Pengaruh konten dan pengunjung terhadap CPC atau BPK adsense

Tags

Seperti yang telah saya bahas sebelumnya tentang apa yang memiliki pengaruh kuat terhadap besar kecilnya nilai cpc atau bpk adsense adalah konten dan pengunjung. Kenapa saya bisa menyatakan seperti itu? Karena berdasarkan hasil eksperimen yang saya lakukan dari beberapa blog milik saya yang saya pasangi iklan google adsense.

Blog dengan satu nice ketika mendapat kunjungan dan klik dari pengunjung yang berasal dari media sosial seperti facebook dan google+ maka nilai cpc (bpk) nya sangat kecil, tetapi ketika blog dengan satu nice itu mendapat kunjungan dan klik dari pengunjung yang berasal dari mesin telusur atau organik, maka nilai cpc (bpk) nya sungguh fantastis.

Blog dengan beragam nice atau yang disebut dengan blog gado-gado ketika mendapat kunjungan dan klik dari pengunjung yang berasal dari media sosial, nilai cpc (bpk) nya kecil, dan ketika mendapat kunjungan dan klik dari pengunjung yang berasal dari mesin telusur (organik) maka nilai cpc (bpk) nya standart.

Pengaruh konten dan pengunjung terhadap CPC atau BPK adsense

Nah dari percobaan yang saya lakukan seperti yang saya terangkan diatas maka saya dan juga termasuk anda yang sedang menyelidiki apa yang paling berpengaruh terhadap nilai cpc (bpk) adsense, akan mendapat titik terang tentang bagaimana memulai mendapatkan penghasilan yang maksimal dari adsense.

Langkah yang paling tepat adalah dengan membuat banyak blog dengan nice yang berbeda, seperti misalnya:

Blog A dengan nice kesehatan.
Blog B dengan nice internet marketing.
Blog C dengan nice komputer.
Blog D dengan nice seputar android.

Dan masih banyak lagi nice-nice blog yang sangat dicari oleh calon pengunjung.

Tapi mesti anda ingat, yang menentukan adalah banyak atau sedikitnya pengunjung organik yang datang ke blog. Dan untuk mendatangkan pengunjung organik tentu membutuhkan waktu dan perjuangan yang tidak mudah, perlu strategi, perjuangan dan kesabaran.

Strategi apa saja yang harus kita lakukan untuk mendatangkan pengunjung organik ke blog kita agar konten yang kita buat bisa membuahkan hasil yang sesuai dengan harapan yaitu, Blog + Nice + Konten + Pengunjung organik = cpc (bpk) tinggi.

Ada 2 (dua) hal yang bisa kita lakukan untuk mencapai semua itu, yaitu:

1. Skill atau kemampuan kita memagnetis pengunjung agar masuk ke blog kita dengan teknik seo yang jitu


Dengan teknik seo yang benar-benar jitu walau persaingan dari kata kunci yang mengarah ke konten tertentu itu sangat ketat dan berat, maka konten yang kita tulis lah yang akan muncul di halaman utama mesin pencari, dengan munculnya konten kita di halaman utama mesin pencari maka peluang blog untuk mendapatkan pengunjung organik akan semakin besar.

Belajar ilmu SEO (Search Engine Optimization) bukan hal yang mudah, itu menurut pengalaman saya, ketika saya membuat konten lalu saya publikasikan dengan harapan bisa muncul di halaman utama dengan beberapa kata kunci, tapi hasilnya malah jauh tenggelam, tapi ketika saya membuat konten baru dan mempublikasikannya, konten lama yang tadinya tenggelam malah bisa muncul di halaman utama dengan kata kunci dari konten yang baru, itulah keunikan dari SEO, tapi bukan berarti kata unik disini bisa di definisikan dengan sesuatu yang aneh, justru unik disini ya itulah SEO, sesuatu yang memang ada teknik dan rumusnya.

Kunci dari belajar tentang SEO, kalau gagal dengan konten pertama coba dengan konten kedua, ketiga dan seterusnya, lambat laun kita akan mengenal lebih dalam tentang ilmu SEO, dengan begitu skil atau kemampuan kita mengenai SEO akan semakin terasah dan semakin baik, dengan begitu setiap kita membuat sebuah konten akan selalu menghasilkan konten yang seo friendly tanpa kita sadari.

2. Mendongkrak kepopuleran blog


Strategi yang kedua ini tidak begitu bergantung dengan SEO, tapi memerlukan kesabaran dan kerja keras, kita harus rajin mempromosikan blog dan konten kita ke berbagai media yang sesuai dengan nice blog kita, contohnya dengan aktip di group-group google+, aktip di group-group facebook dengan rajin membuat status atau berkomentar sambil sesekali mempromosikan konten dari blog kita, maka lambat tapi pasti blog dan konten kita akan semakin populer.

Ketika satu orang berkunjung ke blog kita melalui rujukan yang pertama orang itu lihat adalah nama blog lalu konten, kalau orang tersebut tertarik atau terkesan dengan topik dari blog dan konten kita maka besar kemungkinan kalau orang tersebut pada kunjungan-kunjungan selanjutnya akan langsung mengetik nama blog kita di mesin pencari.

Coba anda bayangkan kalau anda aktip di 100 group yang membahas tentang topik yang sesuai dengan yang apa kita tulis di blog kita, terus setiap hari anda aktip di seratus group tersebut dengan menulis postingan atau berkomentar dengan baik sambil sesekali mempromosikan konten-konten yang ada di blog kita, masa iya tidak ada satu pun yang tertarik untuk berkunjung? Sudah saya buktikan dan berhasil.

Anda belum tau cara berkomentar dengan baik sambil mempromosikan konten yang ada di blog anda? Baiklah akan saya berikan sedikit contoh atau gambaran.

Kalau anda membuat blog dengan nice seputar android, otomatis anda akan menulis seputar android, seperti cara root android misalnya, anda harus aktip di group yang membahas android, sewaktu-waktu pasti akan ada seseorang yang bertanya tentang cara root android, dan ketika pertanyaan tersebut jawabannya sesuai dengan konten yang anda tulis di blog anda, maka itulah saat yang paling tepat bagi anda untuk mempromosikan konten anda.

Caranya berkomentar sambil mempromosikan konten itu seperti apa? Baiklah kalau memang anda sama sekali belum tau akan saya berikan contoh.

Member A membuat postingan seperti ini:

Agan-agan yang baik hati, saya punya android asus zenfone go zc451tg yang ingin di root, sudah googling tapi belum ada yang berhasil, tolong bagi agan2 yang tau mohon bantuannya.

Anda sebagai orang yang menulis tentang cara root asus zenfone go zc451tg sesuai dengan yang ditanyakan oleh member A tadi tentu akan merasa mangkel, lah ini orang gak masuk blog gua sih, coba kalau masuk ke flyin dvb blog saya, pasti beres tuh masalah.

Anda tidak usah jengkel sama orang itu, orang itu belum tau kalau ada blog dengan nama flyin dvb yang menulis tentang cara root asus zenfone go tadi, jadi dia hanya menulis mesin telusur dengan kata kunci cara root asus zenfone go, nah karena konten cara root asus di blog flyin dvb tadi tidak dibarengi dengan teknik SEO, maka jangan harap bisa muncul di halaman utama, justru inilah saat yang tepat untuk menjalankan strategi kedua yaitu mempopulerkan blog dengan cara mempromosikan konten, anda tinggal menulis pada halaman komentar, mudah-mudahan bisa membantu silahkan kunjungi halaman atau link berikut... "tulis link dari konten anda", dan ketika orang tersebut melihat pasti akan tertarik untuk berkunjung dan mencoba cara yang anda tulis, kalau orang itu berhasil me-root androidnya dengan cara yang anda tulis, saya yakin di otak orang itu ketika ada temennya yang minta di rootkan androidnya adalah blog flyin dvb. ;).

Sudah jelas bukan? Semakin banyak orang yang menulis nama blog kita di mesin telusur, maka lambat laun blog kita akan semakin populer dan derajatnya akan meningkat di mesin telusur.

Kita kembali ambil contoh blog yang sukses tanpa konten dan SEO yang jelas, salah satunya yang paling banyak dikagumi oleh blogger yaitu blog nya 'Linda Ikeji'. Saya sangat yakin tidak ada pengunjung yang menulis kata kunci yang terkait dengan konten yang ditulis oleh linda ikeji, tapi pengunjung nya hanya menulis linda ikeji saja.

Jadi jelas sekarang, semakin blog tersebut banyak pengunjung, semakin blog tersebut memiliki banyak konten, maka kalau blog tersebut akan mendapatkan perlakuan khusus dari mesin pencari.

Kesimpulan dari artikel saya kali ini tentang pengaruh nice dan konten blog terhadap besar kecilnya CPC (BPK) adsense adalah:
  1. Buatlah blog yang banyak dengan masing-masing nice yang berbeda.
  2. Lakukan dua strategi yang saya tulis diatas.
Dan yang paling penting nih sebagai penutup, berdoalah agar segala sesuatu yang kita tulis ada manfaatnya bagi sesama, dan pasti setiap manfaat akan membawa berkah.

Itulah Pengaruh konten dan pengunjung terhadap CPC atau BPK adsense yang bisa saya sampaikan semoga bermanfaat.

2 komentar

Terimakasih mas informasinya, blog aku masih kecil pendapatan adsnya, mungkin nilai cpc nya kecil ya. Padahal blog nice kesehatan lho. Salam kenal aja

Mungkin pengunjungnya masih dominan dari rujukan atau medsos, sabar aja mbak, nanti juga kalau blognya sudah terkenal dan pengunjungnya sudah banyak dari mesin telusur, maka nilai cpc (bpk) akan semakin membaik.

Silahkan berkomentar dengan sopan dan tidak meninggalkan link aktip.

Terima Kasih.

EmoticonEmoticon