Minggu, September 04, 2016

Keterangan lengkap tentang taut situs atau sitelink

Menanggapi banyaknya teman-teman blogger yang belum paham tentang apa itu taut situs atau sitelink, maka saya terpanggil untuk menjelaskan secara rinci tentang taut situs atau sitelink tersebut, banyak yang salah mengartikan bahkan saya lihat banyak blog yang menyebutkan cara membuat taut situs atau sitelink.

Apa itu taut situs atau sitelink?


Taut situs atau sitelink adalah tautan yang dibuat oleh google secara otomatis ke situs-situs yang memang sudah layak mendapatkannya, rata-rata blog yang traffiknya sudah bagus akan mendapat perlakuan istimewa dari google webmaster dengan menambahkan tautan situs di halaman pencarian google.

Seperti contohnya kita mengetik kata kunci di mensin pencari dengan memasukan nama situs atau blog yang traffiknya sudah bagus seperti juragancipir.com maka akan muncul beberapa tautan atau link yang terdapat di blog juragancipir.com tadi..

Keterangan lengkap tentang taut situs atau sitelink

Atau misalnya anda mengetik kata kunci blog dengan traffik tinggi lainya seperti klikmania.net maka akan muncul juga tautan dari situs klikmania seperti pada gambar dibawah ini..

Keterangan lengkap tentang taut situs atau sitelink

Atau misalnya anda mengetik kata kunci dari blog miskin punya saya ini flyin dvb ini maka akan mucul juga tautan situs dari blog saya seperti pada gambar dibawah ini..

Keterangan lengkap tentang taut situs atau sitelink

Dari tiga contoh diatas, apakah pemilik dari ketiga blog tersebut membuat taut situs atau sitelink?



Tentunya tidak, karena tautan situs tersebut memang google yang membuatnya, dan akan mengacak semua tautan yang terdapat pada masing-masing blog tersebut secara otomatis dan berkala.

Lalu apa gunanya menu taut situs atau sitelink yang terdapat di dasboard google webmaster tool?


Nah ini yang perlu dicermati agar tidak terjadi salah sangka diantara kita, hehe.. di menu taut situs yang ada di google webmaster tool atau search console adalah penawaran dari google bagi pemilik situs atau blog untuk mendemosikan tautan yang ada di masing-masing blognya, dengan adanya fitur tersebut kita bisa menentukan tautan mana yang TIDAK BOLEH di munculkan pada tautan situs, walau pada keterangannya google tidak menjamin kalau tautan yang didemosiakan TIDAK AKAN MUNCUL, di halaman pencari google.

Seperti contohnya saya mendemosikan halaman privacy policy untu blog saya, maka halaman atau tautan atau url tersebut tidak boleh muncul di tautan situs atau sitelink yang dibuat otomatis oleh google.

Cukup jelas bukan? jadi kesimpulannya, taut situs atau sitelink itu TIDAK PERLU dibuat oleh pemilik situs, yang benar adalah MENDEMOSIKAN beberapa tautan agar TIDAK MUNCUL DI TAUT SITUS dan halaman pencari google.

Demikianlah keterangan singkat tentang taut situs atau sitelink, semoga bisa bermanfaat bagi anda yang belum memahaminya.

1 comments so far

Silahkan berkomentar dengan sopan dan tidak meninggalkan link aktip.

Terima Kasih.

EmoticonEmoticon