Cara menambahkan penulis (pengarang) dan admin di blog

Mengurus sebuah blog kecil mungkin cukup seorang diri, tapi untuk mengurus blog yang besar tentu dibutuhkan pembantu seperti penulis bahkan juga admin cadangan untuk menjaga hal-hal yang tidak di inginkan, seperti lupa password dan lain sebagainya, dan kalau yang mau diangkat sebagai admin itu orang lain disarankan agar berhati-hati dalam memilih penulis apalagi seorang admin untuk blog kita, pastikan orang yang kita angkat sebagai penulis atau admin benar-benar sudah teruji kemampuannya dalam mengelola blog, karena kalau tidak bisa-bisa blog kita akan berantakan nantinya. Anda belum tau caranya? disini saya akan menjelaskan cara menambahkan penulis atau pengarang ke blog juga menjadikan pengarang menjadi admin di blog.

Cara menambahkan penulis


Pertama pastikan orang yang akan kita angkat sebagai penulis memiliki sebuah email gmail, kalau belum suruh dulu membuat email, membuat email di gmail itu sangat mudah, (Baca: Cara membuat email).

Kedua silahkan anda sebagai pemilik blog masuk ke dasboard blog, lalu pilih Setelan Dasar, lalu gulir kebawah dibagian Izin pengarang blog silahkan klik Tambah Pengarang

Cara menambahkan penulis dan admin di blog

Langkah selanjutnya silahkan tulis email yang akan kita undang sebagai pengarang atau penulis di blog, dan langkah terakhir klik Undang Pengarang

Suruh orang yang kita undang sebagai pengarang untuk membuka emailnya, akan masuk email baru berupa pemberitahuan kalau anda di undang untuk berkontribusi di blog pengundang, silahkan suruh mengikuti semua arahan, dan secara otomatis kalau semua langkah sudah selesai, orang yang kita undang sebagai pengarang akan bisa mulai menulis postingan di blog kita.

Nah setelah orang atau email yang kita undang sudah aktip menjadi pengarang (penulis), email tersebut hanya bisa membuat dan mengedit postingannya saja sendiri, dengan kata lain tidak memiliki hak penuh dalam mengelola blog, kalau kita menginginkan email tersebut bisa mengelola blog dengan penuh maka harus dijadikan sebagai admin.

Cara menjadikan pengarang menjadi admin


Masih di menu setelan dasar, klik tulisan atau tombol pengarang dan disitu akan ada 2 pilihan yaitu pengarang dan admin, silahkan klik admin, maka secara otomais email tersebut sudah resmi menjadi admin yang memiliki hak penuh terhadap blog, bisa mengedit template, bisa mengedit postingan penulis lain, dan bisa melakukan pengaturan-pengaturan lain yang ada di blog. Bahkan kalau kita berniat mendaftarkan blog ke google adsense, bisa menggunakan email baru tersebut yang sudah diangkat menjadi admin.

Mungkin itu saja pembahasan tentang cara menambahkan penulis dan menjadikan penulis menjadi admin diblog. Semoga bermanfaat.

Related Post:

2 komentar

Sedang dipelajari mas, terimakasih info menarik nya selama beberapa hari ini.

Sedang dipelajari mas, terimakasih info menarik nya selama beberapa hari ini.

Silahkan berkomentar dengan sopan dan tidak meninggalkan link aktip.

Terima Kasih.

EmoticonEmoticon