Mengenal jenis kerusakan pada LED TV dan cara mengatasinya

LED TV atau sebuah perangkat televisi dengan teknologi pencahayaannya menggunakan LED yang terpasang dibalik layar dengan amplitudo otomatis mengikuti alur cahaya yang muncul berbarengan dengan terang redupnya tingkat cahaya pada gambar memang memberikan angin segar bagi pengguna nya, karena selain tingkat kejelasan visual (gambar) lebih baik juga konsumsi daya yang sangat irit bila dibanding dengan teknologi terdahulunya yaitu LCD TV.

Mengenal jenis kerusakan pada LED TV dan cara mengatasinya

Namun tak lepas dari kemajuan teknologi dan tingkat persaingan dagang yang makin ketat setelah persaingan dagang hampir 90% di dominasi oleh produk-produk buatan cina, maka dalam pembuatan atau perakitan perangkat elektronik sepertinya sudah tidak lagi mengkedepankan tingkat kualitas komponen yang digunakan didalamnya.

Entah karena berbenturan dengan harga jual perangkat atau memang komponen yang digunakan belum di betul-betul di uji tingkat keawetanya, kita tidak tahu pasti, tapi yang jelas berdasarkan pengalaman saya dalam praktek servis peralatan elektronik modern, sering kali menemukan komponen-komponen yang bentuknya masih mulus karena memang masih tergolong baru tapi sudah dalam keadaan rusak, seperti contoh kecilnya kita sering kali menemukan sebuah kapasitor elektrolit (Elko) atau sebuah kapasitor keramik, kapasitor jenis kotak kecil yang sering disebut kapasitor tahu sudah dalam keadaan konslet atau putus.

Berdasarkan pengalaman yang sering saya temukan maka saya terpanggil untuk berbagi pengalaman tentang cara mengenali kerusakan-kerusakan umum pada televisi jenis LED TV, agar dalam praktek perbaikan atau servis tidak sampai salah langkah, terutama bagi anda yang baru terjun di dunia servis elektronik.

Cara mengenali kerusakan umum pada LED TV dan cara mengatasinya


Kerusakan-kerusakan umum yang sering penulis temukan diantaranya:

1. Suara ada tapi gambar gelap


Kerusakan seperti itu bisa diakibatkan dengan adanya komponen yang putus, teknik menemukan komponen yang putus harus tetap di awali dari sumber daya input, karena kerusakan dengan gejala suara ada tapi gambar gelap lebih cenderung ke bagian layar, maka yang harus diteliti adalah bagian yang bekerja sebagai rangkaian pengubah gelombang elektro magnet gambar menjadi gambar nyata.

Komponen apa saja diantaranya?
Karena kasusnya suara ada tapi gambar "gelap" saya beri tanda kutip dalam kalimat gelap, berarti tidak ada cahaya sama sekali, berarti kerusakan cenderung ke bagian pencahayaan.

Dari mana asal cahaya yang menerangi gambar yang muncul di panel display kaca nya?
Nah ini yang perlu anda ketahui, cahaya yang digunakan untuk menerangi gambar yang muncul pada panel display berasal dari beberapa buah lampu LED yang terpasang dibalik layar.

A. Dari mana sumber tegangan untuk menyalakan beberapa buah lampu LED itu?

Sumber tegangan berasal dari rangkaian regulator.

B. Berapa volt tegangan yang dibutuhkan untuk mampu menyalakan lampu LED tersebut?

Voltase tegangan bervariatif antara 12 sampai 24 volt bahkan ada yang sampai 40 volt lebih tergantung berapa besar LED TV nya dan berapa banyak lampu LED yang digunakan.

C. Cara kerjanya bagaimana?

Karena pada priship kerjanya sebuah LED TV ini lebih ke hemat daya, maka sirkuit regulator dibuat sehemat mungkin, untuk keperluan voltase yang lumayan besar maka dibuat sebuah rangkaian yang disebut inverter dc to dc atau pelipat ganda tegangan dc dengan memanfaatkan induksi lilitan yang dililitkan pada sebuah ferit dengan konstruksi khusus sehingga voltase yang dihasilkan besar tapi suplay atau input daya tetap kecil.

Teknik perbaikan gejala suara ada gambar tidak ada


Ukur dulu tegangan output dari regulator ketika televisi sedang dalam keadaan hidup (suara ada gambar gelap), kalau tegangan kurang atau tidak ada sama sekali berarti fuse out dari kaki regulator putus, setelah diganti putus lagi berarti rangkaian tahap berikutnya bermasalah, bisa jadi dioda penyearahnya konslet, kalau bagus bisa jadi IGBT nya yang konslet.

Kalau tegangan normal sampai titik akhir yaitu titik yang menyambungkan tegangan dari dc to dc ke lampu LED masih normal, bisa dipastikan kerusakannya adalah putus nya salah satu lampu LED yang berada di balik layar, untuk memperbaikinya anda harus berani membongkar panel.

Catatan:

Biasanya lampu LED yang putus hanya 1 saja dalam setiap jalur, karena dalam sistem kerjanya lampu LED di pasang secara seri dalam setiap jalur maka sangat kecil kemungkinan lampu LED putus lebih dari satu.

Agar lebih jelas silahkan baca artikel saya tentang cara memperbaiki lampu LED yang putus.

2. TV mati total.


Kerusakan dengan gejala mati total menurut pengalaman penulis itu bisa dari beberapa penyebab diantaranya:

Untuk LED TV yang menggunakan regulator internal atau regulator yang terpasang didalam pesawat televisi maka kemungkinan besar kerusakan ada di bagian regulator nya, seringkali ditemukan kerusakan dibagian ic osilator driver regulator.

Karena untuk saat ini belum begitu banyak toko penjual komponen elektronik yang mampu menyediakan komponen-komponen elektronik modern yang berupa ic ic kecil, maka lebih disarankan menggunakan sebuah gacun regulator sebagai alternatifnya, karena untuk LED tv hampir 100% tidak ada teknik khusus dalam cara kerja stanby dan on televisi, beda dengan sistem kerja televisi LCD, yang menurut saya tidak begitu sulit namun tetap memerlukan keahlian khusus ketika mau mengganti regulator menggunakan gacun.

Untuk LED tv yang menggunakan regulator eksternal atau sering disebut universak regulator, penulis sering menemukan pengalaman unik, yaitu kapasitor tahu seperti yang tadi saya bahas diatas itu mengalami konslet atau setengah konslet.

Banyak teknisi yang terkecoh mengira kerusakan terdapat pada regulatornya dan beranggapan kalau regulator bermasalah, karena ketika diukur sebelum terpasang tegangannya normal, tapi setelah dipasang tegangan jadi hilang.

Anggapan kerusakan berada pada regulator memang tidak selamanya salah, tapi yang harus anda ketahui ketika beban yang diterima oleh regulator melebihi sedikit saja dari yang sudah ditentukan maka otomatis regulator akan protect atau membunuh dirinya sendiri, jadi jangan heran kalau regulator outputnya konslet dalam waktu yang lama tidak akan menimbulkan kerusakan pada sirkuit regulatornya itu sendiri.

Teknik perbaikan led tv mati total


Lepas semua kapasitor yang berhubungan dengan tegangan utama sambil di ukur antara B+ ke Ground, kalau sudah dicabut semua tapi alat ukur masih menunjukan adanya hubungan pendek, periksa dioda-dioda zener barangkali ada yang konslet, kalau semua sudah diperiksa dan masih menunjukan adanya hubungan pendek, maju ke bagian dc to dc, bisa saja IGBT nya yang konslet bahkan tidak tertutup kemungkinan memang ic utama nya yang konslet.

3. Suara ada cahaya ada gambar tidak ada


Kerusakan seperti itu lebih sering terjadi pada rangkaian TCon nya, walau tidak tertutup kemungkinan kerusakan ada di bagian ic utamanya juga.

Teknik perbaikan tv led suara ada cahaya ada gambar tidak ada


Sebaiknya periksa dulu lebih teliti untuk bagian TCon panelnya dari mulai tegangan input sampai pada ic TCon nya itu sendiri, biasanya kerusakan ic TCon ditandai dengan panas pada ic yang sangat berlebihan.

4. Gambar ada suara tidak ada


Kerusakan seperti itu untuk LED TV malah sering terjadi karena eror memori, walau sebagian ada yang memang disebabkan oleh rusaknya ic power amplifiernya tapi sangat jarang terjadi, justru yang lebih sering dari korupnya memori.

Teknik perbaikan tv led gambar ada suara tidak ada


Ada dua cara yang bisa anda lakukan.

Yang pertama melakukan flash ulang pada ic memorinya.

Yang kedua bisa dengan trik mencabut transisistor kontrol mute yg terdapat pada rangkaian power amplifier nya.

5. Remot tidak berfungsi


Kemajuan teknologi yang bikin geli itu menurut saya, terkadang kerusakan seperti itu terjadi pada pesawat televisi LED yang baru beberapa hari dibeli dan justru sering terjadi pada televisi-televisi bermerk seperti Polytron, LG, Sharp, Sanyo, Toshiba dll.

Teknik perbaikan remot led tv tidak berfungsi


Sudah jangan ribut, itu mungkin memang rejeki anda, periksa saja bagian IR remot kontrol atau bagian penerima remot, biasanya di suplay dengan tegangan antara 3,3 volt dan 5 volt melalui resistor 100 ohm, kerusakan sering terjadi pada kapasitor setelah resistor 100 ohm tersebut mengalami konslet atau setengah konslet.

Mungkin itu saja yang bisa saya sampaikan dalam artikel kali ini tentang cara mengenali kerusakan-kerusakan umum yang sering terjadi pada televisi LED, agar pada praktek nya nanti kita tidak begitu salah dalam melakukan tindakan perbaikan.

Kalau ada yang belum jelas, marilah berdiskusi di halaman komentar yang saya sediakan

Salam.

60 komentar

Mau tanya bos, tv di rumah top off nya kadang bisa on kadang ga bisa itu kenapa ya, merk sharp 21" model biasa, masih tabung bukan led/lcd

itu protect mas, coba solder ulang saja dulu

Master,sy baca atas sampai bwh blm ada kerusakan yg sprti led tv 32 inch yg saya alami, kerusakan tv saya saat adalah tv nyala suara normal namun gambar eror,separuh atas blur separuh bawah normal, kira² apanya yg rusak ya master,mhon solusinya thx...

Kemungkinan besar itu kerusakan tcon mas, coba di cek semua resistor yang mengubungkan arus ke pannel

Kemungkinan besar itu kerusakan tcon mas, coba di cek semua resistor yang mengubungkan arus ke pannel

permisi master..tv polutron 22 inch..gambar blank putih suara ada..setelah cek semua tegangan benar..tapi masih blank..di sisi panel lcd masih ada gambar sedikit..tks

Dari gejalanya seperti menunjukan kerusakan t-con mas, coba pegang ic di bagian t-con apakah ada salah satu yang panas nya berlebih

Agan saya sedang cari part led panel TV Samsung 32 Inch Type UA32EH4000....gini gan saya dapat servisan TV dengan merk/type tersebut yg LED Panel monitor aslinya Pecah, dan yg punya minta ganti LED Panel Monitornya
klo pun ada dendengan atau TV rusak yang mau dijual asalkan merk/spek sama dan kerusakannya bukan karena panel LED monitor nya yang rusak saya mau beli
sekiranya ada tolong hubungi saya di No HP/WA 081336706830

knpa tv LED LG saya kliatan lampu LED nya yah,,titik titik gitu dilayar,,jd mengganggu layar..

Hal tersebut terjadi karena kancing kristal penutup lampu LED nya lepas mas, bisa baca artikel saya tentang masalah tersebut di halaman http://www.flyin-dvb.com/2016/12/led-tv-lg-gambar-ada-titik-putih.html semoga bisa membantu

Mas Tv led sharp yg 32 inci sy klo dihidupin trud beberapa detik mati sendiri dan beberapa detik hidup sendiri trus menerus begitu apa penyebabnya ya

TV LED SHARP 32 sy klo dihidupkan kemudian 3 detik mati sendiri dan 3 detik berikutnya hidup sendiri begitu strusnya apa kira2 penyebabnya

TV LED Samsung saya di menit awal layar masih normal setelah 5 s.d 10 menit warna di layar berubah menjadi dominan warna merah, jadi seharusnya hijau menjadi ungu. Mohon bantuannya mas cara mengatasinya, ter8ma kasih.

Coba periksa panel atau remot bisa saja konslet, atau periksa kapasitor yang berhubungan dengan pannel kontrol.. silahkan bertanya lagi kalau masalah belum fix.

Itu kerusakan bisa terjadi pada T-CON atau pannel LCD nya pak, bisa gunakan trik putus pannel, nanti saya bikinkan artikelnya.

Mas tv sy merek polytron 32'keluhanx nyala backlightx hnya sepintas sy dah gnti ic driverx sm Fetx tp blm ad perbhn..mhn pncerahanx mas

Nyala sekilas mungkin karena protect, supaya lebih jelas, apakah ketika lampu backlight mati, tv ada suaranya atau tidak ada? kalau ada, kemungkina kerusakan hanya di bagian backlight, coba gunakan alternatif ganti IGBT dengan gacun, kabel merak ke kaki kolektor IGBT, kabel hitam ke ground., ukur di dioda output dc to dc nya, kalau terjadi peningkatan tegangan tapi lampu tetap tidak menyala, kemungkinan ada salah satu lampu yang sudah soak.

Gimana caranya memperbaiki tv led samsung .. tv saya muncul di layar dan ada tulisan merah dvb trus susah dimatikan tvnya di trun off juga susah mohon bantuaanya gan

mau manayakn pa tombol power menyala..kemarin pas lagi nonton tv mati ngedadak ga ada gambar dan suara sama sekali.
kirain saya remot habis batrai nya tadi saya beli batrai baru tetp ga nyala..kira" kerusakan di mna nya pa.
terima kasih

Apakah lampu standby nya menyala?

permisi mas, mau ikutan nanyak karna sepertinya admin nya fast respon. saya punya Polytron Cinemax Pld 32t710 Led Tv 32, kalau sudah mati susah hidupnya kadang sampai nunggu 2 sampai 3 hari untuk bisa nyala lagi, akhirnya saat tv nyala nggak di matiin berhari-hari, mohon solusinya kalau bisa di kasih gambar mungkin ada komponen yang musti di ganti. Terima kasih

Coba diganti komponen elko dibagian power suplay regulator, biasanya tegangan 5 volt dan 12 volt kurang, sehingga tv akan lambat start, hal tersebut terjadi bukan hanya pada tv led polytron saja, elko terlihat masih bagus padahal sebenarnya sudah kering.

Tv Toshiba suara ada tapi tampilannya hanya warna saja yg berganti - ganti, kenapa ya ?

Permisi mas mau nanya .. tv saya polytron led , saat tampilan siaran berwarna hitam ada nampak warna kemerah merahan disisi tv .. tapi saat warna selain hitam muncul , bercak merah hilang

itu ic detektor video nya tidak memberikan sinyal ke video amplifier, coba teliti mulai dari ic switch tv/av

Tv led Samsung 32eh4003 lampu berkedip, tegangan PSU normal, yg Maslah apanya, mohon penjelasAnnya....mksh

Tv led 32eh4003 lampu stanby berkedip2, tegangan d PSU normal, masalahnya dimana, mohon beri petunjuknya.....
Makasih

Dari keterangan anda sepertinya kerusakan ada di bagaian firmware yang korup, coba lakukan flash firmware

Gan tv saya samsung smart tv series 4 led 32". Masalahnya layarnya double gan. Mohon beri petunjuknya....

Malam om, mau tanya tv lg22 lcd. Tvnya kalau dinyalain white screen gitu.. Itu apanya yanh rusak ya?

Tv Polytron LED 24 lampu standbye nyala,tp ga mau hidup,mohon pencerahannya.

Periksa tegangan 5 volt untuk motherboard, kalau semua tegangan terkur bagus, kemungkinan kerusakan ada dibagian firmware

Maaf gan, mau nanya . Saya ada LED toshiba 40". Kendalanya, muncul bercak /bintik bintik merah pas warna hitam/gelap. Tapi pas warna cerah/selain hitam, bercaknya hilang.. Mirip kesemutan pada TV pindah pindah. Itu biasanya kenapa gan? Makasih,?

Sepertinya masalah ada pada pannel atau bisa juga disebabkan tidak ratanya tegangan untuk t-con, agar lebih jelas, silahkan kirim foto langsung ke kontak email saya flyin.dvb@gmail.com

Tv polytron 40in Saya klo main ps3 mati trus hidup lagi Kenapa yaa

Maaf gan, saya mau tanya. TV LED Polytron saya tiba tiba mati di barengi listrik yg jelpak di meteran (seperti ada korsleting) sudah coba lagi dan hasilnya sama...

Itu kerusakan di bagian FET Regulatornya, sebaiknya segera di bawa ke tukang servis kalau tidak bisa sendiri, jangan di colokin berulang karena bisa merusak komponen lain seperti diaoda perata arus dan lain-lain

Saya punya tv lcd lg 22lg 30r.mas kendala gambar bergaris pelangi besar besar..lalu saya coba bongkar dibagian tycon saya pegang ic max 17077 panas banget apa benar ic itu yg kena..mohon pencerahaanya mas...dan kalau itu benar dimana saya harus belinya....

Slam knal gan..mw tanya tv led toshiba 29pb201 gambarnya kedip2 apa maslahnya ya..trima kash

Coba direkam sebentar dalam keadaan berkedip, lalu kirim videonya ke email saya flyin.dvb@gmail.com agar saya lebih mudah memastikan kerusakannya.

tv led samsung 32 full hd saya,,, ada garis hitam horisontal banyak & memiliki jeda beberapa garis,, pertama dihidupkan warna masih normal belum bergaris2 putih/kabut,, setelah beberapa saat lgsung muncul garis kabut dan berpindah pindah,, kadang di lihat lebih detail ada bayangan segi enam di layar,, itu kerusakan apa y gan? apa bisa dihilangi garis kabut/putih itu,,

Selamat siang mau tanya tv led merk konka 24inch mati total tapi lampu standby hidup itu kenapa ya?

permisi master,ikut nyimak z. sangat bermamfaat sekali. trims...

Mohon bantuanya gan, tv saya Tv led sony 48 inc sering 5 menit tv on tiba-2 layar gelap tapi suara normal backlight hidup. jika di-off lalu di-on tv normal lagi kemudian 5 mt gelap lagi, jika berulang-ulang di-on-off tv normal lagi (tidak mati-mati lagi). Kejadian tersebut besoknya begitu lagi, ini apa masalahnya gan ??

Permisi numpang tanyakan mas,kl tv led Samsung,dimatikan pakek remote mati,nantik 6detik,hidup lagi,jd gak bisa stembay mas,gimana ya

Sudah coba cabut batrei remot, atau bisa saja panelnya bermasalah

Kl tv nya bagus gambarnya mas,cumak gak bisa di stembay kan,gimana ya aku Sampek ngumet,tolong solusinya mas.mksh

Sepertinya bagian tcon bermasalah, coba cek semua tegangan apakah beroperasi dengan baik, pernah ada pengalaman, elko sudah pada kering

mlm gan, sya mau tanya, tv sya merk konka, suara ama cahaya ada, tpi kalo gambar nya gak ada, kira kira rusak apa nya ya gan???
trima kasih info nya gan...

Cek tegangan T CON, biasanya kurang dari 12 volt bisa menyebabkan suara ada, laampu led nyala tapi gambar tidak muncul, atau coba kirim foto ke email saya melalui Contact Form blog ini, terima kasih

Gan mau tanya,tv lcd saya merk sanyo.
Kendalanya lagi nonton tv tiba2 tv nya cari chanel otomatis secara terus menerus tanpa henti, tapi anehnya di saluran tv no. 12 tv itu ga prnh mencari chanep secara otimatis lagi...
Terima kasih gan...

Itu kerusakan di Chip EPRROM mas, harus di flash ulang atau di ganti baru IC Chipset nya, sebaiknya dibawa saja ke teknisi ahli

knapa ya remot di tv mito tidak berfungsi ,, sudah pake yang universal tetap tidak bisa .

Kemungkinan besar yang rusak IR di tv nya mas, untuk tv jenis led emang sangat sering terjadi hal seperti itu

Selamat siang master, saya ada kendala tv led polytron 32 in, klu pertama di start tanya nyala, selang beberapa detik lampu led nya mati. Suara nya ada. Setelah saya buka panel ya lampu led yg tengah satu baris gak hidup. Yang dua baris ya nyala, tapi gak berapa lama Lampunya pada mati semua
Tolong pencerahanya master, terima kasih. Danard

Itu ada satu atau beberap kancing lampu yang soak pak, silahkan ukur satu persatu lampunya, lalu kalau sudah ketemu, bisa di jumper saja, dalam artian buang lampu yang soaknya saja, tapi kalau sudah terlalu banyak yang soak akan menyebabkan protect pada inverter nya. sebaiknya ganti baru lampunya

Assalamu alaiku BOS
lama gak ketemu nich ....
semoga sehat slalu ..
andai dekat pasti aku ajak datang anda!
karena jauh terpaksa cuma nanya ...
boleh kan???

TV LED punya aku sony bravia KLV 32EX330
beli 27 jan 2014
30 sep 2017 (berapa usianya yah)
sore hari bila sudah cukup dingin lalu dinyalakan sekitar 2-5 menit warna jadi ngaco ... dominan ungu, merah hilang total

bila hanya dimatikan lalu di on lagi normal hanya beberapa detik lalu ungu serterusnya .... mau di cut di seputar flexi (tutoronline) rasanya sayang banget apa solusi terbaiknya ....
makasih sebelumnya

Wa'alaikum salam, coba di periksa dulu tegangan TCON na pak, kalau perlu ukur semua elko dengan ESR. kalau memang tidak ada masalah dengan elko, bisa TCON atau memang harus di cut, tapi untuk sony kalau di cut jadi nampak besar garis2nya

terima kasih atas info dan petunjuknya
walau entah kapan akan punya sempat cek elco + Tcon, maklum saat ini hanya punya multi tester analog saja dan lagi koreksi hasil tes tengah semester

bagi saya cut itu bisa jadi solusi terakhir atau bahkan tidak agar dilakukan ....
sekali lagi terima kasih

Sya mau tnya gan,tv led polytron type pld32d551 backlight nya nyala & tidak protek,cma gmbr sma suara sma sekali tidak ada,hanya tampilan lcd lcd nya biru kehitaman,mohon pencerahan nya gan terima kasih.

Silahkan berkomentar dengan sopan dan tidak meninggalkan link aktip.

Terima Kasih.

EmoticonEmoticon