Kamis, Juli 14, 2016

Tips agar baterai android awet dan tidak mudah rusak

Tags

Tips agar baterai android awet dan tidak mudah rusak - Android adalah perangkat keras yang didalamnya terdapat puluhan bahkan sampai ratusan perangkat lunak mobile, perangkat lunak atau aplikasi yang terdapat pada android kalau kita tidak tau pengoprasiannya, itu bisa berjalan sendiri dan sangat menguras kinerja baterai, sehingga kebanyakan android sangat boros kunsumsi daya, sebagus-bagusnya sebuah android, paling hanya mampu bertahan 4-6 jam saja baterainya, walaupun sudah dicarger sampai full, apalagi kalau kita melakukan kesalahan pengecasan sejak awal membeli android, untuk itu kita harus tahu betul, bagaimana cara pengecasan baterai android yang benar sejak android pertama kali dibeli. Memang terkadang karena kita kurang sabar, ingin segera menggunakan perangkat android, maka ketika android pertama kali dihidupkan sudah langsung dipakai bahkan bisa sampai baterainya ngedrop.

Sangat tidak dianjurkan untuk perangkat android baru, langsung digunakan sampai baterainya habis, karena molekul-molekul yang terdapat pada baterai baru, harus melalui beberapa proses pengisian yang benar, agar kinerja molekul-molekul batrei android tersebut bisa bekerja secara maksimal.

Tips agar baterai android awet dan tidak mudah rusak

Berikut adalah cara mengecas baterai android baru agar awet dan tips agar baterai android tidak mudah rusak:

  1. Carger dulu baterai android yang baru pertama kali dibeli sampai benar-benar penuh, dalam keadaan android tidak dinyalakan, setelah penuh biarkan suhu baterai sampai dingin dulu, karena suhu baterai akan naik ketika selesai dicarger, setelah baterai benar-benar dingin, silahkan hidupkan android lalu gunakan android sobat sampai batreinya habis total atau sampai drop, setelah baterai habis total, biarkan sejenak sampai suhu baterai benar-benar dingin kembali, lalu isi kembali baterai android sobat dalam keadaan mati sampai benar-benar penuh kembali, kalau sudah penuh, biarkan sampai suhu baterai menjadi dingin kembali, setelah dingin silahkan hidupkan dan gunakan kembali android sobat sampai baterainya habis total lagi, lakukan cara diatas sampai 4 (empat) kali, tujuannya agar molekul-molekul yang terdapat pada baterai android benar-benar terisi dan bekerja secara sempurna.
  2. Jangan mengisi baterai dalam keadaan android digunakan, setelah melalui 4 (empat) kali pengisian dalam keadaan android mati, maka pengisian selanjutnya bisa dilakukan secara normal, yaitu mengisi sambil menyalakan android, tapi jangan sambil dipakai untuk misalnya internetan, teleponan dan main game, kecuali untuk sebatas baca tulis sms yang tidak begitu memakan kinerja baterai.
  3. Jangan memaksakan koneksi internet apabila sinyal atau jaringan internet sedang tidak bagus, karena apabila hal ini dilakukan, maka kinerja baterai akan dipaksa bekerja dua kali lipat, dan suhu baterai akan sangat panas, hal inilah yang biasanya akan memicu kerusakan pada molekul baterai android.
  4. Matikan aplikasi-aplikasi yang tidak perlu atau yang sedang tidak digunakan, karena biasanya ada beberapa aplikasi android yang berjalan sendiri tanpa kita sadari, seperti aplikasi auto update, bbm, whatsapp, mesanger, dll, ada baiknya aplikasi-aplikasi yang disebutkan tadi, dimatikan apabila kita sebagai penggunanya sedang tidak menggunakannya, seperti disaat jam tidur dan jam-jam tertentu dimana kita tidak memungkinkan untuk membuka aplikasi tersebut.
  5. Hindari penggunaan android pada suhu yang terlalu panas, dan suhu yang terlalu dingin, biasakan menggunakan android pada suhu udara normal, agar baterai dan android sobat tetap terjaga keawetannya.

Itulah beberapa tips dan cara menjaga menjaga keawetan baterai android, sejak android pertama kali dibeli, kalau semua langkah diatas bisa anda lakukan dengan sempurna, maka dijamin, baterai android sobat akan mampu bertahan dalam waktu yang lama.

Silahkan berkomentar dengan sopan dan tidak meninggalkan link aktip.

Terima Kasih.

EmoticonEmoticon