Cara menulis artikel agar ramah dengan mesin telusur

Banyak blogger yang bertanya-tanya bagaimana sih cara menulis artikel agar ramah dengan mesin telusur? Menulis adalah kewajiban seorang blogger, tuangkan segala macam ide dan kreativitas anda kedalam sebuah tulisan, apalagi anda seorang blogger yang bercita-cita besar ingin menjadi seorang blogger yang sukses dan memiliki sejuta artikel, tapi perlu diperhatikan terkadang kita sering lupa menerapkan tekhnik SEO (Search Engine Optimization) didalam menulis artikel, tapi tetap dalam pedoman tekhnik SEO yang sewajarnya, atau tidak berlebihan.

Tekhnik menulis sebuah artikel yang baik, adalah dengan memahami cara kerja robot.txt dalam merayapi setiap artikel, robot.txt dirancang untuk merekam semua jenis konten, untuk dimasukan ke data indeks, nah ketika robot.txt merayapi artikel yang anda tulis, berilah lalu-lintas yang mulus, agar semua kata dan paragraf yang terdapat dalam artikel kita bisa rekam secara penuh.

Bagaimana cara menulis agar ramah mesin telusur?


Buatlah kalimat dan paragraf yang baik, dan gunakan bahasa yang umum atau lazim dibaca oleh manusia, jangan terlalu banyak memodifikasi huruf kalau hanya sekedar untuk mempercantik sebuah tulisan, bukan berarti tidak boleh, tapi terkadang variasi-variasi yang tidak jelas, justru akan menutupi kalimat postingan yang sesungguhnya, dan dengan tidak sengaja kita telah melakukan hal yang tidak disukai oleh robot.txt.

Variasi-variasi seperti apa yang tidak perlu itu?


Coba anda perhatikan dibagian HTML dalam sebuah postingan, sebagai contoh saya akan memperlihatkan bagian HTML dari postingan yang sedang saya buat ini, yaitu cara menulis artikel agar ramah mesin telusur.

Ini adalah bagian HTML dari postingan yang sedang saya buat ini

Cara menulis artikel agar ramah dengan mesin telusur

Bagian yang saya beri garis hitam sebaiknya dihilangkan, karena semua itu akan terbaca oleh robot.txt, dan bisa saja mengurangi tingkat SEO dari artikel kita, karena memang seperti itulah cara kerja robot.txt dalam merayapi setiap artikel.

Bagaimana cara memperbaiki artikel agar terbaca jelas oleh robot.txt?


Langkah pertama klik pilihan pada setelan entri, lalu seting seperti ini:

Komentar pembaca - Ijinkan
Mode tulis - Tunjukan HTML apa adanya
Baris baru - Tekan "Enter" untuk baris baru

Seperti pada gambar dibawah

setelan entri pada postingan blog

Setelah itu silahkan masuk ke HTML, lalu hapus bagian-bagian yang gak penting tadi, usahakan agar Compose dan HTML harus sama kecuali di bagian Heading H2, H3 dan seterusnya, kalau anda menggunakan tag heading, harus tetap ada atau jangan dihapus.

Berikut gambar postingan bagian HTML setelah diedit

cara memperbaiki artikel di bagian HTML

Terlihat lebih rapih walaupun kita menerapkan setelan HTML apa adanya, perlu di ingat, google lebih suka kesederhanaan, begitu juga cara kerja robot.txt akan lebih bebas dalam merayapi semua tulisan yang ada dalam artikel blog kita.

Mungkin itu saja cara menulis artikel agar ramah dengan mesin telusur, walau singkat semoga bermanfaat.

Related Post:

1 komentar so far

Terimakasih Mas pembelajaran nya ,, saya manfaatkan dan ternyata tulisan saya selama ini banyak yang kurang tepat yaa hehehehhehe
Maklum mas selama ini ngeblog hanya untuk kepentingan jualan saja.
Terimakasih banyak contact dan bantuannya selama ini ya.

Silahkan berkomentar dengan sopan dan tidak meninggalkan link aktip.

Terima Kasih.

EmoticonEmoticon