4 Hal yang bisa menyebabkan blog sepi dari pengunjung dan solusi terbaiknya

Artikel setiap hari bertambah, berbagai teknik seo baik seo on-page dan seo off-page sudah dilakukan, tapi pengunjung blog tidak ada perubahan, tetap sepi, tidak ada peningkatan trafik, tetap segitu-gitu saja. Mari kita cari solusinya, tapi sebelumnya apakah anda sudah tau penyebab blog anda sepi pengunjung? banyak hal yang harus kita teliti lebih serius, karena kesalahan kecil saja bisa berdampak kurangnya pengunjung untuk berkunjung ke blog kita.

Blog sepi pengunjung jangan selalu dikait-kaitkan dengan seo, karena banyak sekali blog yang super seo tapi trafiknya gak pernah bertambah.

Apakah karena memang judul artikel yang anda tulis tidak muncul halaman awal mesin telusur atau tingkat Bounce Rate atau rasio pentalan yang tinggi? kalau masalahnya judul artikel tidak pernah mau muncul di halaman utama mesin telusur itu bukan masalah yang terlalu rumit, tapi kalau kenyataan yang terjadi di akibatkan karena tingkat rasio pentalan yang tinggi, maka hal ini perlu penanganan secara menyeluruh terhadap seluruh struktur blog, baik dari segi template maupun penerapan iklan juga bisa jadi karena konten-konten yang anda tulis kurang berkualitas.

Penyebab Pengunjung Blog Tidak Mau Naik Dan Solusi Terbaiknya

Penyebab trafik blog turun dan solusi terbaiknya


Seperti yang tadi saya katakan, yang harus paling diwaspadai adalah penyebab trafik blog tidak mau naik malah sebaliknya terus menurun dari waktu kewaktu adalah akibat Bounce Rate atau rasio pentalan yang tinggi, kenapa rasio pentalan bisa tinggi? banyak sekali faktor penyebabnya antara lain:

1. Loading blog yang lambat. 
Ketika pengunjung datang ke blog kita lalu tertarik untuk membuka beberapa artikel yang ada di blog kita tetapi merasakan beratnya ketika memuat halaman konten maka rasa kesal atau jengkel akan mulai timbul, dan kemungkinan besar pengunjung akan segera hengkang dari blog kita, itulah salah satunya yang menyebabkan rasio pentalan menjadi tinggi.

Bagaimana cara mengatasi loading blog yang berat?

  1. Perkecil ukuran gambar atau bahasa lazimnya compress image, gambar yang terlalu besar didalam postingan sangat berpengaruh terhadap loading halaman blog.
  2. Hapus widget atau gadget yang sekiranya tidak terlalu penting, karena biasanya didalam widget atau gadget terdapat kode java scrypt,jquery,css yang bisa memperlambat loading sebuah blog, pilih atau gunakan saja widget atau gadget yang paling dibutuhkan seperti popular post, artikel terbaru dan arsip blog.
  3. Hindari penggunakan kode java scrypt, css dan jquery kalau tujuanya hanya untuk mempercantik tampilam blog saja, karena secara tidak sadar anda sudah memperburuk loading blog.

2. Template yang digunakan untuk blog. 
Template bisa menyebabkan rasio pentalan yang tinggi? jelas bisa! dijaman sekarang lebih ditekankan setiap blog untuk menggunakan template yang responsiv baik responsiv ketika diakses oleh browser komputer atau ketika diakses oleh ponsel cerdas (smartphone), ketika tampilan blog kita terlihat tidak rapih seperti gambar pada artikel lebih ke kiri atau lebih ke kanan bisa membuat pengunjung kurang merasa nyaman, merasa terganggu ketikan sedang membaca konten kita, jadi disarankan untuk menggunakan template yang responsif.

3. Pemasangan iklan (kalau anda memasang iklan untuk sumber penghasilan blog). 
Apakah pemasangan iklan yang kurang tepat bisa menimbulkan rasio pentalan yang tinggi? menurut saya iya, kenapa? contohnya seperti ketika saya mau berkunjung ke blog teman untuk melakukan blog walking, ketika saya baru masuk sudah disuguhkan sebuah iklan yang menutupi konten, dan kita dipaksa untuk mengklik dua kali agar iklan tersebut menghilang dan artikel bisa dibaca sepenuhnya.

Sebenarnya namanya usaha ya sah-sah saja, tapi kalau menurut saya selain pemasangan iklan seperti itu bertentangan dengan TOS adsense, juga bisa mempengaruhi citra kurang baik sebuah blog, jangankan pengunjung biasa yang cenderung ingin cepat tau apa isi artikel itu, saya sendiri yang seorang publisher dan sadar untuk apa iklan melayang tersebut, terkadang suka timbul rasa kurang sabar, yang niatnya tadi ingin melakukan blog walking malah cepat-cepat menekan tombol back untuk mencari lagi blog mana yang nicenya sesuai dengan nice blog saya.

4. Konten kurang relevan dengan judul atau kata kunci.
Judul yang muncul dari kata kunci yang diketik oleh calon pengunjung pada mesin telusur dan memunculkan judul artikel kita paling awal dimesin telusur harus benar-benar berisi konten yang relevan, karena kalau tidak pengunjung tersebut selain segera hengkang yang mejadikan rasio pentalan menjadi tinggi, juga kemungkinan besar pengunjung tersebut akan merasa kapok untuk berkunjung lagi, sekalipun dihalaman utama memunculkan semua judul dari blog kita maka pengunjung besar kemungkinan akan mencari di halaman kedua ketiga dan seterusnya, jadi SEO dalam hal ini tidak jadi jaminan akan menjadikan blog kita sebagai panutan bagi pengunjung, justru dengan teknik seo seperti itu akan jadi perangkap bagi diri kita sendiri.

Coba anda bayangkan efek dari rasio pentalan yang tinggi, itu berarti grafik pengunjung lama dengan pengunjung baru tidak akan pernah seimbang, hilang dua muncul satu, hilang tiga muncul satu, kalau hal seperti itu terus berlanjut maka bisa dipastikan semakin lama blog kita akan semakin sepi dari pengunjung.

Artikel terkait: Cara mendatangkan visitor organik yang melimpah ke blog kita.

Selain rasio pentalan yang tinggi yang bisa menyebabkan pengunjung blog menjadi sepi, juga tingkat penguasaan teknik seo kita yang kurang bagus, sehingga sebagus dan serelevan apapun konten yang kita tulis belum jadi jaminan akan mampu muncul dihalaman utama mesin pencari, walau pada dasarnya sebuah konten yang bagus dan relevan itu sudah merupakan seo on page, tapi jika tidak dibarengi dengan teknik seo agar mesin pencari semakin termagnetis untuk menampilkan judul konten kita dihalaman utamanya maka bisa jadi itu lah slaah satu penyebab artikel banyak dan terus di update tapi tidak juga mendapatkan pengunjung yang melimpah ke ke blog kita.

Mungkin itu saja yang bisa saya sampaikan tentang penyebab blog sepi dari pengunjung dan solusi yang saya tawarkan, semoga artikel ini bisa jadi motivasi bagi diri saya sendiri juga bagi anda sebagai pembaca untuk semakin meningkatkan kualitas blog kita dimata pembaca dan dimata mesin pencari.

6 komentar

Gmana caranya ngecek bounce rate ya diblogger? Slama ini saya cuma cek page view aja.

Mas Flyin DVB..duh kok rada gimana gitu manggilnya, hehehe. Aku kan juga pake template yang sama seperti di blog ini, tapi ada sedikit masalah nih diblog ku. Sepele sih, tapi bikin ngeganjel pikiran. Jadi saat artikel dishare di fb, yang muncul tuh bukan link artikel dengan cuplikan deskripsi nya, tapi judul dengan tulisan 'Simplify 2 responsive template'. Dan kalo artikelnya dishare ke G+ yang muncul hanya gambar thumbnail dan nama blogku, judulnya gak muncul.

Jadi kalo boleh, ane minta salinan kode html dibagian .

Oiya, dibagian artikel terbaru/Recent Post kalau di desktop ngga muncul, padahal ane udah setting sesuai cara yg mbak Arlina posting. sekalian minta salinan kode html buat Recent Post.

Makasih lho Flyin DVB.

Mas Tiyawann: saya lihat tidak ada masalah dengan templatenya, berjalan dengan baik tuh

Aslm. Sangat bermanfaat informasinya yang jadi pertanyaan saya
Template yang responsip itu yang bagaimana? apa Template bawaan blog bagus ?saya pernah pakai template gratis tapi by postednya malah ikut terus di postingan mungkin karena saya ini baru belajar belum paham benar.Mohon petunjuk lah...tks.Salam sukses...

Sekarang google telah mengeluarkan template yang sudah full responsif baik untuk tampilan mobile dan juga desktop, saya lihat blog nya pak wawan sudah sangat bagus, sedikit tips, usahakan menulis langsung di dashboard blog, jangan menggunakan word, karena seringkali terjadi error html.

Silahkan berkomentar dengan sopan dan tidak meninggalkan link aktip.

Terima Kasih.

EmoticonEmoticon