Senin, Agustus 01, 2016

4 Teknik dasar SEO untuk mendapatkan trafik organik

Anda ingin artikel yang anda tulis selalu mendapatkan banyak trafik (pengujung)? Pelajari dulu tentang apa yang dimaksud teknik dasar dari SEO atau teknik dasar mengoptimalkan konten terhadap mesin pencari. Teknik dasar SEO adalah sebuah cara untuk mengoptimalkan blog dan konten (postingan) yang ada di blog dengan tujuan untuk mendapatkan trafik organik, atau trafik yang datang langsung dari kata kunci yang ditulis oleh calon pengunjung, semakin banyak trafik organik masuk ke blog, maka akan semakin baik pula refutasi blog tersebut dimata mesin telusur.

Nah sekarang kita mulai dari pola dasarnya dulu yaitu teknik membuat postingan atau artikel yang menggunakan teknik dasar SEO, tapi perlu anda perhatikan, setelah blog selesai dibuat, sebelum melakukan langkah selanjutnya, sangat disarankan untuk mendaftarkan blog ke google webmaster, bing webmaster, yandex webmaster.

Berikut 4 teknik dasar dari SEO untuk mendapatkan trafik organik


1. Daftarkan dulu blog anda ke webmaster. Mendaftarkan blog ke webmaster adalah wajib, kenapa wajib? agar judul blog dan dekripsi blog kita dicatat oleh mesin telusur dan di jadikan pintu atau gerbang untuk merayapi semua konten yang ada diblog kita, dan kita diakui sebagai pemilik yang sah dari blog yang kita daftarkan tadi.

Untuk mendaftarkan blog ke tiga webmaster teratas yang biasa digunakan oleh calon pengunjung dalam menulis kata kunci tentang sesuatu yang mereka cari, silahkan kunjungi link berikut..
Silahkan ikuti semua langkah-langkahnya dengan benar, kalau anda kurang paham silahkan cari cara mendaftarkan blog ke webmaster di internet, banyak sekali blog yang membahas tentang itu.

2. Buatlah judul postingan yang menarik dan sesuaikan dengan topik blog anda. Seperti apa judul postingan yang menarik dan sesuai dengan topik blog itu? setiap blog tentu punya judul dan dekripsi yang jelas, nah dekripsi tersebutlah yang menunjukan jati diri dari blog kita itu, jadi buatlah judul postingan yang menunjukan jati diri dari blog anda tadi, secara otomatis search engine atau mesin telusur akan termagnetis oleh judul postingan di blog anda.

3. Buatlah konten yang relevan. Seperti apa konten yang relevan itu? konten yang sesuai dengan judul, kalau judul postingan anda cara membuat blog, isi kontennya pun harus harus seputar cara membuat blog, itu dinamakan teknik SEO yang benar, sering kita menemukan judul dan artikel yang kontennya tidak sesuai, seperti cara membuat blog ternyata ketika kita klik tautan tersebut malah disuguhkan artikel tentang cara membuat anak, itu dinamakan teknik SEO yang tidak benar, walaupun bisa menduduki page one mesin telusur tapi sangat rentan akan terkena finalti dari search engine, karena sangat jelas kalau konten seperti itu tidak sesuai dengan mutu webmaster.

4. Sisipkan kata kunci pada dekripsi postingan. Dimana sih letak dekripsi pada setiap postingan blog tersebut?  perhatikan gambar berikut

Teknik dasar seo untuk mendapatkan traffik organik

Coba anda perhatikan! tulisan atau kalimat yang dibuat setelah judul postingan itu disebut dekripsi, anda belum yakin?silahkan test struktur postingan atau artikel anda di alat uji coba data terstruktur milik google, disitu akan tampak jelas seperti pada contoh gambar berikut..

menguji data struktur konten

Sudah tampak jelas bukan? nah di dekripsi itulah kita harus menyisipkan kata kunci, kata kunci yang seperti apa? silahkan perhatikan sekali lagi judul dari postingan yang terdapat pada gambar di atas adalah persiapan mental membangun blog, dengan menyisipkan kalimat yang mengandung kata kunci, dengan menyisipkan kata kunci yang baik maka artikel yang kita tulis akan muncul di halaman utama mesin telusur dengan beberapa kata kunci.

Silahkan pelajari bagaimana menyisipkan kata kunci yang baik dalam setiap dekripsi postingan, agar artikel kita bisa mendatangkan traffik yang baik dan bisa ditelusuri dengan menggunakan beberapa kata kunci.

Anda belum yakin kalau kunci keberhasilan judul artikel bisa muncul di page one mesin telusur adalah dengan menyisipkan kata kunci pada dekripsi postingan? baiklah sekarang kita lakukan uji coba dengan artikel saya yang berjudul persiapan mental membangun blog tadi.

Perhatikan beberapa hasil pengujian pada gambar dibawah ini

Hasil pengujian tekhnik seo dengan menyisipkan kata kunci pertama
Hasil pengujian tekhnik seo dengan menyisipkan kata kunci kedua
Hasil pengujian tekhnik seo dengan menyisipkan kata kunci ketiga

Dari tiga contoh hasil uji diatas membuktikan kalau teknik seo dengan menyisipkan kata kunci pada dekripsi postingan, bisa memunculkan judul artikel kita di page one mesin telusur tanpa harus dicari dengan kata kunci yang sama dengan judul postingan.

Untuk belajar lebih jauh tentang cara membuat artikel yang seo friendly silahkan baca halaman berikut : Cara membuat artikel seo frindly.

Nah sekarang anda telah membaca artikel yang berjudul Teknik dasar SEO untuk mendapatkan trafik organik yang saya tulis diatas tadi dengan jelas, tentu anda sudah mulai paham dan bisa menguasai tentang teknik dasarnya SEO, dan saya berharap anda bisa menjadi yang lebih baik dari terbaik dalam penguasaan ilmu tentang SEO.

14 comments

Artikel yang menarik Mas, jadi tambah ilmu. Ohya apakah menyisipkan judul ke konten deskripsi blog apakah harus ada di paragraf pertama itu Mas?... Misal, tidak ditaruh pada paragraf pertama apakah juga nanti berpengaruh ke SEOnya, terutama peringkat Google?

Ijin Backlink mas yaaaa,,,
Artikel bagus, biar ga lupa heheheheee

nunpang jawab mas Saifullah,,ideal nya ada di paragraf pertama sebagai langkah pertama Google dalam perayapannya. beberapa tutorial malah menyarankan kesimpulan keseluruhan artikel ada di paragraf awal.
Mohon maaf jika salah yaaaa,,, mohon Mas Flyin koreksi.

Mas Saufulloh Indra terima kasih atas komentarnya, saya bukan ahli dalam seo, hanya mencoba menebak saja, walau teabkannya hampir 50% selalu tepat, ada yg menerapkan teknik tembak kata kunci di awal paragraf setelah dekripsi, ada juga yang menerapkan teknik tembak kata kunci di akhir artikel, tapi yang lebih dominan menyisipkan kata kunci di awal paragraf setelah dekripsi, namun harus memiliki skill menulis yang baik.

sebagai contoh judul : cara melangsingkan badan dengan aman.

Memiliki badan yang ideal tentu harapan semua wanita aktip maupun seorang ibu rumah tangga, seperti apa tubuh ideal itu? salah satunya memiliki tubuh yang langsing, nah disini saya akan membahas cara melangsingkan tubuh dengan aman.

Berikut adalah cara melangsingkan tubuh dengan aman tanpa efek samping, tanpa obat-obatan.

Dari contoh di atas, yang paling dominan akan menjaring pengujung adalah kalimat cara melangsingkan tubuh dengan aman tanpa efek samping, tanpa obat-obatan

Mungkin itu yang bisa saya jelaskan, maaf kalau salah.

hehe bisa betul bisa salah, intinya belajar dan belajar terus, semangat ya...

Mantap artikelnya, akan saya pelajari nih mas, semoga bisa nambah trafik blog saya... makasih infonya

Hehehehe gara2 Mas Flyin, saya jadi seneng belajar beginian hehhhehee
Trimakasih Mas Boss yaaaaaa

makasih sudah berkunjung mbak, moga makin semangat nulis artikelnya

siip, semangat selalu bos :)

Artikel kayak gini nih yang perlu kita semua tahu,,
memberikan hal-hal yang jarang ada di tempat lain dengan baik dan enak dibaca.
Thanks Bang Flyin yaaaaaa

terima kasih selalu berkunjung pak bos, semoga blognya makin sukses aja

Perlu dipelajari dengan seksama ya mas, agar bisa paham.Tapi saya juga belum ngerti SEO hanya manfaatnya aja tau.

wah baru tahu yang no empat, hehe masih pemula nih mas, terimakasih atas bimbingannya. Berarti artikel-artikel saya selama ini harus di tambahkan deskripsi nya ya?

Silahkan berkomentar dengan sopan dan tidak meninggalkan link aktip.

Terima Kasih.

EmoticonEmoticon