang berada dihalaman pertama muncul tidak sesuai dengan kata kunci yang anda tulis, karena mesin pencari menemukan banyak kata kunci yang relevan.

Sebagai contoh, saya punya sebuah artikel yang menurut saya itu artikel sangat SEO friendly, karena bisa muncul walau tidak dengan kata kunci yang sesuai judul. Artikel tersebut berjudul "Cara daftar adsense agar cepat dan mudah diterima".

Ketika saya periksa menggunakan google analytics, artikel tersebut mendapat banyak trafik justru dari kata kunci "Cara daftar adsense agar tidak digantung".

Pada awalnya saya heran kenapa bisa begitu? Tapi ya seperti itulah keuntungan dari artikel panjang, memiliki banyak peluang muncul diposisi terbaik dengab varian kata kunci.

Jadi sekali lagi saya tegaskan, agar artikel anda SEO friendly, selalu menulis artikel dengan panjang minimal 300 kata. Semakin panjang semakin bagus, tapi tetap harus relevan dengan kata kunci.

5. Menggunakan gambar lengkap dengan atribut alt dan title
Dalam membuat gambar yang akan digunakan untuk postingan harus diperhitungkan tingkat relevansinya terhadap kata kunci, jangan membuat nama gambar. Misalnya kata kunci tentang pesawat, tapi gambarnya orang lagi mandi, gak nyambung banget, tapi gambar tersebut terekam ketika sedang berada diatas pesawat, itu namanya ngintip orang mandi dari pesawat, jangan terlalu jujur, pamali :).

Juga yang lebih penting lagi adalah menambahkan title text dan alt text, agar mesin pencari benar-benar memahami arti dari gambar tersebut. Selain itu, dengan menambahkan title text dan alt text, maka otomatis semakin memperkaya artikel tersebut akan kata kunci.

Untuk lebih jelasnya, silahkan baca artikel saya yang berjudul Cara membuat artikel bergambar SEO friendly.

6. Tidak memasukan kata kunci lebih dari 5%
Kalau dalam sebuah artikel terlalu banyak mengulang kata kunci melebihi 5% dari jumlah kata yang terdapat pada artikel tersebut. Atau kalau artikel anda memiliki kata berjumlah 1000, jangan mengulang kata kunci lebih dari 20 kali. Kalau anda mengulang lebih dari 20 kali, daripada artikel anda tersebut mendapat predikat sebagai artikel yang SEO friendly, justru akan menjadi sebaliknya, artikel anda malah akan dianggap spam dan akan diacuhkan oleh mesin pencari. Dan yang lebih berbahaya lagi, artikel anda akan dihapus dari peredaran karena dianggap mengelabuhi mesin pencari.

Sebenarnya kata kunci dalam sebuah artikel, 1% juga sudah cukup, yang penting posisi penempatannya benar-benar bagus dan strategis.

Muncul lagi pertanyaan.

Bagus nya memasukan kata kunci dibagian mana saja?

Kalau anda menyimak dengan baik dari awal sampai akhir isi postingan ini, maka anda akan tahu kalau kata kunci yang dari artikel ini terdapat di:
  • 1 di judul
  • 2 di paragraf awal
  • 3 di deskripsi penelusuran
  • 4 di gambar
Mengulang 4 kali saja kata kunci sebenarnya cukup, tapi agar lebih SEO lagi, sisipkan kata kunci pada akhir postingan, kata para ahli dibidang SEO sih seperti itu, wajib memasukan kata kunci diakhir postingan.

Nah oleh karena itu, postingan saya kali ini akan saya akhiri dengan kalimat, itulah cara membuat artikel SEO friendly yang sesuai dengan algoritma pencari saat ini, terutama google. Kurang lebihnya saya mohon maaf, dan semoga artikel ini bermanfaat.

Related Post:

5 komentar

Terima kasih sudah mampir om, sukses selalu ya

Saya sudah mencobanya mas, tp belum lancar betul. Masih ada yg miss kayaknya karena lum bisa memenuhi target kata kunci utama, tp kata kunci turunannya... o iya mungkin koreksi utk poin 4 itu bukan kalimat, tp kata. Jadi artikek diatas 300 kata...

Oh iya ya, salah saya, terima kasih sudah mengkoreksi, jadi yang benar 300 kata.

Silahkan berkomentar dengan sopan dan tidak meninggalkan link aktip.

Terima Kasih.

EmoticonEmoticon