7 Tips sukses blogging untuk jangka waktu panjang

7 Tips sukses blogging untuk jangka waktu panjang - Saya masih ingat ketika pertama kali membuat blog kelihatanya biasa-biasa saja, tapi semakin dalam saya terjerumus ke dunia blogging ternyata semakin rumit, banyak sekali yang harus dikuasai, dari memilih template blog, menentukan topik atau nice blog, membuat artikel (konten), harus tau tentang ilmu SEO, dan masih banyak lagi, dan ketika satu artikel yang saya tulis bisa muncul di halaman awal google saya merasakan sesuatu yang sangat istimewa.

Padahal kalau dicermati lebih jauh kedepan, postingan saya hari ini adalah sebuah tantangan besar untuk kedepaannya bagaimana saya bisa menyajikan konten-konten berkualitas untuk kedepannya, seringkali saya membuat kesalahan dalam menulis yang ternyata apa yang saya tulis bukan bakat saya sendiri, dalam artian hanya ikut-ikutan saja mengikuti sesuatu yang sedang ramai dibahas kebanyakan blog.

7 Tips sukses blogging untuk jangka waktu panjang

Berdasarkan sedikit pengalaman saya yang baru beberapa bulan terjerumus ke dunia bloging disini saya akan sedikit berbagi tips bagaimana caranya agar blog yang kita kelola bisa terus maju dan bisa terus menulis tanpa pernah merasa kehabisan ide untuk menulis.

7 Tips sukses blogging untuk jangka waktu yang panjang

Apa yang saya tulis pasti sudah banyak dibahas oleh para master blogging yang sudah sukses memikat jutaan pemirsa untuk selalu datang ke blognya membaca setiap konten yang mereka tulis, baik itu konten lama apalagi konten-konten yang masih fresh.

Memproduksi konten terus menerus memang kewajiban seorang blogger, karena konten merupakan tulang punggung atau modal untuk keberhasilan sebuah blog, bohong besar kalau blog yang isinya hanya beberapa buah konten bisa sukses meraih jutaan pengunjung dalam tiap bulannya, kuncinya tetap dengan terus menulis sampai minimal ratusan konten tersaji di blognya bahkan tidak sedikit pemilik blog yang rela merogoh kocek untuk membayar penulis.

1. Harus selalu punya ide untuk menulis

Kita harus punya strategi agar selalu punya ide untuk menulis, sebelum menulis pelajari dulu tentang tanggapan dari pengunjung yang rutin masuk ke blog, kita akan tau konten mana yang paling banyak peminatnya? ini sangat penting dilakukan, karena saya juga punya catatan tentang data statistik dari blog saya ini, okelah pengunjug hampir rata-rata membaca setiap konten yang dibuat, tetapi saya melihat bounce rate yang berbeda ditiap-tiap konten. Nah dari situlah saya punya banyak gambaran dan ide untuk menulis dan menulis.

Artinya pelajari dulu apa yang diinginkan oleh pembaca, setelah tau maka mulailah menulis, sudah pasti apa yang kita tulis sudah ada calon pembacanya.

2. Usahakan dalam membuat artikel (konten) paling sedikit 2.000 karakter

Bisa dibilang semakin panjang artikel yang kita tulis maka akan semakin panjang umur artikel kita bertengger diposisi teratas mesin telusur, karena apa? berdasarkan penelitian para ahli ternyata yang mendominasi page one search engine adalah konten-konten yang memiliki karakter diatas 2.000 karakter. Jelas dan masuk akal, karena konten yang kita tulis itu merupakan aset besar bagi search engine, jadi mulai sekarang usahakan setiap membuat artikel harus lebih dari 2.000 karakter.

3. Sertakan gambar yang relevan dalam setiap artikel

Ini lumayan erat kaitannya dengan SEO, kita sering menemukan ketika melakukan suatu pencarian di mesin telusur seringkali tampil beberapa gambar padahal yang kita pilih adalah bukan pencarian gambar, makanya usahakan setiap membuat postingan, tambahkan gambar yang relevan disertai dengan atribut gambar, agar ketika kata kunci kita tidak terayapi oleh crawel mesin telusur masih ada harapan kalau gambar yang ada di artikel itulah yang masih bisa muncul.

Perhatikan gambar berikut

Pentingnya gambar pada postingan

Jelas bukan? jadi mesti diperhatikan pentingnya sebuah gambar dalam sebuah artikel dan kaitannya dengan teknik seo on page.

4. Publikasikan konten kita pada waktu yang tepat

Sebagai pemilik blog tentu kita tau, jam-jam tertentu dimana blog kita ramai dikunjungi, saat itulah merupakan waktu yang tepat untuk kita mempublikasikan konten baru, otomatis akan muncul notifikasi email kepada para pelanggan kita, dan tentunya pengunjung akan semakin banyak, sebenarnya sangat kurang tepat kalau kita menyediakan kontak berlangganan di blog tapi ketika mempublikasikan konten disaat mereka sedang tidur lelap, bisa saja pelanggan kita malas membuka pemberitahuan karena sudah dianggap terlambat.

Perlu kita ketahui, setiap orang yang berlangganan artikel dari blog kita tentu karena punya rasa ketertarikan untuk terus mengikuti perkembangan yang terbaru dari blog kita.

5. Selalu menjawab setiap pertanyaan yang muncul dari konten yang kita tulis

Nah disinilah pentingnya jangan asal nulis, tapi apa yang kita tulis harus benar-benar berdasarkan dari kemampuan kita, anda menulis tentang SEO tapi anda tidak tahu tentang SEO, itu sama halnya dengan kita memasang bom waktu untuk menghancurkan diri kita sendiri, jawab semua pertanyaan, kalau ada pertanyaan yang kita sendiri belum mampu menjawabnya terus usahakan, manjakan pengunjung blog kita agar semakin kuat keinginannya untuk berkunjung lagi untuk kedepanya.

6. Lebih fokus kepada pengunjung baru

Untuk pengunjung lama bisa dibilang tidak akan lari kemana, tapi yang harus kita prioritaskan adalah pengunjung baru, teliti setiap ada penambahan konten di blog anda, misalnya ketika konten berjumlah 10, pengunjung rata-rata 10 orang, dan ketika konten kita bertambah menjadi 11, pengunjung bertambah jadi 12, nah disitu kita akan bisa menilai ternyata 1 konten baru bisa mendatangkan pengunjung baru dua orang, lihat kemana dua orang itu bergerak dan pantau terus kolom komentar, siapa tau ada pertanyaan dari pengunjung baru tersebut, dengan begitu maka pengunjung tidak akan lari dan akan terus mengikuti perkembangan blog kita.

7. Promosikan konten kita ke tempat yang benar-benar tepat

Anda penjual obat? berdaganglah ditempat-tempat orang sakit, kalau anda menulis sesuatu tentang blogging yang carilah tempat-tempat dimana para blogger berkumpul, cari waktu atau momentum yang tepat untuk mempromosikan konten kita, ketika muncul pertanyaan yang ada kaitannya dengan konten yang kita tulis, disitulah saatnya anda beraksi, tarik perhatian mereka untuk melihat isi konten kita, dan kalau mereka merasa terbantu, sudah jelas anda akan mendapat kunjungan terus menerus dari mereka.

Artikel Terkait: Cara mempromosikan konten untuk menjaring ribuan visitor.

Jadi blogger sukses itu tidak mudah, sangat banyak hal yang harus kita lakukan, tapi saya yakin kalau anda mengikuti tujuh cara diatas maka blog anda akan meraih kesuksesan dalam waktu yang sangat panjang.

Mungkin itu saja 7 Tips sukses jadi blogger untuk jangka waktu panjang, semoga bisa jadi motivasi baik untuk diri saya sendiri juga bagi anda yang sedang memulai langkah membangun blog atau website.

Related Post:

Silahkan berkomentar dengan sopan dan tidak meninggalkan link aktip.

Terima Kasih.

EmoticonEmoticon