Cara membuat blog di blogspot lengkap untuk pemula

Anda seorang pemula yang sedang mencari tutorial tentang cara membuat blog? kalau memang iya, berarti pilihan anda masuk ke halaman ini benar-benar tepat, karena dalam artikel ini saya akan membahas secara lengkap tentang cara membuat blog di flatform blogspot .com khsusus untuk blogger pemula.

Syarat utama agar bisa membuat blog di blogspot .com, anda harus memiliki dulu sebuah email gmail, tidak boleh email yang lain, karena blogspot ini salah satu produk google yang hanya bisa diakses oleh email produk google juga.

Artikel Terkait: Cara membuaat email gmail lengkap dengan gambar tutorial.

Setelah selesai membuat email gmail, silahkan login ke blogger.com dan berikut ini panduan lengkap cara membuat blog yang baik dan benar dan yang paling utama adalah harus patuh pada peraturan google.

Cara membuat blog di blogspot lengkap untuk pemula

Cara membuat blog di blogspot


Dibawah ini adalah 15 langkah cara membuat blog yang baik dan benar, yang wajib anda ketahui.

1. Membuat judul dan URL blog yang sesuai dengan topik yang akan anda tulis di blog

Judul dan URL atau alamat blog sangat penting dan berpengaruh kuat bagi perkembangan sebuah blog, dengan judul yang tepat dan isi yang tepat tentunya blog anda akan lebih memagnetis setiap pengunjung yang sedang mencari artikel yang terkait dengan apa yang kita tulis.

Jangan sampai anda menggunakan judul misalnya tutorial blog tetapi yang anda tulis di artikel ternyata seputar cara hidup sehat, ini jelas-jelas akan menjadikan blog kita tidak bermutu dan bisa-bisa diabaikan oleh mesin telusur karena dianggap blog penipuan.

Alamat atau URL memiliki peran yang sangat penting, gunakan alamat yang bersentuhan dengan topik blog, ini sangat penting bagi anda yang berniat membuat blog nices atau yang hanya memiliki satu topik pembahasan saja, kalau anda berniat membuat blog dengan topik tutorial blog, gunakan alamat misalnya:
  • tutorialblog.blogspot.com
  • blog-tutorial.blogspot.com

Artikel Terkait: Cara membuat judul dan URL untuk blog.

2. Memilih template yang tepat dan sesuai dengan tema atau topik

Template sangat berperan penting untuk kesuksesan sebuah blog di jaman sekarang, karena semakin banyaknya pengguna ponsel cerdas, maka diharuskan setiap blog menggunakan template yang responsive, agar para pengunjung merasa nyaman ketika berkunjung ke blog kita.

Artikel Terkait: Cara membuat template bawaan blogger menjadi responsive.

3. Membuat deskripsi untuk blog

Deskripsi merupakan pernyataan dari blog kita tentang topik yang dibahas, maka hati-hati dalam membuat deskripsi, karena kalau anda salah dalam membuat deskripsi, sekalipun topik yang anda tulis sudah sesuai dengan apa yang calon pengunjung cari, tapi ketika mesin telusur menampilkan dekripsi yang menurut calon pengunjung tidak sesuai, pengunjung tidak akan berlanjut mengklik judul artikel kita karena blog kita dianggap tidak relevan.

Artikel Terkait: Cara membuat deskripsi untuk blog.

4. Mengatur bahasa dan pemformatan di blog

Mengatur bahasa dan pemformatan sangatlah penting dilakukan, agar pengunjung bisa lebih mudah memahami apa saja yang ada di blog kita, agar penargetan visitor lebih terarah, terlebih kalau anda berniat memonetisasi blog anda, kalau anda salah menentukan bahasa dan pemformatan maka tombol untuk pendaftaran ke adsense tidak akan muncul.

Artikel Terkait: Cara mengatur bahasa dan pemformatan pada blog.

5. Mengatur tag meta pada preferensi penelusuran

Tag meta atau meta tag sangat berperan penting bagi faktor SEO, hati-hati dalam menggunakan fitur tag meta ini, gunakan tag meta yang mengandung kata kunci agar blog kita ramah dengan mesin telusur.

Artikel Terkait: Cara membuat tag meta pada preferensi penelusuran.

6. Mengatur setelan umpan situs

Mengatur umpan situs tujuannya agar bisa mengontrol artikel dari yang berlangganan artikel dari blog kita, tapi berhubung sering disalah gunakan oleh para copaser, maka mengatur umpan situs perlu ketelitian dan cara khusus.

Artikel Terkait:Cara mengatur umpan situs/feed.

7. Mengatur bagian gadget pada blog

Gadget merupakan sub menu pada blog, dengan mengatur gadget dengan baik maka pengunjung akan merasa lebih mudah dalam menentukan artikel mana yang akan mereka baca, gadget bisa ditambah apa saja yang dianggap penting oleh kita sbagai pemilik blog, misalnya:
  • Menambahkan gadget artikel terbaru.
  • Menambahkan gadget entri yang diunggulkan
  • Dan lain-lain

Artikel Terkait: Cara menambahkan gadget baru pada blog.

8. Menambahkan penulis atau admin blog

Blog bisa memilik lebih dari satu penulis dan admin atau pemilik blog, dengan catatan penulis atau pemilik harus benar-benar yang bisa dipercaya untuk membantu mengelola blog, kalau anda salah memilih penulis bisa-bisa konsep dari blog kita malah akan acak-acakan.

Artikel Terkait: Cara menambahkan penulis dan admin di blog.

9. Mulai menulis postingan di blog

Postingan atau artikel di blog adalah modal utama sebuah blog, sebagus apapun judul dan template blog, mulailah menulis dengan baik dan sesuai dengan topik blog kita, gunakan pragraf yang benar, buat label dan dekripsi penelusuran yang baik dan benar, agar artikel yang kita tulis mudah terindeks dan ramah mesin perayap.

Artikel Terkait:Cara menulis postingan di blog lengkap dengan label dan dekripsi penelusuran.

10. Menerapkan tekhnik SEO pada blog

Blog tanpa optimasi SEO yang baik untuk jaman sekarang rasanya sangat sulit kalai ingin bertengger di halaman utama mesin telusur, karena semakin ketatnya persaingan dan semakin cangginhnya mesin telusur, membuat artikel-artikel yang kurang relevan apalagi tidak didukung oleh tekhnik SEO yang baik akan muncul di halaman utama mesin telusur.

Artikel Terkait: Cara menerapkan tekhnik SEO pada blog.

11. Mengatur pos komentar dan berbagi pada blog

Berapa banyak artikel yang akan kita munculkan pada halaman utama blog kita, siapa saja yang bisa yang bisa mengomtari setiap postingan kita, kemana saja artikel kita bisa di share atau dibagikan oleh pengunjung blog kita, itu semua bisa diatur melalui fitur untuk mengatur pos, komentar dan berbagi yang ada pada blog.

12. Mengatur tag heading H1,H2,H3 dan seterusnya pada blog

Hal ini sangat berkaitan dengan tekhnik SEO, menerapkan tag heading H1, H2, H3 dan seterusnya dengan benar, maka blog kita akan semakin SEO friendly dimata mesin telusur.

Artikel Terkait: Cara menerapkan heading tag H1 H2 H3 H4 H5 H6.

13. Mendaftarkan blog kita ke webmaster tools

Seperti yang diterangkan oleh webmaster: Anda ingin website anda ditemukan di mesin telusur, maka webmaster tool dan search console lah solusinya, selain keuntungan utama yaitu blog kita kan ditemukan di mesin telusur, dengan mendaftarkan blog kita ke webmaster tool maka kita akan dianggap serius dalam ngeblog.

Karena setelah mendaftarkan blog kita ke webmaster tool kita akan mendapatkan sebuah kode verifikasi yang menyatakan kalau kita adalah benar-benar sebagai pemilik dan pengurus dari blog tersebut.

Artikel Terkait: Panduan lengkap menggunakan google webmaster tools.

14. Mengaitkan blog kita dengan google analytics

Google analytics adalah layanan online milik google yang bisa kita gunakan untuk mengontrol semua lalu-lintas blog, dengan mengaitkan blog kita dengan google analytics maka kita bisa mengatur semua sumber lalu-lintas, ini penting dilakukan agar blog kita selalu terkontrol, karena bisa saja blog kita dirayapi oleh spam yang akan menjadikan citra blog kita menjadi jelek dimata webmaster.

Artikel Terkait: Cara mendapatkan kode google analytics dan memasangnya di blog.

Mungkin itu saja yang bisa saya sampaikan mengenai cara membuat blog di blogspot yang baik dan benar juga sesuai dengan kebijakan google webmaster, yang mudah-mudahan bisa dengan mudah dimengerti dan dipahami oleh blogger pemula.

Related Post:

1 komentar so far

Sudah lengkap sekali mas, bagi blogger yang masih meraba raba di dunia blog, maka cukup puas dengan informasi mas sajikan. sangat berkesinambungan sekali.

Silahkan berkomentar dengan sopan dan tidak meninggalkan link aktip.

Terima Kasih.

EmoticonEmoticon