Tips Memilih Android Yang Tepat

Tags

Pada kesempatan kali ini saya akan berbagi tips dalam memilih android agar anda tidak menyesal setelah membelinya, karena kalau salah atau tidak sesuai dengan kebutuhan kita tentunya banyak hal yang mubazir, mudah-mudahan dengan tips yang akan saya suguhkan bisa memberikan manfaat bagi anda yang sedang memilih-milih akan membeli android.

Bicara Tentang Android tentu sudah bukan hal yang asing lagi, hampir semua orang punya android, perangkat cerdas yang satu ini sudah memikat hampir semua kalangan, baik remaja, dewasa, bahkan sampai orang tua, fitur-fiturnya yang canggih dan mudah di mengerti oleh berbagai generasi membuat produk yang satu ini melambung tinggi di pasaran, berbagai kelebihan di tawarkan dengan harga yang variable, ada yang murah ada juga yang sangat mahal sesuai dengan spesifikasinya masing-masing.

Bayangkan saja, hanya dengan satu perangkat yang sangat relatif kecil kita bisa melakukan berbagai aktivitas penting, layaknya memiliki sebuah laptop, pada dasarnya semua jenis android memiliki kinerja yang hampir sama, tetapi tingkat kuantitas nya yang harus di perhitungkan, makanya disini saya akan membahas cara yang tepat sebelum membeli android, jadi walaupun harganya murah tapi kalau kita cermat dalam memilih tidak akan terkesan murahan, akan sesuai dengan yang kita inginkan.

Tips Memilih Android Yang Tepat

Berikut beberapa tips yang harus di perhatikan sebelum membeli Android



1. Ukuran Layar


Kemampuan sebuah android dalam menampilkan sebuah situs dengan tampilan desktop juga dengan dukungan dari web browser yang di gunakan seperti Chrome, mozilla firefox, ucweb, opera browser dan lain-lain ini memerlukan pertimbangan kita sebelum membeli android, tentunya ukuran layar harus nyaman untuk di gunakan dalam berselancar di dunia maya.


2. Resolusi Layar


Untuk resolusi layar juga harus jadi bahan pertimbangan, jangan terkecoh dengan ukuran layar besar tapi resolusinya rendah, menurut pengalaman resolusi layar minimal untuk sebuah perangkat android yang cocok adalah 480 x 320 pixel, itu ukuran minimal ya, lebih besar tentunya lebih bagus.


3. Tingkat sensitifitas layar


Untuk sensitifitas layar juga harus jadi bahan pertimbangan, jangan sampai kita merasa di jengkelkan ketika menggunakan android yang ketikan kita loncat-loncat kemana saja atau lambat menerima perintah alias sensitifitasnya jelek, pilih android yang sensitifitas layarnya bagus.


4. Touch Screen


Saya sarankan agar memilih android yang meiliki fitur multitouch atau android yang bisa merespon sentuhan lebih dari satu jari, ini akan memudahkan kita ketika mengoprasikan android dalam ketik mengetik, apalagi untuk anak muda sekarang, rasanya kurang gaul kalau ngetik hanya dengan satu jari.


5. OS atau Operations System


Minimal OS yang paling banyak di gunakan saat ini adalah OS 4.0 ICS atau Ice Cream Sandwich, saya sarankan kalau dana anda cukup, pilihlah android dengan OS 4.1 jellybean keatas, akan terasa lebih nyaman.


6. Processor


Kecepatan processor harus berbanding lurus dengan kecepatan kinerja sebuah android, jadi saya sarankan pilihlah android yang memiliki kecepatan processor minimal 1ghz, memilih android yang kecepatan processornya di bawah 1ghz akan tau sendiri akibatnya, sangat lambat dan terbatas.


7. Jenis Processor


Ini juga tidak kalah penting, sebaiknya sebelum memutuskan membeli android anda harus kenali dulu Jenis processor apa yang di gunakan di dalam nya, walau dalam hal kecepatan hampir sama tapi memiliki kuantitas yang berbeda, contoh nya mediatek yang memiliki kualitas dan kinerja yang bagus tapi boros konsumsi daya alias boros batrei, ada juga android yang menggunakan Qualcomm yang memiliki keunggulan dalam grafik dan performa, ada lagi yang lebih bagus seperti nvitia tegra dan exynos yang memiliki kelebihan dalam konsumsi daya yang sangat irit, tinggal; anda tentukan mau pilih yang mana.


8. RAM atau Memori


Ini bisa di bilang yang paling penting, semakin besar ukuran ram maka akan semakin bagus kinerja dari android, apalagi bagi anda yang suka bermain gamme, memilih ram di bawah 1gb adalah hal yang salah, bantuan utility tidak akan mampu mendongkrak performa dari sebuah android, jadi pilihlah android yang meiliki ram minimal 1gb.


9. Memori Internal


Untuk kapasitas memori internal juga harus jadi perhatian karena semakin banyak aplikasi yang terinstal di dalam nya akan membutuhkan memori internal yang sangat besar, apalagi di tambah dengan update aplikasi yang terkadang tidak terkontrol alias update otomatis, bayangkan saja kalau kapasitas memori penuh, update gagal, ini bisa menyebabkan android bermasalah, jadi harus seksama dalam menentukan ukuran memori internal.


10. Kamera


Ini juga tidak kalah penting, kamera adalah kebutuhan yang tidak bisa di pisahkan dari sebuah android, apalagi anak muda jaman sekarang, kalau ga foto-foto diri sendiri atau yang sering di sebut selpi rasanya kurang gaul, maka dari itu pilihlah android yang memiliki fitur kamera yang lumayan bagus.


11. Konektivitas


Atau kecepatan mengakses jaringan, ini juga harus di perhatikan, anda harus mengikuti perkembangan jaman, sekarang sudah bukan era 2G lagi tapi sudah era 4G, kecepatan internet super tinggi, apa jadinya kalau android kita hanya di lengkapi dengan fitur 2G dan 3G tentu akan sangat tersiksa ketika mengakses internet, walau semua operator selular tetap mengoprasikan system layanan 2G dan 3G tapi tentunya bukan lagi prioritas, jadi saya sarankan membeli android yang sudah di lengkapi fitur layanan 4G.


12. Merk


Kalau kata orang harga sesuai merk, semakin terkenal merk tersebut maka harga nya juga akan sedikit lebih tinggi, tapi demi kepuasan apa salahnya beda harga dikit tapi menjamin segala nya, jadi pilihlah android yang bermerk, di jamin tidak akan salah.


13. Harga


Sekarang ini rata-rata android dengan kecepatan tinggi dan fitur-fitur yang lengkap di bandrol dengan harga yang tidak terlalu mahal alias murah, tapi ingat pilih yang murah tapi tidak murahan, perhatikan fitur dan spesifikasi nya sebelum memutuskan membeli yang murahan.

Mungkin sekian dulu langkah tepat sebelum memutuskan membeli android, setiap android sudah lengkap dengan spesifikasi nya, tinggal anda baca dan teliti dengan cermat, dengan pedoman yang saya sebutkan di atas di jamin anda tidak akan kecewa.

Silahkan berkomentar dengan sopan dan tidak meninggalkan link aktip.

Terima Kasih.

EmoticonEmoticon